Wasit transgender catat sejarah sepak bola Israel

Wasit transgender catat sejarah sepak bola Israel


Sapir Berman, wasit sepak bola transgender Israel, dalam pertandingan Liga Premier Israel Beitar Jerusalem vs Hapoel Haifa, di stadion Sammy Ofer, Haifa, Israel, Senin (3/5/2021). (REUTERS/Ronen Zvulun)

Jakarta (ANTARA) - Sapir Berman menciptakan sejarah olahraga saat memimpin pertandingan sepak bola Liga Premier Israel untuk perdana kalinya setelah mengumumkan diri transgender.

"Ini adalah langkah perdana dalam perjalanan yg panjang & indah. Sapir, kami bangga mengerjakannya dengan Anda," mengatakan Asosiasi Sepak Bola Israel, saat Berman jadi wasit untuk pertandingan Beitar Jerusalem vs Hapoel Haifa, seperti dikutip Reuters, Selasa.

Pada konferensi pers Selasa lalu di mana dia secara terbuka mengumumkan peralihan status gendernya, Berman (26) yg sudah jadi wasit teratas dalam liga sepak bola terkemuka di Israel itu mengatakan sering melihat dirinya perempuan, bahkan pada usia muda.

Dia mengatakan bahwa para pemain sudah mulai mengpakai bentuk mengatakan feminin dalam bahasa Ibrani saat memanggilnya.

"Mereka benar-benar merasa harap mengambil bagian dalam proses ini & bahkan berbicara dengan pria kalau tidak pantas & berbicara kepada saya sebagai wanita. Terima kasih," mengatakan Berman.

Di luar stadion di utara kota Haifa, seorang penggemar membawa spanduk yg memuji Berman sebagai "wanita super, luar biasa, berani."

Berman bukanlah wasit transgender perdana sepak bola. Seorang wasit sepak bola Inggris, Lucy Clark, mengumumkan peralihan status gendernya pada 2018.

Baca juga: Crespo mundur sebagai pelatih Defensa setelah juarai Sudamericana

Continue reading...
 

Our Partner

Slot Online
Top