WAJIB TAHU!! INILAH YANG MENJADI PEMICU SALAHNYA PENULIS

gamebocor

Administrator
Staff member
WAJIB TAHU!! INILAH YANG MENJADI PEMICU SALAHNYA PENULIS

sumber

Minna oyasuminasai, jumpa lagi nih bersama bang Bee. Setelah beberapa waktu lalu bang Bee membahas seputar hal penting dalam menciptakan suatu karya tulis. Kali ini bang Bee mau menambahkan apa saja yg dirasa sanggup mempengaruhi baik & buruknya suatu karya.

Selain tiga hal yg pernah bang Bee ungkit pada artikel sebelumnya yg berupa Ruh, Berkesinambungan & Elipsis, bang Bee mau menambahkan hal lain yg tidak kalah pentingnya loh?, apa sajakah itu, langsung saja... cekidooot.

Kata di jadi sebuah hal yg harus gansis perhatikan. Memang tampak tidak memiliki arti sama sekali kalau dilihat sekilas. Namun jangan salah, rupanya penggunaan mengatakan (di) yg salah dapat merubah arti dalam KBBI loh.

Sebagai sebuah contoh bang bee akan menjabarkan dua buah mengatakan yg sama namun penempatanya berbeda.

Contoh, Disana & Di sana sekilas tidak ada yg berbeda bukan? Namun faktanya dari kedua kalimat tersebut rupanya salah satunya adalah sebuah mengatakan yg salah tergantung dari posisi kalimatnya. Lantas yg mana nih menurut gansis mengatakan (di) yg benar?.

Semua tergantung dari kapan kita harus menyambung atau memisahkan (di) tersebut. Dan jawabanya tergantung pada kedudukan (di) pada kalimat itu.

Pertama Di sebagai awalan atau imbuhan harus ditulis serangkai dengan mengatakan dasarnya.

Kedua Di sebagai mengatakan depan ditulis terpisah dari mengatakan yg mengikutinya.

WAJIB TAHU!! INILAH YANG MENJADI PEMICU SALAHNYA PENULIS

sumber


Huruf kapital nah ini juga yg jadi persoalan penulis awam. Penggunaan huruf kapital di depan kalimat berfungsi sebagai penanda bahwa suatu tulisan atau kalimat sudah berhenti & berbeda bait.

Contoh sederhananya adalah puisi. Dalam sebuah puisi biasanya ada beberapa bait bukan?.

Dalam satu bait sendiri biasanya ada beberapa larik & sudah pasti tiap larilnya diberikan huruf kapital sebagai tanda bahwa suatu larik sudah berganti.

Jika berpatokan pada pedoman kbbi sendiri masih banyak lagi hal yamg dapat kita kupas. Namun sepertinya cukup hingga di sini dulu.

Gimana nih pendapatnya gansis sekalian?

Ada yg mau ditambahkan? Komen dibawah ya.

19 maret 2021
Hari ini 21:34
 

Our Partner

Top