Viral! Inilah Cerita Lengkap Dibalik Viral-nya Dewa Kipas. Dadang Siap Lawan Irene

gamebocor

Administrator
Staff member
Viral! Inilah Cerita Lengkap Dibalik Viral-nya Dewa Kipas. Pak Dadang Siap Lawan Irene Sukandar​


Viral! Inilah Cerita Lengkap Dibalik Viral-nya Dewa Kipas. Dadang Siap Lawan Irene


Dari berita viral yg sudah kita dengar dari beberapa waktu lalu yakni kalahnya pecatur dunia Levy Rozman yg juga seorang Youtuber atau yg biasa disebut (Gotham Chees) di akun Chess.com yg dikalahkan oleh akun Chess.com lain (Dewa Kipas) yg mana pemilik akun Dewa Kipas tersebut adalah bapak-bapak berusia 60 tahun dari Indonesia asal Bandung yg diketahui dengan nama Pak Dadang (Dadang Subur).

Pertandingan Catur Online tersebut sendiri pada saat itu kebetulan disaksikan oleh banyak ribuan penggemar Gotham Chees di kanal media Live Streaming-nya.

Karena banyak para penggemar Gotham Chees yg tak terima kekalahan idolanya tersebut, selang beberapa waktu kemudian akhirnya pihak Tim Fair Play Chees.com menutup & memblokir akun Dewa Kipas karena diduga mengerjakan sebuah kecurangan Fair Play.


Karena banyak pihak tidak terima atas kejadian tersebut, banyak warganet yg saling tuduh menuduh.
Hingga kanal Youtube Gotham Chees membatasi penonton dari Indonesia.

Karena semakin ramai & jadi viral di media online & juga dimuat di berbagai media-media, & puncaknya mungkin adalah hari ini (Jum'at 19 Maret 2021) & beberapa hari kemudian, namun juga tidak menutup kemungkinan untuk jadi sejarah tersendiri didunia percaturan indonesia. Dari viralnya berita dewa kipas ini, akhirnya banyak warganet yg kepo & harap mengetahui kejadian yg sebenarnya dari cerita ini.



Kronologi Ditutupnya Akun Dewa Kipas Chess.com diacara podcast #Closethedoor Corbuzier

(Sabtu, 13 Maret 2021) Youtuber Indonesia Deddy Corbuzier mengundang Dadang subur selaku pemilik akun Dewa kipas di Chees.com untuk menghadiri acara podcast nya (#Closethedoor Corbuzier Podcast). Bersama dengan anaknya (Ali Akbar), dewa kipas (Dadang Subur) menghadiri acara podcast tersebut.

Ali akbar & dewa kipas disitu menjelaskan kronologi tentang peristiwa diblokirnya akun Chess.com #dewa kipas
Ali & pak Dadang sendiri disitu juga sudah menyatakan bahwa Dewa Kipas & Gotham Chees sudah berdamai & tidak mempersalahkan tentang akun yg diblokir, Jangan ada yg hate-hate lagi. Ini hanyalah permainan. Disini pak dadang juga gak menyangka kalau kejadian ini akan bakal heboh.

Podcast penjelajasan kronologi dewa kipas :






Mengenal Dewa Kipas Diacara Podcast #Closethedoor Corbuzier

Dewa Kipas / pak Dadang subur sendiri dulunya juga adalah seorang pemain catur, selain suka bermain catur, bahwa pak Dadang menceritakan juga gemar sekali bermain tenis & memenangkan banyak perlombaan. Dari bermain tenis itulah sebenarnya nama #Dewa_Kipas tercipta.

Ali menambahkan
Quote:
"bahwa bapak saya dulunya pernah memenangi beberapa kejuaraan catur daerah meski tidak sering pemenang 1, pernah pemenang 3, pemenang 7, hingga pemenang 13. Kalau untuk kejuaraan catur yg diselenggarakan oleh kantor tempat bapak saya bekerja, itu sudah tak terhitung pak gelar juaranya, tambah Ali (ujar anak pak Dadang) "


Ali juga menambahkan
Quote:
"bahwa bapak saya juga memiliki sebuah keunikan dalam belajar meningkatkan skill permainan caturnya, bapak saya suka menulis & mencatat permainan caturnya untuk mengingat & menaik-kan skill permainannya."


Viral! Inilah Cerita Lengkap Dibalik Viral-nya Dewa Kipas. Dadang Siap Lawan Irene

foto buku hasil catatan dewa kipas, sumber referensi gambar :Kompas.Com
Viral! Inilah Cerita Lengkap Dibalik Viral-nya Dewa Kipas. Dadang Siap Lawan Irene

foto history piagam penghargaan Dadang Subur ajang pra-pon ke 18 zona kalimantan, sumber referensi gambar : kompas.com



Alasan Chees.com Menutup Akun #Dewa Kipas

Melalui akun Twitter resminya Chess.com, Chess.com menegaskan bahwa semua akun yg sudah diblokir, sudah terlebih dahulu ditinjau oleh regu fair play Chess.com .

Quote:
"Kami tidak pernah sekalipun menutup akun berdasarkan banyaknya laporan dari (penggemar) akun @GothamChess, berbagai kreator konten, atau komunitas lainnya," tulis akun Twitter @chesscom, Kamis (4/3/2021).

"Semua penutupan (akun) dilakukam oleh regu fair play, setelah ditinjau sesuai kebijakan fair play kami," lanjut tulisnya.



Sumber refrensi: laman Twitter resmi Chess.com



Respon Grand Master catur Indonesia, Irene Kharisma Sukandar Atas Polemik #Dewa Kipas

Sehubung dengan adanya polemik pemberitaan tentang salah satu akun Chess.com asal Bandung, Indonesia yg berhasil mengalahkan salah satu pecatur dunia Levy Rozman atau Gotham Chees yg setelah diselidiki Tim fair play Chess.com & juga beberapa pengamat dibidangnya termasuk dari PB Percasi menyatakan ada sebuah kejanggalan dari data rekam jejak statistik laga daring catur yg dimainkan #dewa kipas adalah kemungkinan akbar karena bantuan cheat Engine.

Mereka beranggapan sangat sulit seorang pecatur bahkan grand master dunia pun dapat memiliki akurasi permainan tersebut.

Salah satu pecatur indonesia yg kini bergelar (GMW) Grand Master Wanita, Irene Kharisma Sukandar, ikut merespon polemik dewa kipas yg tengah terjadi.

Irene sebagai salah satu atlit catur indonesia yg menjunjung tinggi fair play yg merupakan salah satu filosofi catur itu sendiri, Irene merasa bersimpati atas polemik yg tengah terjadi yg menyangkut dunia percaturan.

Dari rasa simpati Irene Sukandar, ia memberikan surat terbuka kepada Deddy Corbuzier yg mana Deddy Corbuzier yg sebagai publik figure yg dapat mengarahkan, sehingga warganet dapat berpikir dengan bijak atas polemik ini. Sebagaimana juga Deddy Corbuzier lah yg mengangkat polemik berita ini.

Isi Surat terbuka Irene Kharisma Sukandar dilaman resmi instagramnya :




Klarifikasi GMW Irene Sukandar Diacara #Closethedoor Corbuzier Exclusive Gotham Chees

Selepas diterimanya surat terbuka dari GWM Catur Irene Sukandar (Kamis, 18 Maret 2021) Deddy Corbuzier mengundang Irene untuk mengklarifikasi & berbicara tentang surat terbuka yg sudah dikirim sebelumnya.

Exclusive bersama Gotham Chees melalui siaran zoom mereka bertiga mengklarifikasi & bercerita tentang polemik yg tengah terjadi tersebut.

Isi yg saya tangkap dari percakapan mereka adalah bahwa Gotham Chees percaya kepada regu fair play Chess.com bahwa akun Dewa Kipas tidak fair play .

Sedangkan Irene Sukandar menyatakan menurut hasil pengamatan rekam jejak data akun #dewa_kipas Irene tidak percaya bahwa ada pemain catur yg dapat memiliki akurasi hingga seperti itu, & menyimpulkan akun #Dewa Kipas 95% bohong.

Sedangkan Deddy Corbuzier menyatakan apakah this world yg 5% bagian tadi tidak memungkinkan untuk Pak Dadang pemain catur yg tidak terkenal tersebut memiliki kemampuan dengan akurasi tersebut ? (Deddy Corbuzier menyambung dari pernyataan tersebut).

Menurut Irene, Gotham Chees cara penyelesaian dari masalah ini adalah dengan rematch atau bertanding ulang dengan kondisi yg netral.

Isi Klarifikasi Irene Sukandar Exclusive bersama Gotham Chees di podcast #Closethedoor Corbuzier





Klarifikasi Dewa Kipas Menanggapi Surat Terbuka Irene Sukandar Yang dituju kepada Deddy Corbuzier

Menanggapi surat terbuka Irene Sukandar yg dituju kepada Deddy Corbuzier, dewa kipas atau pak Dadang selaku pemilik akun #Dewa_Kipas yg sudah diblokir pihak Chess.com. Pak dadang sebenarnya merasa sudah capek & letih untuk menanggapi kemenangan dirinya atas Levy Rozman (Gotham Chees).

Pak Dadang menjelaskan & berkata:
Quote:
"Terserah mau bilang apa-apa. Saya juga enggak dapat uang apa-apa. Irene kalau mau komentar pelajari dulu semuanya. Analisisnya harus penuh gitu," tutur Dewa Kipas saat dihubungi oleh CNNIndonesia.com.

"Saya sudah capek berkomentar masalah ini, karena tidak dapat apa-apa. Orang itu sudah kondusif, kenapa harus buka-buka orang lain kayak begini lagi. Sudah cukup saja sayamah, ujar Dewa Kipas.

Dewa Kipas menyatakan harap kembali menjalani rutinitas sebagai warga biasa yg terlepas dari segala kisruh & kontroversi.

"Saya harap kembali ke kehidupan semula. Saya bukan orang penting, bukan orang kaya, bukan jagoan, diblokir akun saya juga biarsaja."

"Saya di media itu tidak pernah memberikan pernyataan apa-apa. Enggak pernah sombong, soalnya yg lebih hebat dari saya sangat banyak. Sebenarnya mungkin saya itu sama sekali tidak jago-jagoteuinglah," mengatakan Dadang.


Sumber referensi kutipan : CNNINDONESIA.COM



Mengenal Sedikit Pecatur Irene Kharisma Sukandar

Kelahiran, Jakarta 07 April 1992. Irene Kharisma Sukandar memulai karir caturnya di sekolah catur Utut Adianto, bekasi sejak tahun 1999.

Irene Sukandar adalah pecatur Indonesia perdana yg mendapatkan gelar (GMIW) Grand master internasional wanita perdana di Indonesia di tahun 2008

Irene Sukandar juga pernah terpilih sebagai anggota kontingen indonesia atlit pecatur wanita termuda di ajang SEA Games Vietnam 2013.

Menurut harian berita harian kompas, 07 Maret 2013, Irene sering diajak ayahnya untuk singgah & bermain catur dilapak-lapak.

Sumber refrensi : kompas.com



Titik Terang Polemik #Dewa_Kipas

Akhirnya melalui perantara Deddy Corbuzier, polemik dewa kipas akan segera menemui titik terangnya.

Titik terang yg dimaksud adalah Deddy Corbuzier sudah berhasil mengundang & bersedia hadir antara pak Dadang Subur (#Dewa_Kipas) Bersama Irene Sukandar (salah satu dari grand master catur indonesia/ atlit nasional) untuk mengerjakan Friendly Match (pertandingan catur) persahabatan, yg mana semua akomodasi & hadiah akan disediakan oleh Deddy Corbuzier.

Deddy Corbuzier sudah menyediakan hadiah 150 Jt untuk hadiah yg akan didapatkan. 100 jt untuk pemenang & 50 jt untuk yg kalah.

Friendly match Caturnya sendiri akan di gelar hari senin tanggal 22 maret 2021 yg akan disiarkan langsung di kanal media youtube-nya (Deddy Corbuzier).

Sumber refrensi dari laman resmi instagram @MasterCorbuzier


Harapan Dan Kesimpulan

Dengan adanya polemik tentang catur ini diharapkan semoga dunia percaturan indonesia jadi lebih terangkat, jadi lebih banyak penggemarnya, & maju terus untuk dunia percaturan indoneaia.

Ini adalah ajang pembuktian, terlepas dari entah siapa yg menang & entah siapa yg kalah Penulis harap tidak ada hate-hate lagi, saya harap sebagai warga negara & manusia yg baik kita harus dapat bersikap bijak untuk menanggapi hal-hal semacam ini kedepannya. Sebagai warganet yg baik kita harus dapat menyikapinya dengan bijak.

Dari semua titik terang ini terlepas dari hasil akhir pertandingan persahabatan ini nanti semoga kedepannya Dunia percaturan indonesia semakin maju & senantiasa menjunjung tinggi fair play baik di olahraga catur sendiri maupun di bidang olahraga-olahraga lainnya.

Seperti halnya dari filosofi catur itu sendiri yg saya kutip dari blogduniasatu.com tentang filosofi catur (filosofi papan meja catur/ warna hitam & warna putih):

Quote:
Hitam & Putih- "Ciri dasar warna permainan catur sendiri adalah hitam & putih (papan meja catur petak hitam & petak putih serta bidak warna hitam & bidak putih).

Dalam kehidupan warna putih dilambangkan kebaikan sedangkan warna hitam dilambangkan kejahatan.

Disetiap kehidupan kita tau bahwa didunia ini pasti ada yg baik & juga ada yg jahat. Dalam kehidupan manusia seseorang yg buruk dapat saja jadi baik tergantung langkah yg ia pilih.

Seperti papan catur langkah demi langkah yg kita ambil akan sering memberi makna untuk kedepannya, dapat saja kita terperosok & jatuh, dapat juga kita mendapatkan banyak manfaat dari apa yg kita kerjakan."


Dari kutipan tersebut, kita dapat pahami bahwa setiap kebaikan maupun keburukan atas segala hal kejadian yg terjadi kita dapat mengambil pelajaran & hikmah didalamnya. Dan untuk dapat mengambil & memetik hikmah tersebut kuncinya hanyalah kita harus dapat bersikap bijak

Demikian adalah akhir dari tulisan ini Gan/Sis. Semoga kita semua dapat jadi orang & warganet yg bersikap Bijak.
emoticon-No Sara Please
emoticon-2 Jempol
emoticon-Rate 5 Star
emoticon-Jempol



Narasi & Sumber Refrensi: Hasil pemikiran pribadi & inspirasi sumber-sumber referensi yg sudah disertakan di atas.

Penulis & editor: Wahyu Nur Arifin Hari ini 19:32
 

Our Partner

Top