Usia Muda Menderita Kolesterol ? Pahami Penyebabnya

gamebocor

Administrator
Staff member
Di zaman yg serba instan termasuk makanan instan yg semakin banyak ini, tak heran banyak di jumpai orang berusia muda yg tiba-tiba mengalami penyakit kolesterol tinggi, sebagaimana pendapat dari seorang dokter spesialis jantung & pembuluh darah, dr. Vito Damay, Sp.JP, menyebutkan bahwa penyebab kolesterol tinggi di usia muda, seringnya seperti sesuatu yg di akibatkan kolesterol tinggi di sekelompok usia 40 tahun ke atas, di karenakan kolesterol tinggi adalah obesitas, jarangnya olahraga, banyaknya konsumsi gula juga junk food.

Penjelasan lengkapnya dari Dr Vito, menyebutkan kalau tidak ada aktifitas fisik yg mengimbangi konsumsi makanan tak teratur, menyebabkan surplus kalori & jadi lemak berbahaya, gaya hidup yg seperti ini jadi faktor utama penyebab serangan jatung, stroke di usia muda, yg marak terjadi beberapa tahun belakangan.

Baca Juga : Diet Mudah Dengan Defisit Kalori, Bagaimana Caranya?

Jadi, bagaimana cara mengakali supaya kolesterol tidak di idap para pemuda jaman sekarang? tentu, langkah perdana adalah pemeriksaan kadar kolesterol, bahkan American Heart Association menyarankan seorang pemuda berusia 20 tahun membiasakan diri mengerjakan pemeriksaan jantung.

Perlu di pahami & ingat, bahwa tindakan check-up seperti ini tidak cuma untuk orang berbadan gemuk, tetapi untuk yg bertubuh kurus, karena apa bila hasil pemeriksaan normal, tentu di haruskan kembali pada tahun ke-4 atau ke-6 kemudiannya.

Lalu, jangan lupakan menjaga berat tubuh tetap ideal, sesuai BMI (body mass index), caranya dapat di upayakan dengan olahraga teratur, konsumsi makanan gizi tinggi, & menjalankan pola hidup sehat.

Menurunkan Kolesterol

Jika sudah pernah mendapati hasil kontrol darah dengan hasil kolesterol tinggi, maka untuk menurunkannya dapat menghindari makan-makanan yg jadi pemicunya, seperti makanan cepat saji, jerohan, seafood (kerang, kepiting, cumi, gurita dll) & lebih selektif lagi pada tipe daging.

Berdasar TS himpun beberapa makanan yg baik untuk di konsumsi penderita kolesterol tinggi :

Ikan, Ayam/bebek tanpa kulit, irisan daging tanpa lemak, dengan cara memasak tanpa bakar atau panggang, lebih baik di kukus / rebus & kalau harus di goreng, usahakan mengpakai minyak kembang matahari, minyak wijen, minyak kedelai, minyak jagung dll.

Susu, keju, yoghurt rendah lemak, kurangi konsumsi kuning telur, karena lebih baik memakan putih telurnya saja, jangan memakai mentega, karena lebih baik margarin.
Sering-sering konsumsi makanan bervitamin C (pepaya, anggur, jeruk, blimbing, wortel) juga vitamin E (almon, kacang tanah, kedelai dll)

Berdasar pengamatan TS bahwa usia muda yg seringkali menghabiskan waktu bersama gadget dengan rebahan, minum-minuman bergula tinggi (softdrink, boba, thai tea, cappucino dll), begadang, konsumsi mi instan berlebih, meminum alkohol, sangatlah rentan terkena stroke akibat kolesterol di usia muda, pentingnya pencerahan untuk menjaga gaya hidup sehat serta makanan bergizi tinggi, menciptakan tubuh terhindar dari segala penyakit mengerikan tersebut, & lengkapi diri dengan proteksi asuransi kesehatan untuk menghindari biaya perawatan yg mahal.


Hari ini 14:46
 

Our Partner

Top