Tidak Banyak yg Tahu, Ternyata Quarter Life Crisis Ada 2 Jenis! Gansist yg Mana?

gamebocor

Administrator
Staff member
Dua Jenis Quarter Life Crisis yg Jarang Orang Tahu

Selama ini kita cuma pernah tahu bahwa krisis seperempat zaman (quarter life crisis) adalah krisis yg dialami oleh orang - orang berusia di sekitar 25 tahun saja tanpa mengerti tipe - jenisnya. Padahal penting juga untuk diketahui supaya kita paham cara keluar dari krisis tersebut. Mungkin mayoritas krisis seperempat zaman berkutat pada kebingungan seseorang kepada aspek karirnya maupun kehidupan persayangannya. Tapi bukan itu yg mau @adnanami bahas lebih dalam di thread ini.

Quarter life crisis memiliki dua tipe, yaitu locked in & locked out. Khusus untuk yg ini, bukan log in & log out seperti di akun sosial media ya! Kita pasti mengalami salah satunya. Tenang! Ini hal yg wajar dialami oleh semua orang yg sedang masa transisi dari masa remaja akhir menuju dewasa. Kenapa harus ada quarter life crisis? Sebenarnya ini adalah fase titik balik dalam kehidupan manusia. Setelah melewati krisis ini, apakah kita dapat semakin terpuruk & terjebak di dalamnya atau justru menemukan pelajaran & bergerak jadi perseorangan yg lebih baik. Intinya sih, krisis seperempat zaman adalah masa pendewasaan seseorang.

Kalau kalian lemah, kalian nggak akan memahami proses pendewasaan ini. Quarter life crisis tidak cuma dialami oleh pemuda lajang berusia 25 tahun yg tidak tahu kapan akan menikah, karir yg mandek & tidak membahagiakan maupun mereka yg memiliki berbagai pertanyaan tentang hidupnya, tetapi juga pada mereka yg mungkin sudah terlihat mapan, sudah menikah bahkan punya anak di usia sekitar dua puluh lima-an. Semua dapat terkena krisis ini.

Nah, balik ke benang merah dari thread ini tentang 2 tipe yg sudah ane bahas di paragraf kedua tadi. Kondisi krisis seperempat zaman yg masuk kategori locked out adalah ketika gansist merasa gagal dalam mendapatkan apa yg diharapkan dalam hubungan maupun karir. Simple-nya kayak target menikah usia 21 tetapi di tahun ke 24 masih aja ngejomblo, mau masuk sekolah pilot gagal karena dianggap kurang tinggi & lain sebagaianya. Sedangkan kondisi locked in berupa rasa terjebak dalam suatu kondisi yg awalnya seperti passion/hal yg gansist mau, tetapi setelah dijalani ternyata tidak cocok sehingga muncul kebingungan & ketidaktahuan tentang apa yg harus dilakukan ke depannya.

Terus bagaimana cara mengatasinya?

Pertama, kita harus sadar dulu kalau kita lagi ada di dalam fase krisis seperempat abad. Kedua, kita berusaha untuk keluar dari kondisi ini, misalkan ngerasa nggak cocok dengan apa yg dijalani sekarang ya coba untuk eksplorasi hal yg lain yg sekiranya akan cocok sama gansist, begitu ketemu, boleh lah kalian berhenti dari peran/keadaan yg selama ini bikin gansist merasa terjebak. Dengan menemukan apa yg sesuai dengan diri gansist, itu artinya gansist sudah berhasil melewati masa - masa quarter life crisis. Penting banget untuk mengerjakan eksplorasi sebelum semuanya berubah jadi bencana.

Quote:
Baca juga : Hidup Tanpa Ekspektasi, Siklus Unik Bagi Mereka yg Takut Terluka​

Ane @adnanami pamit, jangan lupa follow akun ini untuk mendapatkan update thread inspiratif lainnya. Kalian juga dapat berkunjung ke halaman kaskus ane dengan klik gambar di bawah ini! Sampai jumpa kembali di lain kesempatan. Jangan sungkan untuk saling sapa di kolom komentar thread ini ya!

Tidak Banyak yg Tahu, Ternyata Quarter Life Crisis Ada 2 Jenis! Gansist yg Mana?


Referensi: independent.com

Hari ini 08:39
 

Our Partner

Top