Ternyata, Inilah Awal Mula Tradisi Baju Baru Saat Lebaran!

gamebocor

Administrator
Staff member
Ternyata, Inilah Awal Mula Tradisi Baju Baru Saat Lebaran!
link

Ramadhan sebentar lagi. Lebaran pun sudah dekat. Masyarakat disekitar tempat tinggalku sudah mulai berbondong-bondong ke pusat perbelanjaan untuk membeli baju baru yg akan dipakai saat lebaran.

Mereka mulai ramai berbelanja sekarang dengan alasan harga lebih murah dari pada saat mendekati lebaran. Begitulah cara emak-emak menghemat pengeluaran mereka.

Maka dari itu bukan lagi pemandangan yg aneh kalau sudah mendekati ramadhan, pusat perbelanjaan di kotaku mulai padat oleh pengunjung hingga menjelang lebaran.

Mungkin bagi kita, tradisi baju baru saat lebaran adalah kebiasaan masyarakat yg terbawa hingga sekarang untuk menyenangkan anak cucu mereka.

Namun, tahukah gansist kalau tradisi ada sejarahnya?

Ini loh penjelasannya tetang tradisi baju baru yg sudah ada sejak zaman kerajaan dahulu.

Seperti yg dituliskan oleh Marwati Djoened Poesponegoro & Nugroho Notosusanto dalam buku Sejarah Nasional Indonesia. Bahwa sejak zaman ke-16 kesultanan Banten, sering harap menyambut hari raya idul fitri dengan keadaan yg suci, bersih & seperti terlahir kembali. Salah satunya dengan simbol baju baru, yg ternyata tradisi Sultan Banten ini mengakar hingga sekarang. Duh, namanya juga sultan ya gansist pasti ga bakal kesusahan lah ya kalau cuma beli baju buat lebaran.

Gimana nasib bagi si kaum jelata ini? Tapi apalah daya ternyata tradisi baju baru lebaran ini sudah mendarah daging hingga sekarang bahkan seolah jadi suatu kewajiban.

Buktinya banyak masyarakat yg masih mengikuti. Aku juga pun masih mengikuti tradisi ini sejak kecil hingga sekarang. Baju baru seakan wajib saat lebaran. Sebagai simbol wujud kemenangan setelah sebulan penuh berjuang di bulan ramadhan.

Meskipun sebenarnya tanpa baju barupun lebaran akan sangat bermakna ketika dilalui dengan ikhlas & berkumpul bersama keluarga tersayang.

Nah, GanSist kaskuser semua, masih mengikuti tradisi Sultan Banten ini kah saat lebaran tiba? Lalu bagaimanak kah gansist melewati lebaran di era pandemi saat ini, baju baru masih pentingkah?

Lampung, 26 Maret 2021

Purwanti Pratama​
Hari ini 21:15
 

Our Partner

Top