Tahu kah Hewan paling berbisa di dunia.. ini nih jawabannya !

gamebocor

Administrator
Staff member
Tahu kah Hewan paling berdapat di dunia.. ini nih jawabannya !


Ubur-ubur kotak (sea wasp) yg memiliki nama latin Chironex Fleckeri diketahui sebagai makhluk laut yg paling berdapat di dunia. Dilansir dari laman animal.howstuffworks.com, sengatannya yg melebihi tawon melepaskan racun yg sangat kuat yg mempengaruhi tekanan darah dengan cepat.
Meskipun tidak memiliki rahang yg kuat seperti hiu, ubur-ubur tipe ini cukup berbahaya kalau anda tersengat. Aliran darah di jantung akan cepat naik & menyebabkan kematian dalam waktu yg sangat singkat. Ubur-ubur kotak sering kali meneror pengunjung di sekitar pantai. Berikut fakta unik 1. Jenis aneh dengan dua lusin mataubur-ubur kotak yg harus anda ketahui.

1. Jenis aneh dengan dua lusin mata

Tahu kah Hewan paling berdapat di dunia.. ini nih jawabannya !


Ubur-ubur kotak disebut tipe spesies yg aneh. Untuk bertahan hidup, mereka memiliki dua lusin mata yg beberapa akbar memiliki lensa, kornea & iris. Dengan mengatakan lain, mahluk laut ini dapat mengpakai matanya dengan sangat baik.

Biasanya anatomi ikan biasa cuma dapat membedakan cahaya gelap & terang, namun tipe ubur-ubur ini sungguh berbeda. Selain itu, fungsi saraf yg mereka miliki lebih canggih dari ubur-ubur tipe lain. Hal ini menolong mereka dalam bergerak dengan cepat untuk menghindari & menangkap mangsanya.

2. Kecepatan berenang mencapai 4 mil per jam

Tahu kah Hewan paling berdapat di dunia.. ini nih jawabannya !


Sungguh sulit dipercaya, ubur-ubur ini dapat disebut spesies tangguh. Kemampuan berenangnya dapat mencapai 4 mil per jam atau sekitar 6,43 km per jam. Hal ini dilakukan dengan aktif mendorong air hingga memudahkan untuk berburu. Uniknya, mereka dapat membuka & menutup kepala mereka yg berbentuk lonceng seperti payung yg menghalau badai. Inilah yg jadi bagian terburuk, tidak seperti spesies ubur-ubur lain yg cuma dapat menunggu mangsa mereka.

3. Racun yg menciptakan kematian

Tahu kah Hewan paling berdapat di dunia.. ini nih jawabannya !



Menurut penelitian seorang pakar biologi kelautan di Universitas Hawaii, Moana, Angel Yanagihara menjelaskan bahwa ubur-ubur kotak tidak melepas racun seperti ular biasa. Mereka memiliki cara spesifik yg dapat mematikan hati mangsanya dalam waktu 5 menit. Ketika ubur-ubur ini menyengat, maka mereka akan melepaskan sebuah cairan pencernaan yg menolong makhluk laut ini menangkap & mencerna makanannya. Dia juga menambahkan bahwa kalau ubur-ubur ini menyengat manusia, maka akan menyebabkan lubang pada sel-sel di dalam tubuh manusia. Ini memicu kematian yg teramat singkat.

4. Jenis hewan yg selamat dari kepunahan

Tahu kah Hewan paling berdapat di dunia.. ini nih jawabannya !


Sekitar 600 juta tahun lalu, makhluk laut ini berhasil dari kepunahan massal yg menghabiskan spesies lain. Ubur-ubur kotak termasuk dalam salah satu hewan tertua di muka bumi ini. Jumlah mereka seperti ubur-ubur lain, diperburuk oleh pemanasan laut & zat penipis oksigen yg menghalangi mereka menemukan jalan kehidupan di dalam air. Alasan inilah yg mungkin dapat mengancam kelangsungan hidup tipe ubur-ubur unik ini. Meskipun berbahaya, namun kehidupan makhluk laut harus dapat dijaga dengan baik.

5. Pertolongan perdana kalau tersengat



Tahu kah Hewan paling berdapat di dunia.. ini nih jawabannya !



Selama penelitian, Yanagihara mempelajari pengobatan yg paling biasa untuk mengurangi risiko kematian saat tersengat ubur-ubur kotak. Perawatan perdana anda dapat menghilangkan tentakel, lalu membilas bekas gigitannya dengan es atau cuka. Ini cuma solusi yg dapat meringankan bekas gigitan. Selain itu, cara terbaik untuk mengobati sengatan ubur-ubur kotak dengan menghambat krim penghambat racun supaya tidak mempengaruhi sel hidup.​

Nah, fakta-fakta unik ini harus anda ketahui supaya dapat mengenali bahaya makhluk hidup yg dapat saja mengancam kehidupanmu. Tetap hati-hati kalau berenang di laut, ya.

Hari ini 09:37
 

Our Partner

Top