Sudiro Tungga Jaya, Dari Elf Pariwisata Hingga Bus AKAP Elkusla

gamebocor

Administrator
Staff member
Halo Agan & Sista! Selamat pagi, siang, sore & malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar Sudiro Tungga Jaya, yg mengawali usahanya dari Elf pariwisata hingga sekarang jadi bus AKAP berslogan Elkusla.

Sudiro Tungga Jaya, Dari Elf Pariwisata Sampai Bus AKAP Elkusla

sumber gambar​

Bagi busmania, pasti sudah tak asing dengan PO Sudiro Tungga Jaya. PO ini merupakan PO paling terkenal di kalangan busmania, khususnya di Pulau Jawa Gansis.

STJ ini terkenal dengan bus-busnya yg kebanyakan mengpakai sasis Hino RK8 atau Mercedes Benz OH 1526 dengan body Jetbus 2+ SHD, Jetbus 3+ SHD, Jetbus 3+ MHD, Jetbus 3+ HDD & body-body lainnya. STJ terkenal dengan bus-busnya yg kebanyakan sangat "suoss" atau melaju cepat di jalanan sepi.

Sudiro Tungga Jaya juga memiliki julukan di setiap busnya. Mulai dari Iguazu, Varesh, Anno, Rubya, & lain-lain. Bus-bus PO Sudiro Tungga Jaya dengan julukan tertentu juga memiliki ciri khasnya tersendiri Gansis.

Sudiro Tungga Jaya, Dari Elf Pariwisata Sampai Bus AKAP Elkusla

sumber gambar​

Semua berawal dari tahun 2014 ketika Ki Agus Muhammad Syidik yg berusia sekitar 23 tahun membuka usaha penyewaan bus pariwisata dengan mengambil nama dari usaha angkutan minyak milik orangtuanya yaitu Agam Tungga Jaya.

Ki Agus membuka usahanya dengan modal awal berupa sebuah bus medium Mitsubishi Canter berbody Scorpion Kid garapan karoseri Tentrem, & satu unit microbus Isuzu Elf Long yg memiliki body garapan karoseri Adiputro.

Mengandalkan promosi dari mulut ke mulut, akhirnya Agam Tungga Jaya berhasil membeli 3 unit bus bekas PO Subur Jaya, yg berbody Jetbus 2+ SHD garapan karoseri Adiputro.

Sudiro Tungga Jaya, Dari Elf Pariwisata Sampai Bus AKAP Elkusla

sumber gambar​

Agam Tungga Jaya terus membesar, hingga tahun 2017 Ki Agus mengembangkan usahanya ke usaha bus AKAP, dengan mengpakai nama "Sudiro Tungga Jaya" yg merupakan anggota dari Agam Tungga Jaya.

Sudiro Tungga Jaya awalnya cuma merambah trayek Ponorogo - Bogor PP & Ponorogo - Ciledug PP. Saat itu, perjalanan perdana dilakukan pada bulan Juni 2017 Gansis.

Cakupan trayek PO asal Magetan ini yg awalnya sebatas di Madiun Raya saja kini merambah ke Wonogiri, Jogjakarta, Pekalongan, Palembang, Wonosobo, Muria, & lain-lain. STJ juga kerap menambah armada baru, mulai Hino RK8 dengan body SHD seperti Avante H9 hingga Scania K410IB dengan body Jetbus 3+ UHD.

Sudiro Tungga Jaya, Dari Elf Pariwisata Sampai Bus AKAP Elkusla

sumber gambar​

Kini, PO yg berkantor pusat di Magetan ini memiliki lebih dari 70-90 armada bus akbar dengan berbagai macam sasis, body, & julukan-julukan di setiap bus STJ. Nama Sudiro Tungga Jaya juga kian melambung seperti halnya PO Haryanto yg terkenal di kalangan busmania.

STJ juga terkenal akan waktu tempuhnya yg lumayan singkat. Hal ini tentu tak terlepas dari driver-driver STJ yg rata-rata mengemudikan busnya dengan laju tinggi, menurut beberapa orang yg sudah mencoba layanan PO asal Magetan ini.

Mungkin Gansis setiap berjumpa dengan bus milik Sudiro Tungga Jaya ini menemukan stiker "Elkusla" di kaca bus bagian samping & depan. Sebenarnya, "Elkusla" adalah slogan dari PO Sudiro Tungga Jaya, yg merupakan singkatan dari "Eling Kuat Slamet", yg kalau diterjemahkan berarti "Ingat, Kuat, & Selamat".

Sudiro Tungga Jaya, Dari Elf Pariwisata Sampai Bus AKAP Elkusla

sumber gambar​

Sudiro Tungga Jaya cuma bermain di kelas Eksekutif & Super Eksekutif saja Gansis. Fasilitas yg ada di bus-bus milik STJ cukup lengkap, mulai reclining seat, bantal, selimut, toilet, legrest, smoking area di beberapa unit, & lain-lain.

Sasis yg dipakai sebenarnya acak Gansis, tetapi kalau Gansis memilih kelas Super Eksekutif sasis yg dipakai pasti sasis berkasta tinggi, minimal OH 1626 lah. Kalau beruntung, Gansis dapat dapat unit UHD, dengan sasis Scania, Volvo, atau Mercedes-Benz dengan kondisi yg kadang masih seperti baru.

Baru-baru ini, Sudiro Tungga Jaya membeli 3 unit bus bekas PO Borlindo asal Sulawesi yg memiliki sasis Scania K410IB, & tak lupa juga beberapa unit bus berbody Jetbus 3+ UHD yg memiliki sasis Volvo B11R & Mercedes Benz OC 500 RF 2542.

Sudiro Tungga Jaya, Dari Elf Pariwisata Sampai Bus AKAP Elkusla

sumber gambar​

Jadi, gimana pendapat Gansis seputar Sudiro Tungga Jaya ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih kalau Gansis mengoreksi informasi di thread ini yg salah!

Sumber:1,2,3,4,5,6
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Disclaimer: Thread ini bukan untuk promosi, thread ini cuma untuk mengenalkan STJ lebih jauh.
Original Written By:mad:ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesia
emoticon-Toast
emoticon-Rate 5 Star
Hari ini 23:05
 

Our Partner

Top