Solusi Meningkatkan Efisiensi Layanan Kesehatan

gamebocor

Administrator
Staff member
Solusi Meningkatkan Efisiensi Layanan Kesehatan


Solusi Layanan Kesehatan Tidak ada orang yg harap jatuh sakit. Itulah kenapa saat ada pasien yg mendatangi Anda, sudah semestinya mereka mendapatkan layanan kesehatan dengan kualitas baik. Apalagi pelayanan kesehatan memang termasuk salah satu hak asasi warga negara Indonesia yg perlindungannya ada dalam UUD 1945 Pasal 28H Ayat (1), (2), & (3) & Pasal 34 Ayat (1), (2), & (3).

Akan tetapi, pada praktiknya pelayanan kesehatan di Indonesia masih belum merata, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Padahal di tengah era digital seperti sekarang, semestinya efisiensi layanan kesehatan dapat meningkat berkat perkembangan teknologi. Kabar baiknya, sering ada ruang untuk mengerjakan perbaikan. Ini dia beberapa solusi yg dapat Anda terapkan untuk meningkatkan efisiensi layanan kesehatan.

Menyediakan data layanan dokter yg mudah diakses
Setiap klinik biasanya memiliki lebih dari satu dokter untuk menangani para pasien. Walaupun mungkin ada beberapa dokter dengan spesialisasi sama, biasanya pasien tetap memilih untuk konsultasi & memeriksakan diri pada dokter yg sama. Masalahnya, tidak selamanya dokter tersebut berada di klinik. Beberapa dokter juga memiliki tanggung jawab untuk berjaga di rumah sakit tertentu. Jadi, mau tidak mau pun pasien harus menyesuaikan diri dengan jadwal dokter.

Di sinilah data layanan dokter berperan sangat penting kepada efisiensi layanan kesehatan. Melalui platform khusus, sediakan data layanan seluruh dokter yg bertugas di klinik Anda. Jangan cuma cantumkan bidang spesialis atau keahlian sang dokter, tetapi juga jadwal praktiknya.

Selain itu, pastikan data layanan ini dapat diakses dengan mudah & praktis oleh pasien dari mana saja. Dengan begitu, pasien dapat mengecek jadwal praktik dokter sebelum mengerjakan kunjungan. Hal ini tentu dapat menghemat waktu & energi pasien. Tentu sangat efisien, bukan?

Ambil antrean online
Menunggu merupakan sebuah aktivitas yg cukup memakan waktu. Sayangnya, justru hal ini yg sering terjadi & harus dilalui oleh pasien Anda saat hendak berjumpa dengan dokter di klinik untuk berkonsultasi. Jika tidak datang awal, kemungkinan akbar pasien harus antre cukup lama di dalam klinik. Hal-hal seperti inilah yg dapat menciptakan pasien merasa tidak mendapatkan layanan kesehatan yg efisien.

Jadi, apa yg harus Anda lakukan?

Menerapkan sistem antrean online sangat layak dipertimbangkan. Ciptakan sebuah sistem di mana pasien dapat mengambil nomor antrean secara online. Cantumkan pula informasi tentang perkiraan waktu kapan pasien dapat berjumpa dengan dokter praktik yg dituju. Dengan begitu, pasien dapat mengira-ngira sendiri kapan ia harus hingga di klinik sehingga pasien dapat memanfaatkan waktunya untuk mengerjakan hal-hal lain yg dinilai lebih produktif.

Peringatan pasien kontrol
Dokter bukan satu-satunya orang yg memiliki kesibukan tinggi. Ingatlah bahwa pasien Anda juga harus mencari waktu kosong demi menjaga kesehatan & berjumpa dengan dokter di klinik Anda. Karena padatnya kesibukan juga, terkadang ada pasien yg lupa untuk mengerjakan kontrol dengan dokter. Hal ini tentu dapat merugikan karena pasien jadi harus mencari-cari waktu luang lagi demi kontrol. Belum lagi kalau dokter yg dituju cuma membuka praktik selama beberapa hari sekali.

Nah, supaya hal seperti itu tidak terjadi, sekaranglah saatnya menyediakan fitur peringatan pasien kontrol. Sebelum hari-H kontrol, pasien akan mendapat notifikasi atau peringatan berupa SMS terkait jadwal kontrol.

Peningkatan efisiensi layanan kesehatan memang tidak dapat dilakukan dalam waktu singkat. Dibutuhkan proses untuk mencapainya. Namun, ketiga solusi di atas dapat menolong mempercepat efisiensi layanan kesehatan di klinik Anda. Selamat mencoba!


Sumber :Solusi Meningkatkan Efisiensi Layanan Kesehatan Hari ini 14:10
 

Our Partner

Top