Simbol Kemewahan di Jaman Romawi Kuno, Harga Bumbu Dapur Ini Setara Dengan Emas!

gamebocor

Administrator
Staff member
Simbol Kemewahan di Jaman Romawi Kuno, Harga Bumbu Dapur Ini Setara Dengan Emas!

sumber​

Garam, siapa sih yg ngga tau soal bumbu dapur yg satu ini. Eh, ada ding, tetapi kalau pun ada yg suka keliru membedakannya antara garam, gula & vetsin mungkin cuma nol koma sekian persen aja dari seluruh populasi di bumi ini ya kan?
emoticon-Leh Uga
Bumbu dapur yg berasa asin kalau dicicip dengan ujung lidah ini, bagi masyarakat jaman now mungkin cuma seperti bumbu dapur biasa, tak ada yg istimewa.

Cukup dengan cuma mengeluarkan 2 lembar seribuan, di tempat ane udah dapet tuh satu plastik seberat kurang lebih 250gram kali ya? Dijual dengan berbagai macam merek & kemasan. Dan untuk mencarinya pun bukan hal yg sulit. Mulai dari warung tetangga hingga supermarket akbar sering tersedia yg namanya garam.

Tapi tahukah agan sista kalau garam ini pernah melalui perjalanan hidup yg terbilang fantastis? Bagaimana tidak, garam pada jaman Romawi antik pernah hits banget, hingga-hingga harganya sundul sampe langit, diperkirakan hampir setara dengan harga emas.
emoticon-Wow


Quote:
Simbol Kemewahan di Jaman Romawi Kuno, Harga Bumbu Dapur Ini Setara Dengan Emas!

sebagai mata uang​


Pada jaman Romawi antik orang-orang memproduksi garam dengan menciptakan kolam-kolam yg terkena banyak sinar mentari langsung, keknya hampir sama kayak jaman sekarang kan ya? Tapi siapa pun yg mempunyai kolam garam pada masa itu dapat dipastikan dialah orang terkaya di komunitasnya.
emoticon-Cool

Saking berharganya garam pada masa itu, hingga orang sering menyebutnya dengan emas putih.

Quote:
Simbol Kemewahan di Jaman Romawi Kuno, Harga Bumbu Dapur Ini Setara Dengan Emas!

kolam garam​


Garam pernah juga jadi barang komoditi yg sangat langka, sehingga pada tahun 1970an garam dipakai sebagi alat sebagai pembayaran upah bagi tentara Roma, & di beberapa negara malah dijadikan sebagai mata uang, di Ethiopia contohnya.

Di negara itu garam dibentuk jadi lempengan setebal 2inci dengan panjang 10inch, yg dinamai dengan amole.
Nilai 1 amole pada masa itu agan dapat membeli 5kg tembakau atau 10 ekor ayam, & membeli seekor kuda dengan 3 amole. Bisa dibayangkan ngga gan, apa yg dapat dibeli dengan garam yg ada dirumah ente sekarang ini
emoticon-Wow


Quote:
Simbol Kemewahan di Jaman Romawi Kuno, Harga Bumbu Dapur Ini Setara Dengan Emas!

amole​


Di Guerande, Prancis harga garam setara dengan harga perak. selain dipakai sebagai obat, garam juga dipakai untuk bahan pengawet daging & ikan dalam amphora yg dapat menjadikan harga jualnya jadi tinggi.

Dan Fleur de Sel adalah garam kualitas terbaik yg dikumpulkan dari berbagai sumber. Selain untuk mengawetkan, garam tidak dipakai untuk memasak & dipakai sebagai bumbu.

Quote:
Simbol Kemewahan di Jaman Romawi Kuno, Harga Bumbu Dapur Ini Setara Dengan Emas!


pengawetan​


Sebuah fakta sejarah pasti dicari kebenarannya supaya tidak berakhir sebagai sebuah omong kosong belaka. Begitu juga dengan asal muasal garam & letak tempat petani garam jaman dulu memproduksi garam dengan cara antik yg mereka lalukan.

Sebuah situs akbar di mana garam pernah diproduksi pada jaman kuno, saat ini dapat agan sista temui di bawah kota modern bernama Vigo. Namun beberapa kecil tempat tersebut diketahui sebagai Salinae, yakni sebuah museum kecil yg termasuk ke dalam Museo do Mar (Museum Laut).​

Quote:
Simbol Kemewahan di Jaman Romawi Kuno, Harga Bumbu Dapur Ini Setara Dengan Emas!

musoe do mar​


Museum Laut itu tertata dengan apik, informatif & sangat terawat, sehingga pengunjung merasa nyaman & dapat dengan mudah memahami setiap proses mulai dari awal hingga tahap akhir bagaimana orang jaman dulu menciptakan garam.

Ada kolam yg dipakai sebagai tempat menghasilakan garam tampak dijaga dengan sangat baik, bebatuan yg dipakai untuk memisah & mengurutkan, serta garam kuno. Dan Museo do Mar juga memiliki blok garam yg berasal dari fasilitas produksi.

Dalam pameran sementara terkait dengan aktivitas bangsa Romawi di dalam & sekitar Vigo, pihak museum memjang sebuah amphora & rekonstruksi amphora berisi ikan yg diawetkan dengan garam.​

Quote:
Simbol Kemewahan di Jaman Romawi Kuno, Harga Bumbu Dapur Ini Setara Dengan Emas!

amphora​



Sejarah perdagangan dunia, makanan, & banyak aspek dalam kehidupan akan berbeda tanpa garam. Meski mengonsumsi terlalu banya garam tak baik untuk kesehatan, namun sejarah Eropa akan berbeda tanpa adanya fasilitas pembuat garam & kemewahan para pemiliknya.

Dalam museum juga dipamerkan bagaimana aktifitas bangsa Romawi bertani garam pada masa, dengan memajang rekontruksi pengawetan ikan di dalam amphora & alat-alat lain yg dipakai untuk menghasilkan garam.​

Quote:
Tapi perlu agan sista ingat, bahwa mengkonsumsi garam berlebih, bukan kebiasaan yg sehat ya gansis, banyak penyakit yg dapat disebabkan akibat mengkonsumsi garam terlalu banyak, misalnya,

1. Demensia
Berkurangnya fungsi otak, seperti berbicara, daya ingat, & tingkah laku. Hal itu dikarenakan tersumbatnya aliran darah ke otak.

2. Kanker Perut
Mengkonsumsi banyak garam, dapat menggerus dinding dari lambung & menciptakan jaringan pada lambung tidak dapat berfungsi dengan normal.

3. Tekanan Darah Tinggi
Penyakit yg ini pasti sudah banyak yg tahu ya Gansis, penyakit hipertensi yg dapat memicu kerusakan pada jantung juga, & untuk usia tua, tekanan darah tinggi termasuk penyakit yg fatal, karena kalau hingga jatuh, maka dapat mengakibatkan stroke

4. Disfungsi Ginjal
Garam diperlukan ginjal untuk menyeimbangkan dengan kadar air yg ada di dalam tubuh, kalau garam terlalu berlebihan maka air yg semestinya dibuang melalui urin jadi tertahan & lambat laun akan mengkristal. Dan gejala disfungsi ginjal ini pembengkakan pada pergelangan tangan & kaki.

5. Indra Pengecap Tidak Normal
Jika seseorang terlalu banyak mengkonsumsi garam, atau dalam istilah kita adalah "pengasin" maka indra pengecap akan memindai rasa untuk terus ditambahkan, hingga akhirnya garam dalam tubuh melebihi yg semestinya.

Simbol Kemewahan di Jaman Romawi Kuno, Harga Bumbu Dapur Ini Setara Dengan Emas!

sumber​



Dan di masa sekarang, apa kabar dengan petani garam yg terus berjuang demi mensejahterakan diri? Di saat jaman semakin maju & teknologi semakin canggih kegunaan garam sebagai pengawet makanan perlahan mulai ditinggalkan, kecuali untuk ikan yg sengaja diasinkan & pembuatan telur asin.

Saat ini garam mungkin tak "seberharga" dulu, tetapi hingga kapanpun kita tetap perlu kehadiran garam dalam hidup kita.

Sekian dari ane, mudah-mudahan bermanfaat, hingga jumpa di thread selanjutnya
Simbol Kemewahan di Jaman Romawi Kuno, Harga Bumbu Dapur Ini Setara Dengan Emas!



sumber

Ulasan Pribadi

Referensi: #1, #2, #3, #4​

Hari ini 07:48
 

Our Partner

Top