Shannon Number Mungkin Dapat Menjadi Kunci Memahami Polemik Dewa Kipas Vs Gotham Chess

gamebocor

Administrator
Staff member
Shannon Number Mungkin Bisa Menjadi Kunci Memahami Polemik Dewa Kipas Vs Gotham Chess

Gbr diambil dr IDNTimes.com​

Masih marah karena chess.com mengatakan dewa kipas bermain curang saat melawan Gotham Chess?

Sebelumnya TS akan mengawali dengan pandangan TS mengenai polemik ini :

Quote:
Selesaikan dengan permainan di dunia nyata.


Menurut TS itu adalah penyelesaian yg paling bijaksana. Harapan TS, kedua belah pihak, baik si Gotham Chess maupun Dewa Kipas, jangan mencari-cari alasan.

Kalau memang harap masalah ini jadi terang, lakukan rematch, entah di dunia nyata, atau dapat juga lewat online, tetapi dengan disaksikan pihak-pihak yg dapat dipercaya.

Tentu saja, pihak yg curang harus siap-siap dipermalukan.

-------------

Dalam trit ini TS akan menjelaskan apa itu Shannon Number, & mengapa informasi ini, kalau dipahami, dapat menciptakan netizen Indonesia bersikap lebih bijak dalam menanggapi polemik Dewa Kipas & chess.com.

Seberapa rumit sih permainan catur itu?

Inilah sebuah pertanyaan yg muncul di benak Claude Elwood Shannon, seorang insinyur & matematikawan yg berasal dari Amerika Serikat. Bapak Shannon ini rupanya tertarik dengan catur & ketertarikannya ini menciptakan dia berpikir, seberapa banyak sebenarnya kemungkinan kombinasi posisi yg mungkin terjadi di atas papan catur itu?

Berbekal statistik rata-rata permainan catur, maka dia berusaha menghitung ada berapa kombinasi yg dapat muncul di atas papan catur.

Berdasarkan anggapan bahwa permainan catur rata-rata selesai dalam 40 langkah & 30 opsi langkah yg biasa dilakukan pemain catur, Shannon mulai memasukkan itu ke dalam perhitungan matematis-nya & menemukan bahwa, dalam sebuah permainan catur, ada setidaknya 10^120 kemungkinan kombinasi.

Jadi anda bayangkan, kemungkinan kombinasinya itu bukan ratusan juta (10^8), bukan ratusan trilyun (10^11).

Jauuuh..... kemungkinannya itu 10^120.

Bisa membayangkan 10^120?

Jadi dapatkah agan-agan memahami, mengapa chess.com menganggap ada kecurangan yg dilakukan oleh dewa kipas, ketika keakuratan langkah-langkahnya >90% mendekati langkah-langkah sebuah program catur?

Dewa Kipas memang sempat berkata, bahwa kemiripan langkah-langkahnya itu terjadi karena dia belajar dengan cara menghafalkan langkah-langkah program catur.

Apakah mungkin terjadi? Ya saya manusia biasa, saya tidak berani mengatakan bahwa itu tidak mungkin.

Namun, coba lihat Shannon Number tadi, 10^120, 100000000000000000000..................00000 (jumlah nolnya 120) kombinasi yg mungkin terjadi.

Bisa saja kebetulan yg dimainkan Gotham Chess memang mirip sekali dengan permainan Dewa Kipas waktu melawan komputer. Bisa saja kan? Bisa....

Namun wajarkah kalau chess.com mencurigai ada kecurangan? Menurut saya wajar saja.

Solusinya?

Tanding ulang disaksikan pihak-pihak yg dapat dipercaya.



Sumber referensi :
http://mathematics.chessdom.com/shannon-number Hari ini 17:09
 

Our Partner

Top