Sejarah PO Raya - Terkenal Akan Kenyamanannya, Bus Ini Memakai Kursi Bekas Pesawat

gamebocor

Administrator
Staff member
Nama PO Raya mungkin sudah tidak asing di dengar bagi agan & sista yg berdomisili di daerah Solo, Wonigiri, Semarang & sekitarnya. PO bus ini dari dulu terkenal akan kenyamanannya gan sist, salah satu yg jadi ciri khas PO Raya adalah penggunaan kursi bekas pesawat. Pemilihan kursi bekas pesawat ini tergolong unik, karena mereka jadi satu-satunya PO yg memakai kursi bekas pesawat tersebut. TS sudah siapkan pembahasan sejarah busnya dibawah, selamat membaca.



Bus AKAP dengan Cita Rasa Pesawat Terbang​


Dikutip dari rayafanscommunity.com, PO Raya awalnya didirikan oleh Bapak Witikno yg dibantu oleh Bapak Ranu Wijaya. Sebelum menekuni usaha bus, awalnya usaha ini dimulai dari bisnis truk pada tahun 1959. Kala itu bisnis truk tersebut mengpakai nama Radar.

Kemudian pada tahun 1962 dibeli dua buah truk yg kemudian diberi nama Raya, nama 'Raya' diambil dari tempat pembeliaanya di Jalan Raya Barat Bandung. Memasuki tahun 1967, truk tersebut lantas dijual untuk dibelikan 1 unit bus bermerek Dodge dari PO Suka Mulya. Dari sini dimulainya perpindahan dari bisnis truk ke layanan jasa angkutan umum.

Tahun 1968 PO Suka Mulya dibeli sahamnya oleh Bapak Witikno & kemudian berubah nama jadi PO. Raya, awalnya PO Raya cuma melayani trayek lokal Semarang-Solo. Baru pada tahun 1982 PO Raya memulai layanan bus malam dengan trayek Solo-Jakarta PP. Usaha jasa transportasi ini berkembang dengan pesat, pada tahun 1988 PO. Raya kemudian membeli bus PO Sedya Utama dari Wonogiri untuk mengisi trayek Solo-Jogja.


Sejarah PO Raya - Terkenal Akan Kenyamanannya, Bus Ini Memakai Kursi Bekas Pesawat


Ilustrasi: kompas.com​



Di awal pembukaan layanan bus malam, PO Raya mengandalkan empat unit bus yg mengpakai chasis Mercedes Benz OF 1113. Keempat unit bus ini terdiri dari 2 unit non-AC & 2 unit AC berkelas VIP dengan 28 seat. Hingga sekarang bus VIP dengan 28 seat masih tetap dipertahankan untuk bus-bus barunya.

Setelah sepeninggal Bapak Witikno pada tahun 2000, perusahaan kemudian dipegang oleh Bapak Ranu Wijaya bersama Bapak Nata Laksana (Putra Almarhum Bapak Witikno). Pada tahun 2004, Bapak Ranu Wijaya memilih mengundurkan diri & menyerahkan perusahaan sepenuhnya kepada Bapak Nata Laksana.

Dibawah kepemimpinan Bapak Nata Laksana ini, PO Raya kemudian mulai membuka layanan bus pariwisata pada tahun 2006. Kemudian pada tahun 2012, layanan PO Raya Indah untuk jurusan Solo-Semarang PP diambil alih oleh PO Raya sepenuhnya. Pada rentang tahun 1968-1973 garasi PO Raya berada di Tlipakan,Jagalan, Solo. Kemudian garasinya dipindahkan ke Jl. Brigjend Sudiarto (Gading Kidul No.45) Solo, pada tahun 2010 garasinya dipindahkan lagi, kali ini ke Jl. Raya Bulakrejo no.4 Sukoharjo.



Sejarah PO Raya - Terkenal Akan Kenyamanannya, Bus Ini Memakai Kursi Bekas Pesawat


Ilustrasi: ayonaikbis.com​



Bicara soal chasis bus gan sist, rata-rata hampir semua armada Raya memakai produk Mercedes Benz mulai dari OF 1113, OH 1521 hingga 1526 NG. Untuk armada bus malam rata-rata memakai bus Mercedes Benz, sementara untuk trayek jarak dekat & pariwisata memakai produk Hino.

Untuk urusan body, bus yg punya warna merah putih ini mempercayakan kepada karoseri Laksana dari Ungaran. Bisa dibilang dari dulu PO Raya cuma loyal memakai body bus buatan Laksana, kalau di Sumatera ada PO ANS yg loyal memakai body bus buatan Morodadi Prima, maka di Pulau Jawa ada PO Raya yg loyal memakai body biayan Laksana.

Seperti yg TS sempat tulis di awal gan sist, bus ini tetap mengpakai kursi bekas pesawat terbang pada seluruh armada bus malamnya. Bagi agan & sista yg mungkin sering naik bus malam PO Raya pasti sudah tidak asing dengan kursi penumpangnya, bus ini memlih kursi bekas pesawat. Penggunaan kursi bekas pesawat dimulai pada tahun 1986. Waktu itu bangku yg dipakai adalah bangku dari business class Garuda DC-10.

Karena memakai kursi bekas pesawat, maka sudah pasti dijamin tebal & empuk, serta selama perjalanan agan & sista dapat tidur nyenyak. Pemilihan kursi bekas pesawat ini juga ditunjang dengan pemakaian chasis Mercedes Benz yg terkenal akan kenyamanannya. Saking nyamannya gan sist bus ini pun mendapat julukan kasur berjalan.


Sejarah PO Raya - Terkenal Akan Kenyamanannya, Bus Ini Memakai Kursi Bekas Pesawat


Bus perdana yg memakai bangku bekas pesawat, memakai Mercedes Benz OH 1113.


Sejarah PO Raya - Terkenal Akan Kenyamanannya, Bus Ini Memakai Kursi Bekas Pesawat


Lega banget ruang kakinya
emoticon-Big Grin



Sejarah PO Raya - Terkenal Akan Kenyamanannya, Bus Ini Memakai Kursi Bekas Pesawat


Tebal & empuk
emoticon-Big Grin


Ik'lustrasi: imotorium.com


Sejarah PO Raya - Terkenal Akan Kenyamanannya, Bus Ini Memakai Kursi Bekas Pesawat


Bukti bahwa kursinya adalah kursi bekas pesawat
emoticon-Big Grin


Ilustrasi: papimadh.blogspot.com​



Untuk urusan laju bus termasuk standard gan sist, sama seperti Harapan Jaya di Jawa Timur. Manajemen PO Raya membatasi laju armadanya supaya penumpang merasa nyaman. Penumpng loyal PO Raya justru tidak suka kalau bus yg dinaikinya dipacu terlalu cepat. Bagi mereka kenyamanan yg ditawarkan PO Raya sudah cukup bagus, yg terpenting dapat hingga tujuan dengan selamat.

Dikutip dari haltebus.com (23/08/2011) pihak manajemen juga memberikam aturan yg ketat dalam hal melayani pelanggan. Jika ada kru yg menaikkan penumpang di jalan atau di luar agen langsung dipecat. Akan tetapi kesejahteraan kru juga diperhatikan oleh manajemen. Jika ada yg sakit, biaya perawatannya ditanggung kantor.

Selain nyaman & aman, PO Raya juga tidak terlalu banyak 'gimmick' pada armada busnya. Jika bus saat ini rata-rata memakai strobo, stiker hingga boneka yg memenuhi dashboard, maka PO Raya tidak demikian. Armada PO Raya tetap tampil polos tanpa aksesoris lebay pada busnya, inilah salah satu hal yg ane suka dari PO Raya.

Untuk perawatan armada bus & bodynya mereka termasuk jempolan gan sist, meski punya banyak memiliki armada yg berusia tua, namun performa mesinnya tetap terjaga. Nilai plusnya kebanyakan body bus milik Raya termasuk awet & bagus. Untuk trayek yg dilayani saat ini adalah dari Jabodetabek hingga ke Semarang, Solo, hingga Wonogiri. Untuk trayek lokalnya adalah Semarang-Solo serta Solo-Jogja (PO Sedya Utama).


Sejarah PO Raya - Terkenal Akan Kenyamanannya, Bus Ini Memakai Kursi Bekas Pesawat


Mercedes Benz OH 1521 berbody Nucleus buatan Laksana.


Sejarah PO Raya - Terkenal Akan Kenyamanannya, Bus Ini Memakai Kursi Bekas Pesawat


Panorama DX buatan Laksana.


Sejarah PO Raya - Terkenal Akan Kenyamanannya, Bus Ini Memakai Kursi Bekas Pesawat


Panorama 3 buatan Laksana.

Ilustrasi: papimadh.blogspot.com


Sejarah PO Raya - Terkenal Akan Kenyamanannya, Bus Ini Memakai Kursi Bekas Pesawat


Hino AK8 berbaju Discovery buatan Laksana.

Ilustrasi: Google Image


Sejarah PO Raya - Terkenal Akan Kenyamanannya, Bus Ini Memakai Kursi Bekas Pesawat


Body Legacy Sky buatan Laksana.

Ilustrasi: nationalbuscommunity.org


Sejarah PO Raya - Terkenal Akan Kenyamanannya, Bus Ini Memakai Kursi Bekas Pesawat


Mercedes Benz OH 1626 berbaju Legacy SR2 HD Prime buatan Laksana.

Ilustrasi: bus-truck.id


Sejarah PO Raya - Terkenal Akan Kenyamanannya, Bus Ini Memakai Kursi Bekas Pesawat


Masih satu grup dengan PO Raya mengisi jalur Solo-Jogja.

Ilustrasi: Halby Mahendra​



Untuk bus malamnya PO Raya memiliki 5 kelas yg terdiri dari Super Top 18 seat, Executive 24 seat, Executive 24 seat, Executive 28 seat, Junior Executive 32 seat serta Non AC 32 seat. Dengan terus memberi pelayanan maksimal serta armada yg terawat PO Raya sukses menjaga eksistensinya selama puluhan tahun.

Seharusnya seperti inilah pelayanan bus malam yg sebenarnya, bukan cuma dengan mengutamakan laju namun yg terpenting adalah keselamatan. Tanpa harus kebut-kebutan di jalan tol PO Raya hingga saat ini tetap dipercaya oleh para langganan loyal serta masyarakat.

Demikian sedikit ulasn bus malam asal Jawa Tengah yg terkenal akan kenyamanannya. Jika agan & sista harap merasakan sensasi naik pesawat, mungkin PO Raya dapat jadi pilihan. Bagi agan & sista yg mungkin punya cerita dengan PO Raya silakan nanti berkomentar dibawah ya, hingga jumpa lagi, keep ngaskus
emoticon-Angkat Beer




Referensi: 1.2.3.4
Ilustrasi Gambar: google image & berbagai sumber Hari ini 09:33
 

Our Partner

Top