Sejarah PO Bejeu - Mengenal Si Hitam Asal Kota Jepara

gamebocor

Administrator
Staff member
Jika kita berbicara soal Jepara pasti yg terlintas di benak kita adalah sosok R.A Kartini, sosoknya memang sangat melekat dengan kota yg juga dijuluki sebagai Kota Ukir ini. Namun, pada kesempatan kali ini TS tidak akan membahas Kartini atau seni ukir dari Jepara. Dari segmen transportasi bus, TS akan membahas sejarah singkat dari bus yg bernama Bejeu. Apakah agan & sista pernah mendengarnya ? Ane sudah siapkan dibawah pembahasannya, selamat membaca.



Hitam Tak Selalu Berarti Kelam​


Bejeu mudah dikenali dengan warna hitam yg mereka pakai pada armada busnya, kalau biasanya bus AKAP memakai warna yg cerah, maka Bejeu lebih memilih warna hitam. Warna hitam tak selamanya kelam, bagi Bejeu warna hitam justru mendatangkan keberkahan.

Bus ini berasal dari Kota Jepara gan sist, ada yg domisili Jepara ? Pasti yg tinggal disana sudah tidak asing dengan sosok bus ini. Bus AKAP yg melayani rute dari Jepara hingga Jabodetabek ini dapat dibilang masih berumur muda gan sist, tepatnya PO ini berdiri pada tahun 2002.

Jika PO Eka Mira yg pernah TS bahas sebelumnya bermula dari toko kain, maka PO Bejeu bermula dari bisnis usaha kayu jati gan sist. Nama Bejeu merupakan sebuah singkatan dari Bongkotan Jati Utama, kalau disingkat jadi BJU. Namun, penulisan pada body busnya adalah 'Bejeu'.


Sejarah PO Bejeu - Mengenal Si Hitam Asal Kota Jepara


Ilustrasi: IG @2tr_fe​



Bisnis transportasi ini dirintis oleh Bapak Muhammad Rofiudin yg merupakan putra ketiga dari Bapak Tosin Rosyad. Pak Rofiudin awalnya merupakan pengusaha kayu jati berinisiatif membangun sebuah usaha keluarga, beliau lantas mengajak kakak & adik-adiknya bersama membangun bisnis transportasi.

Awal mula ide membuka bisnis bus ini berawal saat Bapak Rofi'udin mendapat tugas dari lingkungan tempat tinggalnya untuk menyewa bus guna keperluan berwisata. Pengalaman mencari sewa bus wisata tersebut ternyata cukup membekas dipikiran beliau waktu itu, beliau baru tahu bahwa untuk menyewa bus pariwisata ternyata cukup mahal. Lalu dia mulai berhitung mengenai biaya sewa bus wisata tersebut, yg ternyata dapat mendatangkan untung.

Dengan mengajak saudara-saudarnya yg terdiri dari 11 bersaudara, beliau kemudian membeli 3 unit bus yg mereka dapat dari sebuah pelelangan Bus Pariwisata di Jakarta. Kelir hitam dipilih untuk armada bus mereka pada waktu itu untuk menarik perhatian konsumen, kelir hitam pada armada bus mereka ini pun jadi bukti diri Bejeu hingga sekarang.


Sejarah PO Bejeu - Mengenal Si Hitam Asal Kota Jepara


Ilustrasi: haltebus.com​



Pada awalnya Bejeu cuma bermain di sektor pariwisata, baru pada tahun 2007 PO asal Kota Ukir ini mulai melebarkan sayapnya di segmen bus AKAP dengan membuka trayek hingga Jakarta. Bisnis bus tersebut hampir melibatkan seluruh anggota keluarga akbar Bapak Tosin Rosyad. Agar manajemen berjalan dengan baik & lancar, maka dibagi-bagilah tugas antar 11 bersaudara tersebut.

Bapak Rofiudin sebagai pemimpin dibantu kedua adiknya yakni BapakM. Hanif Mukorrobin & Bapak Nur Fazin. Sementara Bapak Yusuf Helmi bertugas di bagian pengadaan armada bus, sedangkan BapakAminudin Azis dibantu Bapak Yusuf Masdar & Muchamad Iqbal mengatur operasional serta service dari bus yg mereka pakai. Putra bungsu dari Bapak Tosin Rosyad yg bernama Bapak Rifki bertugas sebagai humas.

Sementara istri Bapak Rofi'udin yg bernama Ibu Ani Mastikha bertugas menyiapkan makanan ringan untuk penumpang. Beliau mengemas roti & air mineral untuk kebutuhan armada bus yg sehari-hari melayani trayek Jepara-Jakarta. Hanya seorang adik perempuan Bapak Rofiudin yg bernama Elfia Farida yg tidak terlibat langsung dalam bisnis tersebut, beliau kini tinggal di Semarang. Tetapi, suaminya yg berprofesi sebagai pengacara sering siap mendukung PO Bejeu untuk masalah-masalah yg terkait hukum.


Sejarah PO Bejeu - Mengenal Si Hitam Asal Kota Jepara


Ilustrasi: haltebus.com​



Pada perkembangannya bisnis bus ini berkembang dengan pesat gan sist, hingga saat ini sudah mencapai ratusan bus yg dimiliki keluarga akbar asal Jepara ini. Selain bisnis bus, para saudara Bapak Rofi'udin juga punya usaha masing-masing. Contohnya, Bapak Rofiudin masih menjalankan bisnis kayu jati & Bapak Nur Jalal membuka biro perjalanan umroh.

Karena identik dengan warna hitam, pada kaca bus ini pun ditempeli stiker Black Bus Community, istilah 'Black Bus Community' pun banyak dipakai para penumpang loyal untuk menyebut PO asal Jepara ini.

Salah satu ciri khas dari bus ini gan sist adalah penggunaan pintu tengah, sesuatu hal yg jarang dipakai bus reguler tujuan Jakarta. Selain itu nilai plus Bejeu adalah armadanya yg sering rajin dilakukan pergantian rutin serta interior yg bersih.


Sejarah PO Bejeu - Mengenal Si Hitam Asal Kota Jepara



Sejarah PO Bejeu - Mengenal Si Hitam Asal Kota Jepara


Dilengkapi sekat kaca yg memisahkan sopir & penumpang.


Sejarah PO Bejeu - Mengenal Si Hitam Asal Kota Jepara


Mau teh atau kopi ? Ada wifinya juga lo
emoticon-Big Grin


Ilustrasi: imotorium.com​



Soal armada bus Bejeu memakai berbagai merek bus ternama seperti Hino, Golden Dragon, Mercedes Benz, Scania hingga yg terbaru adalah Volvo. Kebanyakan saat ini mereka memakai armada Mercedes Benz, Scania & Volvo. Daerah Muria Raya memang diketahui dengan bus mewahnya gan sist, selain Bejeu ada nama Nusantara yg identik dengan chasis bus premium.

Karena berasal dari Jawa Tengah, maka body bus mereka banyak memakai body buatan karoseri Laksana di Ungaran. Selain Laksana, mereka juga memakai karoseri Adiputro & Tentrem. Tiga karoseri tersebut saat ini jadi opsi utama untuk body bus Bejeu. Selain Jabodetabek, trayek Bejeu saat ini juga sudah menembus Pulau Bali dengan trayek Jepara-Denpasar. Saat ini PP Bejeu berkantor pusat di Jl. RM. Sosro Diningrat No. 09 Ngabul Tahunan Jepara




Sejarah PO Bejeu - Mengenal Si Hitam Asal Kota Jepara


Bejeu dengan chasis Golden Dragon berbaju Scorpion King buatan Tentrem.

Ilustrasi: Nova Ardianto


Sejarah PO Bejeu - Mengenal Si Hitam Asal Kota Jepara


Hino RK8 masih berbaju Scorpion King.

Ilustrasi: Ikko Haidar/Flickr


Sejarah PO Bejeu - Mengenal Si Hitam Asal Kota Jepara


Mercedes Benz 1626 berbaju SR2 buatan Laksana.

Foto: Dokumentasi PO Bejeu


Sejarah PO Bejeu - Mengenal Si Hitam Asal Kota Jepara


Scania K360iB memakai body Jetbus buatan Adiputro.

Ilustrasi: Bejeu Group/Facebook


Sejarah PO Bejeu - Mengenal Si Hitam Asal Kota Jepara


Scania K410iB berbaju SR2 buatan Laksana.

Ilustrasi: bus-truck.id


Sejarah PO Bejeu - Mengenal Si Hitam Asal Kota Jepara


Volvo B11R berbaju Avante H9 buatan Tentrem.

Ilustrasi: kartininews.com​



Kekompakan anggota keluarga ini patut diapresiasi, pasalnya tidak banyak PO yg memiliki pembagian manajemen kerja seperti PO Bejeu. Berkat kekompakan para anggota keluarga pula lah yg menciptakan Bejeu terus berkembang pesat hingga sejauh ini, untuk PO bus yg berusia muda mereka dapat dibilang cukup sukses. Kesuksesan tersebut dapat kita lihat dari berbagai tipe armada bus asal Eropa yg termasuk kelas premium seperti Scania hingga Volvo yg sudah dimiliki. Selain bus reguler, Bejeu juga masih aktif melayani jasa bus pariwisata & travel.

Salah satu hal yg dapat kita tiru dari PO Bejeu adalah kekompakan & kerukunan antar anggota keluarganya, dengan hidup rukun dengan anggota keluarga ternyata dapat jadi ladang rezeki yg luas. Karena harta yg berharga adalah keluarga.


Sejarah PO Bejeu - Mengenal Si Hitam Asal Kota Jepara


Sumber Ilustrasi Foto



-------​



Demikian sedikit kisah inspiratif dari dunia transportasi, khususnya jasa transportasi bus. Semoga pembahasan kali ini dapat menambah wawasan baru buat kita semua, buat yg punya pengalaman sama PO Bejeu dapat ikut berkomentar nanri dibawah. Terimakasih sudah membaca tulisan ini dari awal hingga akhir. Sampai jumpa lagi, keep ngaskus
emoticon-Angkat Beer



Referensi: 1.2.3
Ilustrasi Gambar: imotorium.com, google image Hari ini 20:49
 

Our Partner

Top