Populer Sebagai Peribahasa, Inilah Ujud Asli Buah Simalakama Beserta Manfaatnya!

gamebocor

Administrator
Staff member


Populer Sebagai Peribahasa, Inilah Ujud Asli Buah Simalakama Beserta Manfaatnya!


Hai, Gansist! Apa kabarnya, nih! Pastinya baik-baik saja kan, ya? Ketemu lagi dengan thread saya semoga dapat jadi pengobat rindu.

Baiklah kali ini saya akan membahas tentang buah-buahan. Buah yg kembar, buah apa, hayo? Buah nangka dengan buah cempedak! Sip!

Gansist, pasti pernah dengar dong peribahasa yg berbunyi, "bagai makan buah simalakama". Peribahasa dimana kita dihadapkan pada dua opsi yg serba sulit untuk dipilih. Lebih jelasnya begini, bila kita memilih A, si ibu akan celaka, kalau memilih B, gantian si ayah yg bakal kena celaka. Bikin bingung, kan!

Dari peribahasa di atas kemudian saya penasaran, memang benar adakah yg namanya buah simalakama itu. Usut punya usut, ternyata ada lho Gansist buah aslinya.

Populer Sebagai Peribahasa, Inilah Ujud Asli Buah Simalakama Beserta Manfaatnya!


Buah simalakama orang-orang biasanya menyebutnya buah mahkota dewa, kalau di tempat aku. Mungkin di daerah Gansist beda dalam menamainya.

Nah, berikut nama-nama lain dari buah simalakama untuk daerah-daerah lain. Mungkin daerah Gansist, ada.

Quote:
Makuto Rojo

Makuto Ratu

Obat Dewa

Pau (Obat Pusaka)

Crown of God (Inggris)

Boh Anggota Dewan (Aceh)

Simalakama (Bahasa Malayu)

sumber


Pohon mahkota dewa/ simalakama ini, pohonnya perdu berbatang keras, daunnya kecil-kecil bulat lonjong, buahnya bulat sebesar bola ping-pong, warna buahnya hijau tetapi setelah matang berwarna kemerahan.

Meskipun buah yg sudah matang berwarna merah tetapi kalau dimakan rasanya pahit. Daging buah mahkota dewa/ simalakama berwarna putih berserat seperti sabut kelapa, di dalamnya ada biji.

Populer Sebagai Peribahasa, Inilah Ujud Asli Buah Simalakama Beserta Manfaatnya!


Rasa buah simalakama adalah pahit. Rasa pahit dalam buah simalakama ini dapat jadi racun juga dapat jadi obat bila pintar dalam mengolahnya. Maka dari itulah, kolerasi dari nama buah simalakama tersebut dijadikan peribahasa 'bagai makan buah simalakama'.

Buah simalakama ini terkenal sebagai obat. Karena di dalam buah simalakama ini banyak terkandung yg zat aktif. Sehingga dipercaya cukup ampuh sebagai obat herbal. Adapun zat aktif yg terkandung dalam sebiji buah simalakama adalah sebagai berikut;
Quote:

Alkaloid

Alkaloid bersifat detoksifikasi yg dapat menetralisir racun di dalam tubuh
Saponin, yg bermanfaat sebagai:
sumber anti bakteri & anti virus
meningkatkan sistem kekebalan tubuh
meningkatkan vitalitas
mengurangi kadar gula dalam darah
mengurangi penggumpalan darah

Flavonoid

Flavonoid melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh & mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah
mengurangi kandungan kolesterol serta mengurangi penumbunan lemak pada dinding pembuluh darah
mengurangi kadar risiko penyakit jantung koroner
mengandung antiinflamasi (antiradang)
berfungsi sebagai anti-oksidan
membantu mengurangi rasa sakit kalau terjadi pendarahan atau pembengkakan

Polifenol

Polifenol berfungsi sebagai anti histamin (antialergi)


sumber


Banyak banget kan, Gansist, kandungan zat aktif dari pada buah simalakama ini. Dengan adanya zat aktif di dalam buah simalakama/buah mahkota dewa tersebut, banyak yg mempercayai & dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Namanya juga obat herbal, tentunya keefektifannya belum pasti & dibutuhkan beberapa uji penelitian & klinis dari para ahli.

Populer Sebagai Peribahasa, Inilah Ujud Asli Buah Simalakama Beserta Manfaatnya!


Berikut ini beberapa manfaat dari buah simalakama ini, yg dipercaya sanggup menyembuhkan & meringankan berbagai penyakit. Contohnya seperti yg saya kutip di bawah ini.

Quote:
1. Menurunkan tekanan darah

Universitas Sam Ratulangi Manado pernah mengerjakan studi terkait pengaruh buah mahkota dewa kepada penurunan tekanan darah. Dalam hasil studi tersebut menyebutkan bahwa buah yg oleh masyarakat Jawa disebut makutadewa ini mengandung flavonoid. Senyawa tersebut dapat menolong menormalkan kembali tekanan darah.

2. Mengurangi risiko kanker

Menurut hasil penelitian dalam jurnal Pharmacognosy Review tahun 2013 mengungkapkan, pada uji in-vitro ekstrak buah mahkota dewa sudah menunjukkan aktivitas yg mapan terkait efek antikanker.

Sementara, dalam penelitian kolaborasi yg dilakukan Fakultas Pendidikan & Pertanian Universitas Bengkulu, serta Institut Bioteknologi Kelautan, Universitas Malaysia Terengganu juga menambahkan, daun mahkota dewa berpotensi sebagai obat herbal murah untuk melawan kanker payudara.
Namun, kedua peneliti dalam studi tersebut mengaku masih membutuhkan eksperimen lebih lanjut untuk semakin meyakinkan hasil data mereka.

3. Menurunkan gula darah

Sebuah hasil uji laboratorium mengungkapkan, mengonsumsi ekstrak buah mahkota dewa selama sebulan dapat menolong menurunkan gula darah. Studi ini dilakukan pada 14 responden, yg mana satu di antaranya mengalami penurunan gula darah usai mengonsumsi ekstrak buah tersebut.

4. Obat anti peradangan

Ekstrak buah mahkota dewa juga disebut sebagai obat dismenore primer, nyeri perut bawah yg biasa terjadi saat menstruasi. Ini karena, buah mahkota dewa terbukti mengandung sejumlah antioksidan yg memiliki efek sebagai anti-inflamasi atau peradangan.

5. Penangkal radikal bebas

Tubuh dapat menyerap radikal bebas dari mana saja, untuk itu penting bagi kita sering makan buah & sayur yg kaya antioksidan. Efek ini juga terkandung dalam buah mahkota dewa yg dalam banyak penelitian terbukti mengandung sejumlah antioksidan; seperti alkaloid, flavonoid, polifenol, saponin, tanin, & terpenoid.

sumber
.

Nah, itu tadi Gansist pembahasan saya tentang buah simalakama yg biasa disebut buah mahkota dewa. Ternyata banyak manfaat yg terkandung di dalam buah simalakama ini.

Memang bila kita bersahabat baik dengan alam, semua yg kita butuhkan akan disediakan oleh alam. Namun terkadang kita yg abai dengan alam, malah terkadang merusaknya dengan membuang sampah secara sembarang.

Semua kebutuhan kita dapat dicukupi oleh alam bila kita tahu bagaimana caranya memanfaatkan alam dengan baik & benar. Menjaga & melestarikan alam adalah salah satu terbaik supaya hidup kita ke depannya juga lebih baik.

Sekian thread dari aku, semoga bermanfaat & menginspirasi. Terima kasih atas atensinya.

Referensi: 1 2 3
Gambar: google images
Hari ini 06:27
 

Our Partner

Top