PO Sinar Jaya, Sinar Berwarna Yang Kini Berjaya

gamebocor

Administrator
Staff member
Halo Agan & Sista! Selamat pagi, siang, sore & malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar PO Sinar Jaya, yg berjaya saat ini di kalangan busmania & masyarakat.

PO Sinar Jaya, Sinar Berwarna Yang Kini Berjaya

sumber gambar​

Melihat bus dengan garis warna-warni di bagian samping & belakangnya, menciptakan ane teringat dengan Sinar Jaya. Yup, itulah ciri khas dari bus-bus Sinar Jaya, selain nyaman & memiliki tarif yg terjangkau.

Sinar Jaya terkenal dengan kesetiaannya dengan Hino. Memang, ada beberapa bus milik PO Sinar Jaya yg mengpakai produk Mercedes-Benz contohnya bus tingkat diatas, tentu karena Hino belum menjual produk sasis tronton di Indonesia. Tapi, kebanyakan bus-bus milik Sinar Jaya, dari dulu hingga sekarang memakai sasis dari pabrikan asal Jepang satu ini.

PO satu ini juga terkenal akan armadanya yg kebanyakan mengpakai produk dari karoseri Laksana. Mulai Discovery, SR2 HD Prime, SR1 Facelift, & lain-lain. Sinar Jaya juga kadang mengpakai produk dari karoseri Adiputro & lain-lain, tetapi kebanyakan bus dari Sinar Jaya mengpakai produk karoseri Laksana.

PO Sinar Jaya, Sinar Berwarna Yang Kini Berjaya

sumber gambar​

Sinar Jaya bermula pada 19 November tahun 1982, ketika Bapak Herman Rusli & Bapak Rasyidin Karyana yg awalnya memiliki bengkel & workshop di kawasan Bekasi, mencoba mendirikan PO bus yg beliau namai "Sinar Jaya".

"Sinjay" atau singkatan dari Sinar Jaya berawal dari bus medium yg melayani trayek AKDP Bekasi-Jonggol. Trayek itu mungkin cukup sukses & diminati pelanggan, sehingga Sinar Jaya menambah trayek & armada.

PO asal Bekasi ini menambah beberapa armada, dengan sasis Hino AK, & body "double glass" dengan moncong kapsul yg memang sedang ngetren pada saat itu. Trayek yg ditambah oleh Sinar Jaya merupakan trayek tujuan Jawa Tengah.

PO Sinar Jaya, Sinar Berwarna Yang Kini Berjaya

sumber gambar​

Trayek tersebut kembali diminati pelanggan, sebab Sinar Jaya mengikuti tren waktu itu, yaitu tren bus dengan body kapsul, yg sangat ngetren waktu itu. Sinar Jaya mengpakai livery berupa garis kuning & warna yg dominan putih. Tetapi, Sinar Jaya belum mengpakai livery garis berwarna-warni Gansis.

Barulah pada pertengahan tahun 90an, Sinar Jaya mulai mengpakai livery garis berwarna-warni yg masih "legend" hingga saat ini. Livery awalnya dominan silver, dengan tulisan "Sinar Jaya" yg berwarna biru.

Pada pertengahan tahun 90an juga, Sinar Jaya membuka kantor cabang Sinar Jaya di Brebes, Jawa Tengah. Kantor cabang ini juga dilengkapi dengan SPBU, jadi bus-bus milik Sinar Jaya dapat mengisi solar di kantor cabang ini.

PO Sinar Jaya, Sinar Berwarna Yang Kini Berjaya

sumber gambar​

Dengan mempertahankan livery khasnya, pelayanan yg baik & harga tiket yg terjangkau, Sinar Jaya terus berkembang. Hingga kini, Sinar Jaya sudah memiliki beberapa anak perusahaan, & total bus yg mencapai lebih dari 1000 unit bus.

Sinar Jaya dulu terkenal akan kecepatannya. Tapi, dengan sistem penjatahan BBM yg kini adalah "solar jatah" bukan "solar cor" lagi, Sinar Jaya kini terkenal dengan busnya yg kebanyakan melaju lambat untuk mengirit bahan bakar.

Bagi Gansis yg mungkin belum tahu, di PO bus kebanyakan mengpakai salah satu dari 2 sistem penjatahan BBM, mulai "solar cor" yg artinya solar dijatah tanpa batasan, hingga "solar jatah" yg dijatah dengan uang sekian. Kalau di solar cor supir dapat menghabiskan BBM hingga berapapun yg dia mau. Sementara, pada sistem "solar jatah", supir akan dijatah untuk uang BBM, misal dijatah 1,5 juta rupiah, kalau supir kelebihan & terlalu boros mengendarai bus, maka kelebihan dari Rp.1,5 juta rupiah itu ditanggung oleh supir. Tapi kalau supir irit & mengendarai bus dengan santai, sisa dari uang jatah BBM dapat diambil oleh supir, jadi seperti "bonus".

PO Sinar Jaya, Sinar Berwarna Yang Kini Berjaya

sumber gambar​

PO asal Bekasi ini juga terkenal akan tarif tiketnya yg rendah tetapi mendapat fasilitas mewah. Misal, harga tiket Wonosobo-Jakarta & sebaliknya cuma dibandrol 135.000 rupiah saja untuk kelas eksekutif, & mendapat bus dengan body terbaru serta kursi & fasilitas khas kelas eksekutif, tanpa servis makan.

Sinar Jaya ini salah satu PO yg sudah memiliki layanan sleeper bus. Dimana, di PO-PO lain layanan kelas sleeper cuma ada di unit double decker & biasanya memanfaatkan tonjolan ban depan. Sleeper bus yg dipakai oleh Sinar Jaya adalah Hino RN 285 dengan body Laksana Suites Class, dengan tarif yg tentu terjangkau untuk sekelas bus dengan fasilitas sleeper class.

Kelas yg ditawarkan oleh PO ini sih dibilang lengkap juga tidak, dibilang sedikit, ane rasa mendekati tetapi tak dapat dibilang sedikit (apa sih istilahnya?). Kelas yg ditawarkan oleh PO Sinar Jaya cuma kelas Ekonomi dengan konfigurasi seat 2-3 yg berkapasitas 59 penumpang, Bisnis AC dengan konfigurasi seat & 2-2 yg berkapasitas sekitar 50 penumpang, Eksekutif dengan konfigurasi seat 2-2 dengan toilet yg berkapasitas sekitar 28 hingga 38 penumpang, & Suites Class dengan konfigurasi kasur tidur 1-1 yg berkapasitas 21 penumpang.

PO Sinar Jaya, Sinar Berwarna Yang Kini Berjaya

sumber gambar​

PO Sinar Jaya kini melayani rute AKDP & AKAP, mulai Lampung-Jakarta, Merak-Jawa Tengah & Timur, Bekasi-Bogor, hingga Jakarta-Surabaya semua ada. Kebanyakan rute dari Sinar Jaya tak mendapat servis makan, jadi penumpang harus membeli makanan sendiri.

Sinar Jaya juga memiliki beberapa anak perusahaan, yaitu DMI yg bergerak di bidang transportasi bus AKAP & AKDP, sama seperti Sinar Jaya, Starbus yg bergerak di bidang penyewaan bus pariwisata, Sinar Shuttle yg bergerak di bidang travel, & Sinar Express yg bergerak di bidang pengiriman paket.

Saking banyaknya armada yg dimiliki, PO Sinar Jaya sering dijuluki "Avanza-Xenia versi Bus AKAP". Tentu alasannya karena sangat mudah untuk menemui bus milik PO Sinar Jaya di jalanan.

PO Sinar Jaya, Sinar Berwarna Yang Kini Berjaya

sumber gambar​

Pengalaman ane pernah menaiki bus Sinar Jaya ini sekali sepulang dari Gunung Sindoro. Ane memesan tiket kelas eksekutif tujuan Wonosobo-Kampung Rambutan, & mendapatkan bus dengan sasis Hino RK8 & body Legacy SR2 Prime buatan Karoseri Laksana. Ane nilai dengan harga tiket yg sangat rendah, tergolong sangat nyaman. Untuk pelayanan juga bagus, supir tak ugal-ugalan.

Jadi, gimana pendapat Gansis seputar Sinar Jaya ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih kalau Gansis mengoreksi informasi di thread ini yg salah!

Sumber:1,2,3
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk menjatuhkan atau mempromosikan siapapun. Thread ini cuma bertujuan untuk mengenalkan lebih jauh seputar Sinar Jaya.
Original Written By:mad:ulungrinjani

emoticon-Rate 5 Star
emoticon-Toast
emoticon-I Love Indonesia
Hari ini 20:30
 

Our Partner

Top