PO RAYA, Perpaduan Kenyamanan Bus Mercedes-Benz Dengan Pesawat McDonnell Douglas

gamebocor

Administrator
Staff member
Halo Agan & Sista! Selamat pagi, siang, sore & malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas PO RAYA, yg memadukan kenyamanan bus Mercedes-Benz dengan pesawat McDonnell Douglas nih Gansis.

PO RAYA, Perpaduan Kenyamanan Bus Mercedes-Benz Dengan Pesawat McDonnell Douglas


sumber gambar​


Di kalangan busmania, hampir semua mengenal PO yg satu ini. Yup, PO RAYA. Mulai dari Ekonomi Non AC hingga Super Eksekutif, semua mengpakai kursi pesawat. Kursi pesawat bekas DC-10 tepatnya.

RAYA bermula ketika Bapak Witikno yg dibantu oleh adiknya, Bapak Ranu Wijaya membuka usaha truk pada tahun 1959 dengan nama "Radar". Tak berpuas diri dengan usaha truknya, 3 tahun kemudian Bapak Witikno membeli 2 buah truk dengan nama "RAYA", diambil dari nama tempat pembelian truk tersebut, yaitu Jalan Raya Barat Bandung.

PO RAYA, Perpaduan Kenyamanan Bus Mercedes-Benz Dengan Pesawat McDonnell Douglas


sumber gambar​


Tahun 1967, truk-truk tersebut dijual. Uang hasil penjualan truk tersebut dipakai untuk membeli 1 unit bus bermerek Dodge, bekas ex PO Suka Mulya di Sukabumi, mencoba untuk memulai bisnis angkutan umum.

Pada tahun 1968, Bapak Witikno mulai memasang tulisan "RAYA" di busnya. RAYA semasa itu cuma membuka layanan bus siang saja, tak membuka layanan bus-bus malam.

PO RAYA, Perpaduan Kenyamanan Bus Mercedes-Benz Dengan Pesawat McDonnell Douglas


sumber gambar​


Barulah pada tahun 1982, PO RAYA membuka layanan bus malam. Jurusan yg dilayani oleh PO RAYA ini adalah Solo-Semarang-Jakarta PP, yg mengandalkan 4 unit bus Mercedes-Benz OF 1113, 2 unit kelas ekonomi & sisanya unit kelas VIP 28 Seat, sebelumnya PO RAYA juga memindahkan garasi ke Jl. Brigjend Sudiarto nomor 45, di Solo, Jawa Tengah.

PO RAYA akhirnya mulai mengpakai kursi ex pesawat DC-10 pada tahun 1986. Entah bagaimana cara RAYA mendapatkan kursi ex pesawat tersebut, tetapi yg jelas PO RAYA mulai mengpakainya pada tahun 1986.

PO RAYA, Perpaduan Kenyamanan Bus Mercedes-Benz Dengan Pesawat McDonnell Douglas


sumber gambar​


Pada tahun 1988, PO RAYA menambah armada baru lagi, ex PO Sedya Utama yg dipakai untuk angkutan AKDP (CMIIW) yaitu Solo-Jogja. PO ini juga pernah membuka layanan trayek bus malam dengan jurusan Solo-Jakarta via Jogjakarta, tetapi sayang tak bertahan lama.

RAYA terus berkembang pesat, meng-update bus, menambah armada, menambah trayek, & perkembangan lainnya. Hingga akhirnya, pada tanggal 10 Maret 2000, kabar duka datang dari salah satu pendiri PO RAYA, Bapak Witikno. Bapak Witikno meninggal dunia pada hari tersebut, & PO RAYA pun diurus oleh adiknya, Bapak Ranu Wijaya & Bapak Nata Laksana.

PO RAYA, Perpaduan Kenyamanan Bus Mercedes-Benz Dengan Pesawat McDonnell Douglas


sumber gambar​


Kabar kembali datang dari manajemen PO RAYA, Bapak Ranu Wijaya mengundurkan diri pada tahun 2005. Dengan pamitnya Bapak Ranu Wijaya dari PO RAYA, otomatis kepemimpinan penuh PO RAYA ada di tangan Bapak Nata Laksana.

Setahun kemudian, dibawah kepemimpinan Bapak Nata Laksana, PO RAYA membuka layanan bus pariwisata. Tentu, dengan tetap memakai ciri khas PO RAYA, yaitu sasis Mercedes-Benz & kursi bekas pesawat Mcdonnell Douglas.

PO RAYA, Perpaduan Kenyamanan Bus Mercedes-Benz Dengan Pesawat McDonnell Douglas


sumber gambar​


Melihat kondisi PO RAYA yg kian membesar & armada yg terus bertambah, Bapak Nata Laksana memindahkan garasi pusat yg sudah ditempati selama 37 tahun dari tahun 1973 ke Jalan Raya Bulakrejo, Sukoharjo.

PO ini juga mengambil alih layanan PO RAYA Indah pada tahun 2012, yg sebelumnya mungkin dipegang oleh pihak lain selain PO RAYA. Trayek yg diambil alih adalah trayek Solo-Semarang PP.

PO RAYA, Perpaduan Kenyamanan Bus Mercedes-Benz Dengan Pesawat McDonnell Douglas


sumber gambar​


PO RAYA terus berkembang & berkembang hingga sekarang. Tapi, PO RAYA ini tetap mempertahankan logo & livery khasnya, serta kursi ex pesawatnya, wah kalau zaman sekarang entah bagaimana mendapatkan kursi ex pesawat DC-10 sebanyak itu.

RAYA yg berasal dari Solo ini juga pengguna loyal karoseri Laksana. PO RAYA tak pernah mengpakai karoseri lain, walau mungkin pada awal-awal berdirinya PO RAYA pernah mengpakai produk karoseri lain. Tapi, produk-produk baru RAYA semua mengpakai karoseri Laksana.

PO RAYA, Perpaduan Kenyamanan Bus Mercedes-Benz Dengan Pesawat McDonnell Douglas


sumber gambar​


PO yg satu ini juga pengguna loyal Mercedes-Benz. Dari dulu, PO RAYA tak pernah mengpakai sasis selain sasis bentukan pabrikan asal Jerman ini, walau memang dulu PO RAYA pernah mengpakai produk Dodge, atau produk Amerika lainnya. Kini, PO RAYA mengoperasikan mulai OH 1113, OH 1518, OH 1521, OH 1525, OH 1526 hingga OH 1626.

Tentu, perpaduan antara kenyamanan dari sasis Mercedes-Benz, body dari karoseri Laksana, & kursi pesawat bekas DC-10 menghasilkan kenyamanan yg sangat "wah". Ane rasa, tak ada produsen kursi bus saat ini yg dapat menyamai kenyamanan kursi ex DC-10 kelas bisnis. Bahkan, RAYA banyak mengoperasikan OH 1521 yg memang terkenal memiliki suspensi "setara airsus" yg memiliki toilet & kursi ex pesawat untuk armada Non AC-nya, maka sudah layak untuk jadi bus tanpa AC ternyaman yg pernah ane dengar. Keuntungan lain yg didapat oleh kursi pesawat ex DC-10 adalah dari segi safety, Gansis semua tahu kan kursi pesawat itu dirancang untuk mengutamakan keselamatan.

PO RAYA, Perpaduan Kenyamanan Bus Mercedes-Benz Dengan Pesawat McDonnell Douglas


sumber gambar​


Tak lupa, RAYA sering mempertahankan livery merah putihnya yg sangat mirip dengan livery Garuda Indonesia pada zaman dahulu. Meski Garuda Indonesia sudah berganti livery jadi dominan biru, RAYA tetap mempertahankan livery merah-putih tersebut & tak mengikuti tren-tren livery bus pada zaman sekarang yg kebanyakan berbentuk ombak berwarna-warni.

PO RAYA ini melayani berbagai kelas, mulai Ekonomi Non AC dengan fasilitas toilet & kursi pesawat, Junior Executive dengan fasilitas yg sama dengan non AC cuma saja dominan memakai sasis terbaru, body terbaru & tentunya memakai AC, Executive 28 dengan legrest & fasilitas lebih lengkap berkapasitas 28 seat, Executive 24 dengan fasilitas yg lebih lengkap lagi, & Super Top dengan kapasitas seat 18 kursi, bedanya di fasilitas yg lebih lengkap lagi & memakai kursi pesawat ex DC-10 kelas bisnis yg tentu lebih nyaman.

PO RAYA, Perpaduan Kenyamanan Bus Mercedes-Benz Dengan Pesawat McDonnell Douglas


sumber gambar​


Trayek yg dilayani oleh PO RAYA juga sangat beragam. Mulai AKDP seperti Semarang-Solo, AKAP seperti Jakarta-Wonosobo hingga Jakarta-Wonogiri. Sayang, PO RAYA belum merambah ke Lampung & wilayah Pulau Sumatera, jadi ane gak dapat deh menikmati perpaduan Mercedes & kursi ex DC-10
emoticon-Frown
. Tapi gapapalah, ntar kalo pulang kampung ke Jakarta (eh pulang kota maksudnya) cobain naik RAYA ini ke Jawa Tengah
emoticon-Big Grin
.

PO RAYA juga masih banyak mengpakai bus berkaca belah, khas bus-bus ekonomi seperti M*ra & Su*ber Group. Mungkin bawaan dari dulunya memang begitu, atau request spesifik dari PO RAYA itu sendiri.

PO RAYA, Perpaduan Kenyamanan Bus Mercedes-Benz Dengan Pesawat McDonnell Douglas


sumber gambar​


Jadi, gimana pendapat Gansis seputar PO RAYA ini? Jangan lupa komeng ya! Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ini yg salah!

Sumber:1,2,3
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Disclaimer: Thread ini tak bermaksud untuk mempromosikan atau menjatuhkan pihak manapun.
Original Written By:mad:ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesia
emoticon-Toast
emoticon-Rate 5 Star

Hari ini 20:18
 

Our Partner

Top