PO Haryanto, PO Dengan Armada Mewah Asal Jawa Tengah

gamebocor

Administrator
Staff member
Halo Agan & Sista! Selamat pagi, siang, sore & malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar PO Haryanto, PO dengan armada mewah asal Jawa Tengah nih Gansis!

PO Haryanto, PO Dengan Armada Mewah Asal Jawa Tengah

sumber gambar​

Siapa yg tak kenal PO yg satu ini? PO Haryanto atau yg sering disingkat "HR" ini sedang viral di media sosial sebab ownernya, Rian Mahendra sering sekali menciptakan vlog, sharing & lain-lain seputar dunia bus di berbagai media sosial.

PO Haryanto juga terkenal dengan armada bus-busnya yg penuh lampu aksesoris & kemewahan serta laju Gansis
emoticon-Big Grin
. Alasan dibalik bus-bus yg penuh lampu aksesoris itu adalah, Rian Mahendra selaku owner PO Haryanto harap merubah image terminal bus yg dulu terkenal kumuh jadi bagus Gansis.

PO asal Kudus ini seluruh armadanya cuma memiliki satu kelas Gansis, yaitu eksekutif berkapasitas 30 seat. Uniknya, seluruh armadanya tak ada yg mengpakai smoking area. Hal ini karena menurut ownernya, smoking area marak jadi tempat pencurian, jadi ownernya tak mau memasang smoking area.

PO Haryanto, PO Dengan Armada Mewah Asal Jawa Tengah

sumber gambar​

"HR" bermula pada tahun 1984, ketika Bapak Haji Haryanto dengan modal awal kurang dari 1 juta rupiah membeli sebuah angkot. Sebagai anggota kesatuan TNI AD, Bapak Haji Haryanto cuma dapat menyupiri angkotnya di sela-sela waktu luangnya.

Semakin lama, jumlah armada angkot yg dimiliki Bapak Haji Haryanto semakin banyak. Hingga pada tahun 1990, Bapak Haji Haryanto membuka usaha showroom angkot di daerah Tangerang.

Tahun 1990 hingga tahun 2000, Bapak Haji Haryanto juga mengembangkan usahanya jadi salah satu perwakilan PO Sumber Urip, di sekitar wilayah Jakarta. Dengan do'a, ikhtiar, usaha & tawakal, Bapak Haji Haryanto semakin berkecukupan hidupnya.

PO Haryanto, PO Dengan Armada Mewah Asal Jawa Tengah

sumber gambar​

Akhirnya, pada tahun 2002, Bapak Haji Haryanto mengundurkan diri dari TNI AD. Bapak Haji Haryanto memberanikan diri untuk membeli 6 unit bus bermesin OH 1521 & berbody Setra yg bernilai 800 juta rupiah per unitnya, semua bermodal pinjaman dari bank.

Bus dengan sasis dari Mercedes-Benz tersebut merupakan bus dengan kelas ekonomi, dengan rute yg pendek yaitu rute Cikarang-Cimone. Bapak Haji Haryanto mendirikan & menjalankan PO Haryanto bersama anak sulungnya, Rian Mahendra.

Melihat okupansi & minat masyarakat yg kurang, akhirnya Bapak Haji Haryanto mengubah 6 unit busnya jadi bus kelas Eksekutif. Bapak Haji Haryanto juga mengubah trayeknya jadi Jakarta-Kudus, Jakarta-Pati & Jakarta-Jepara.

PO Haryanto, PO Dengan Armada Mewah Asal Jawa Tengah

sumber gambar​

Masa-masa ini merupakan masa-masa kesuksesan awal PO Haryanto. PO Haryanto juga menambah kualitas & mendidik kru dari bus-busnya supaya tak ugal-ugalan di jalanan, & tidak diprotes penumpang. Bapak Haji Haryanto bersama anak sulungnya juga sering mengecek langsung kesiapan armada bus-busnya di terminal.

PO Haryanto semakin sukses, hingga kini PO Haryanto memiliki hampir 300 armada bus besar, semua berkelas eksekutif & memiliki fasilitas yg mewah. Kini, PO Haryanto mengpakai sasis dari Mercedes-Benz & Hino, mulai dari Hino RK8 & Mercedes-Benz OH 1526, hingga Mercedes Benz OC 500 RF 1836 Gansis.

PO Haryanto kini berkantor pusat di Kudus, Jawa Tengah. PO Haryanto kini memiliki sebuah garasi akbar di Kudus yg sangat luas, memiliki fasilitas yg sangat lengkap, mulai bengkel hingga karoseri kecil-kecilan spesifik untuk repair body bus-bus PO Haryanto yg rusak.

PO Haryanto, PO Dengan Armada Mewah Asal Jawa Tengah

sumber gambar​

PO Haryanto memiliki 9 divisi, yaitu:

- Divisi Wonogiri, melayani trayek Wonogiri.
- Divisi Muria, melayani trayek Demak, Pati, Kudus & Jepara.
- Divisi Madura, melayani trayek Surabaya & Pulau Madura.
- Divisi Solo, melayani trayek Solo, Yogyakarta, Ponorogo, Magetan, & sekitarnya.
- Divisi Pariwisata, melayani penyewaan bus-bus pariwisata.
- Divisi Bojonegoro, melayani trayek Bojonegoro.
- Divisi Malang, melayani trayek Malang, Dampit, & Karangkates.
- Divisi Cepu, melayani trayek Cepu & Purwodadi.
- Divisi PATAS, melayani trayek PATAS jarak menengah.

Sebagai orang yg sukses, tentu Bapak Haji Haryanto menyadari bahwa kesuksesan ini merupakan rezeki dari Tuhan. Maka, PO Haryanto memiliki aturan, yaitu setiap jam shalat harus berhenti di masjid atau mushola, & setiap karyawan dapat diberangkatkan ke Tanah Suci kalau beribadah secara rutin & memiliki kinerja yg baik di PO Haryanto.

PO Haryanto, PO Dengan Armada Mewah Asal Jawa Tengah

sumber gambar​

Semua armada milik PO Haryanto berkelas eksekutif & berkapasitas 30 orang, dengan konfigurasi seat 2-2 & memiliki legrest. Fasilitas yg dimiliki oleh armadanya diantaranya AC, legrest, toilet, footrest, gratis makan 1x, & snack.

PO Haryanto juga memfasilitasi penumpang tujuan Sumatera, bekerjasama dengan PO NPM & PO Sumber Alam. PO Haryanto membuka layanan tiket terusan, bagi pelanggan PO Haryanto yg harap pergi ke pulau Sumatera, akan dioper ke bus NPM di pool Sumber Alam Pondok Ungu.

Harga tiket dari PO Haryanto ini sebenarnya agak mahal dibanding bus-bus lainnya. Sebab, PO Haryanto bermain untuk menciptakan pasar sendiri Gansis. Jadi, okupansi kursi dari PO Haryanto ini dapat didongkrak walau dengan harga yg lebih mahal.

PO Haryanto, PO Dengan Armada Mewah Asal Jawa Tengah

sumber gambar​

PO Haryanto juga memiliki sebuah SPBU & 3 rumah makan dengan menu yg sangat khas. Oh iya, armada bus-busnya juga mempunyai livery khas yg didesain langsung oleh Rian Mahendra, & memiliki stiker "Menara Kudus" di bagian samping. Serta, kebanyakan armada yg rilis tahun 2018 keatas juga memiliki gambar wayang di bagian belakang samping.

PO Haryanto kebanyakan mengpakai karoseri dari Adiputro, & ada beberapa yg mengpakai karoseri Gunung Mas. 2 karoseri ini memang terkenal sebagai pembuat body bus yg memiliki kualitas & estetika yg tinggi Gansis.

"HR" ini juga terkenal memiliki laju yg cukup tinggi Gansis, tetapi ga sekencang itu juga sih. Apalagi kalo dibandingkan dengan PO-PO yg ane yakin Gansis pasti sudah tahu, ane yakin berbanding bumi & langit.

PO Haryanto, PO Dengan Armada Mewah Asal Jawa Tengah

sumber gambar​

Jadi, gimana pendapat Gansis seputar PO Haryanto ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih kalau Gansis mengoreksi informasi di thread ini yg salah!

Sumber:1, 2,3, 4
Narasi: Opini Pribadi
Disclaimer: Thread ini bukan untuk promosi, thread ini cuma bertujuan untuk mengenal PO Haryanto lebih jauh.
Pic: Terlampir
Original Written By:mad:ulungrinjani

emoticon-Rate 5 Star
emoticon-Toast
emoticon-I Love Indonesia

Hari ini 07:34
 

Our Partner

Top