pingin sukses DIMASA AKAN DATANG? percobaan MARSHMALLOW bisa membantu.

gamebocor

Administrator
Staff member
Selamat Pagi/Siang/Sore/Malam gansis

kembali lagi ke thread ane yg guabut ini.

Siapa sih yg tidak pharap sukses?

Sukses merupakan tujuan seseorang entah itu sukses dunia maupun akhirat. Tentu dalam jalan menuju kesuksesan akan ada banyak rintangan rintangannya & juga tentu akan membutuhkan effort yg lebih pula.

Di luar itu tentu ada "nasib"/"takdir" yg mengantarkannya, kuasa Tuhan memang tiada lawan.

Oke gansis, disini ts akan membahas tentang Marshmallow Studies yang mungkin akan dapat menciptakan agan/sista jadi mengerti apa itu Marshmallow Studiesuntuk apa percobaan itu dilakukan & apa manfaatnya.​

Quote:
Quote:
Apa itu Percobaan Marshmallow?

pharap sukses DIMASA AKAN DATANG? percobaan MARSHMALLOW dapat membantu.


sumber gambar

Percobaan Marshmallow adalah salah satu riset yg sangat terkenal dalam studi tentang psikologi & perilaku manusia penemunya adalah Profesor Walter Mischeldari Universitas Stanford. Penelitan yg dilakukan medio tahun 1960an ini berfokus pada mempelajari mengenai kepuasan tertunda.dan sejak itu percobaan ini pun sering dilakukan ulang oleh peneliti lain.

Bentar, bentar, agan/sista harus tau dulu apa itu marshmallow, itu lho makanan yg berwarna warni yg disukai anak-anak kecil di luar negeri, yg kenyal & muaaaniss maknyus itu lho, kalau di tempatmu apa namanya?​


Quote:
Bagaimana cara kerja penelitian tersebut?

pharap sukses DIMASA AKAN DATANG? percobaan MARSHMALLOW dapat membantu.

sumber gambar

Nah sekarang kembali ke laptop, eh ke penelitian.

Jadi begini pak profpesor ini, ceritanya ngetes beberapa anak yg dapat dikatakan balita namun sudah cukup sanggup menerima perintah, yah sekitar empat & lima tahun yg bersekolah di TK yg ada dalam kampus Universitas Stanford. Terus si bocah2 ini dibawa dong ya ke dalam suatu ruangan & sebuah marshmallow ditaruh di meja di depan anak tersebut sambil si bocah2 imut itu diberitahu bahwa ntu bocah boleh makan marshmallow tersebut sekarang, tetapi apabila mau menunggu tidak memakan selama 20 menit, pak prof akan kembali & memberikan mereka tambahan satu marshmallow.


Hayo kalau dibenak agan/sista gimana? coba cek ke anak/saudara ente, tetapi yg masih umur 4-6 tahun ye, jangan yg udah bangkongan.

Oke kembali,
Ternyata ya, Hasilnya dari percobaan tersebut adalah sekitar 1/3 dari total bocah itu langsung memakan marshmallow begitu pak prof meninggalkan ruangan, 1/3 lainnya menunggu hingga pak prof balik & membawakan marshmallow tambahan lalu sisanya adalah bocah2 berusaha menunggu tetapi akhirnya menyerah sebelum 20 menit, mungkin digodain diiming2i bocah yg sudah makan kali ye.
emoticon-Ngakak
.

ah cuma gitu aja pasti gampang, begitu komen netizen yg bus budiman eh bambang gampang kalau emang dilakukan ke orang dewasa, cobain deh bayangkan saja anak kecil yg begitu polos harus menahan godaan yg begitu besar.

Tujuan awal dari percobaan ini ternyata cuma untuk mengetahui proses mental yg menciptakan seseorang menunda kepuasaannya saat ini untuk mendapatkan kepuasan yg lebih pada masa mendatang dengan melewati rintangan & godaan.

Namun ternyata nih ye si pak prof tidak berhenti hingga di situ, beliau ternyata mengerjakan(longitudinal research) pak Prof Mischel mengikuti jejak kehidupan ratusan responden itu hingga puluhan tahun lamanya .

Pada tahun 1981, Mischel mengirimkan kuesioner kepada orang tua, guru & pembimbing akademis dari anak-anak yg dulu ikut berpartisipasi dalam percobaan ini. Ia bertanya mengenai sifat mereka, kemampuan mereka untuk berencana & mengatasi masalah serta berhubungan dengan teman-teman.Ia juga meminta nilai SAT mereka. Ia lalu menemukan bahwa anak-anak yg dapat menunggu memiliki nilai rata-rata 201 poin lebih baik dari mereka yg tidak dapat menunggu.

Pak Prof pun tetap terus mengikuti jejak ratusan responden hingga saat ini, atau lebih dari 40 tahun lamanya. Dan hasilnya tetap sama, para bocah yg sudah dewasa yg dulu dapat menunda kesenangan sementara & sabar menunggu untuk marsmallow kedua; maka kehidupannya lebih sukses daripada responden yg asal main caplok Marshmallow.

tenyata nih ya , penelitian kecil ini sanggup memberikan citra akan masa depan ya gan/sis. menarik bukan.




Quote:
apa pelajaran yg dapat didapat?

bahwa disini ada menunda kesenangan (Delayed Gratification) adalah skill yg amat krusial sebagai penentu kehidupan sesorang di kemudian hari. Bisa jadi citra sih & berpengaruh juga ternyata.


bagaimana dapat terjadi.

Hmm coba perhatikan sekitar, memang benar begitu kan?

contoh kecilnya adalah


Bila gan/sis dapat menunda kesenangan membeli mobil sport barang -barang mewah yg tak begitu berguna & lebih memilih mengumpulkan uangnya untuk modal mungkin saat ini anda sudah punya bisnis sendiri atau mempunyai tabungan lebih. disini masih ada mengatakan mungkin karena pengaruh dari takdir & kuasa Tuhan yg maha kuasa. hehe


contoh tersebut merupakan Kekuatan Menunda Kesenangan Sementara (delayed gratification).

Ternyata ada penilitiannya ya yg dapat masuk di logika ane, tentang sabar iku subur, wkwkw


Quote:
nah dari penelitian diatas tersebut, ada pendapat bahwa Penghasilanmu hari ini ada beberapa titipan dari penghasilanmu dimasa datang.


Referensi Sumber:

1. wikipedia

2. Opini Pribadi​

Quote:
wes ngono wae

Hari ini 11:05
 

Our Partner

Top