Perawatan Radiator Sepeda Motor

gamebocor

Administrator
Staff member
Di masa kini, tak cuma motor sport atau motor touring, motor skutik, motor bebek juga di bekali radiator atau sistem pendharap dengan cairan, sayangnya tak semua pemilik motor paham bagaiman cara merawat & menjaganya, perawatan radiator sepeda motor.

Perawatan radiator pada sepeda motor sangatlah penting sebab berhubungan dengan performa motor, kalau tempratur mesin melebihi batas toleransinya, maka rawan menyebabkan overheat hingga menyebabkan kendaraan mogok.

Kehadiran radiator yg di berikan oleh produsen sepeda motor ini sanggup meminimalisir kejadian tersebut, sayangnya, radiator seringkali mengalami kerusakan, di karenakan perawatan yg kurang oleh pemiliknya.

Beberapa hal yangmendasarinya adalah kerusakan pada Cylinder Comp atau beberapa bagian lainnya, sebab itu, kondisi radiator harus terus di jaga supaya tetap awet & berfungsi sebagaimana mestinya.

Berikut ini regu ASURANSIKU.id rangkum cara merawat radiator pada sepeda motor supaya tetap berfungsi dengan baik :

1. Mengganti Carian Coolant

Tak cuma pelumas mesin cairan coolang pada radiator harus di kuras berkala, tentunya berdasar periode yg tertulis di manual book servicenya, & spesifik untuk ini,kami menyarankan untuk menggantinya di bengkel resmi.

2. Pastikan mengganti dengan Coolant Liquid yg terpercaya

Ada baiknya mengpakai produk yg sesuai dengan merk motornya, apabila pengguna Honda, dapat memakai PreMix Coolant atau AHM,jangan sekali-kali mengganti dengan air mineral, air keran apalagi air sungai, jangan, kelebihannya adalah meski pada suhu 0 derajat, cairannya tidak membeku, dantidak juga mendidih saat mendekati 100derajat,bahkan tidak juga menyebabkan karat pada besi di instalasi radiator, juga tak meninggalkan sisa kotoran.

3. Pembersihan Kisi-kisi Radiator

Sirip pendharap radiator harus juga di bersihkan dari debu maupun kotoran yg menempel, di butuhkan keterampilan dalam menanganinya, supaya tak merusak sirip
pendharapnya.

4. Jangan memakai cover radiator sembarangan

Pastikan pelindung atau cover radiator yg di pakai memang yg di rekomendasikan oleh produsen motor,sebab kalau bukan rekomendasinya, tentu akan menggangu kinerja sistem pendharapannya, sehingga aktifitas mesin motor menurun & mudah mengalami kerusakan.Indikatornya adalah, yg terdapat di panel meter, kalau lampunya menyala atau berkedip mengharuskan radiator bawaan pabrikan harus di maintenance.

Pastikan anda rajin merawat sepeda motor kesayangan anda, tentu perawatannya harus di bengkel resmi untuk pemeriksaannya, pakai juga alarm anti maling untukmelindungi motor anda, supaya anda merasa kondusif saat memarkirnya,dan jangan lupakan pula Asuransi Kendaraan untuk menjamin motor anda dari pencurian, aksi kejahatan hingga kerusakan, cuma melalui jasa pialang asuransi.


Hari ini 16:34
 

Our Partner

Top