Penyelamat Kemerdekaan RI yg Tak Dikenal

gamebocor

Administrator
Staff member
Penyelamat Kemerdekaan RI yg Tak Dikenal


Banyak orang yg tidak tahu nama Mayjen TNI (purn) dr Roebiono Kertopati. Padahal lelaki kelahiran Ciamis itu adalah seorang pahlawan yg dimiliki Indonesia & berperan penting mengamankan kemerdekaan kita saat itu.
Meski keahliannya adalah dokter medis, namun jenderal TNI berbintang tiga itu justru berjasa di bidang lain yakni Sandi.
Roebiono lebih diketahui sebagai pahlawan sandi negara, bahkan mendapat julukan Bapak Persandian Negara Republik Indonesia.
Hebatnya, keahlian menyusun kode persandian untuk menyelamatkan Kemerdekaan Indonesia tidak diperoleh dari pendidikan formal. Berbekal kejeniusannya, dokter militer itu berhasil memahami teknik menyusun sandi saat bekerja sebagai tenaga medis kemiliteran di Allied Intelligence Bureau, Sidney, Australia.
Satu-satunya pendidikan formal persandian yg diterimanya adalah kursus singkat pengenalan sandi dari kementerian luar negeri Belanda pada 1949.
Sebab itu, Menteri Pertahanan Amir Sjarifoeddin menunjuk Dr.Roebiono untuk menyusun sandi spesifik pada Indonesia. Di tangannya lahir beragam sandi yg kuat dengan teknik kode yg tinggi untuk sistem pertahanan negara.
Sandi yg diciptakan Roebiono Kertopati diketahui sebagai sistem double encipherment. Sandi itu terangkum dalam Buku Kode C yg memuat beragam kode rahasia seperti kata, tanda baca, awalan & akhiran, hingga penamaan & lainnya. Ia menciptakan enkripsi tersebut mengpakai sistem kode angka secara mandiri.
Peran Roebiono sangat penting saat perjuangan bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaan. Pada 4 April 1946 dia mendirikan Badan Pemberitaan Rahasia atau Dinas Kode untuk mendukung perjuangan. Bapak persandian itu wafat di Jakarta pada 23 Juni 1984 & dimakamkan di TMP Kalibata. SUMBER Hari ini 17:25
 

Our Partner

Top