Penyebab Head Bunting pada Kucing, Bagaimana Tanda & Cara Menanganinya?

gamebocor

Administrator
Staff member
Penyebab Head Bunting pada Kucing, Bagaimana Tanda & Cara Menanganinya?

sumber
Salah satu hewan peliharaan yg paling banyak dilirik untuk dijadikan hewan kesayangan adalah kucing. Ane juga punya kucing di rumah, GanSist. Untuk tipe kucing banyak jenisnya, baik kucing lokal mau pun ras atau peranakan. Pada thread kali ini ane gak mau ngebahas tentang asal usul atau pun dari peranakan mana ia berasal, ane harap membahas prilaku manjanya kepada Agan & Sista.

Tentunya Agan & Sista pernah mendapatkan perlakuan manis dari kucing yg GanSist temui. Ane sebelum melihara kucing, sering banget ketika berjumpa kucing liar, si kucing mendekat & menggosok-gosokkan bagian kepalanya ke anggota tubuh ane. Karena waktu itu ane masih suka gelay ama kucing, jadi ane refleks menghindar. Ngeri juga digigit atau dicakar
emoticon-Takut

Penyebab Head Bunting pada Kucing, Bagaimana Tanda & Cara Menanganinya?

sumber
Ternyata prilaku kucing tersebut dalam istilah dunia per-kucing-an disebut dengan head butting atau head bunting, GanSist. Prilaku ini adalah bentuk kasih sayang kucing kepada kita, loh, GanSist. Ibarat kata, sang kucing merasa nyaman dengan kehadiran kita. Kucing memang sangat suka menandai hal-hal di sekitarnya, termasuk dengan manusia.

Kelakuan head bunting ini dilakukan dengan meninggalkan aroma yg ada di seluruh tubuhnya, pada daerah-daerah atau benda yg harap ia tandai. Di paras kucing ada kelenjar yg melepaskan feromon. Feromon ini adalah zat kimia yg dikeluarkan hewan saat ia berkomunikasi dengan sesamanya. Tujuannya supaya terjadi ikatan & interaksi sosial. Gampangnya, sang kucing meninggalkan bau dirinya sebagai penanda.

Jika kucing mengerjakan gerakan head bunting dengan mendorong kepalanya ke tubuh kita, itu berarti kucing mempercayai kita sebagai temannya, GanSist. Jangan takut, kalo perlu elus kembali bagian kepalanya. Kalo kucing ane, lebih seneng dielus-elus sambil digaruk-garuk tipis bagian lehernya, bawah mulutnya, sama bagian kupingnya. Saking senengnya kadang sampe ketiduran.

Selain sebagai penanda aroma & menunjukkan hubungan sosial, ternyata head bunting merupakan salah satu cara berkomunikasi kucing, loh, GanSist, selain mengeong tentunya. Mungkin ada yg diharapkan kucing, GanSist, dapat jadi ia lapar.

Bagi kucing yg sudah menganggap GanSist adalah temannya, sudah sangat nyaman tentunya, sang kucing bukan cuma ngedusel di kaki atau tangan kita, kadang-kadang muka kita jadi target head bunting-nya
emoticon-Leh Uga
. Dapat diartikan kedekatan hubungan kalian sudah amat rekat. Gak ada rasa canggung lagi buat sang kucing.

Ane pamit undur diri, hingga jumpa di thread ane selanjutnya. Sayangi hewan, sayangi lingkungan. Sehat & bahagia selalu
emoticon-terimakasih


Referensi

Penyebab Head Bunting pada Kucing, Bagaimana Tanda & Cara Menanganinya?
Hari ini 06:04
 

Our Partner

Top