PENULIS WAJIB TAU HAL INI!! JIKA TIDAK INGIN SEPI PEMBACA

gamebocor

Administrator
Staff member
PENULIS WAJIB TAU HAL INI!! JIKA TIDAK INGIN SEPI PEMBACA

sumber

Saat kita membaca suatu tulisan dalam bentuk cerita, terkadang kita turut hanyut dalam alur cerita yg ditulis oleh pengarang. Baik itu dalam bentuk novel, cerpen atau bahkan cerbung sekalipun pengarang sangat lihai dalam membangun fell melalui cerita yg ia ukir.

Semakin lihai pengarang menciptakan cerita maka akan semakin kita terhanyut ketika membacanya. Ada begitu banyak penulis terkenal yg ceritanya sendiri begitu penuh intrik, penuh drama & yg paling penting adalah sanggup membawa kita sebagai pembaca tenggelam dalam tulisanya.

Lantas apa perbedaanya antara penulis lihai dengan kita sebagai penulis awam?. Dalam kesempatan kali ini bang Bee mau berbagi sedikit ilmu yg dulu pernah bang Bee pelajari dari beberapa penulis hebat yg bukunya sendiri sering habis terjual. Apa sajakah itu? Berikut ulasanya.

Ruh tulisan mungkin bagi beberapa dari kita mempertanyakan apa sih sebenarnya yg dimaksud Ruh tulisan? & seberapa penting hal itu sehingga sanggup jadi pembeda diantara setiap tulisan kita. Ruh merupakan salah satu element penting untuk mendapatkan fell dalam setiap cerita.

Ruh sendiri juga dapat diartikan sebagai nyawa dalam sebuah tulisan. Yang mana ruh tersebut harus dapat membawa setiap pembacanya hanyut dalam setiap tatanan mengatakan yg sudah diukir oleh si pengarang. Dan untuk mendapatkan ruh dalam tulisan kita maka yg harus dilakukan adalah tenggelam dalam imajinasi kita sendiri. Dengan begitu dapat dipastikan cerita yg kita tulis akan berbeda dari orang lain.

PENULIS WAJIB TAU HAL INI!! JIKA TIDAK INGIN SEPI PEMBACA

sumber

Berkesinambungan adalah salah satu faktor penting lainya yg harus gansis perhatikan. Meski gansis sudah menerapkan ruh dalam tulisanya tetapi melupakan Berkesinambungan maka hal itu masih kurang sempurna.

Lalu apa sih yg dimaksud Berkesinambungan?.

Yang dimaksud berkesinambungan adalah alur cerita yg tidak terputus sama sekali. Baik dari awal, tengah bahkan akhir sebuah cerita semuanya saling terhubung. Dan itu wajib gansis terapkan kalau harap tulisan kita memberikan kesan mendalam dihati para pembaca.

Elipsis atau biasa disebut dengan tanda baca. Merupakan faktor lain yg juga harus gansis perhatikan.

Banyak dari penulis awam cuma asal menempatkan Elipsis di dalam tulisanya tanpa tau fungsinya. Hal ini pun dapat merusak citra dari tulisan yg semestinya mengena dihati pembaca.

So, perhatikan hal ini juga supaya semakin banyak pembaca yg menantikan setiap tulisan yg kita ukir

Gimana nih menurut gansis sekalian, ada yg mau ditambahkan? Komen dibawah ya

16 Maret 2021

Hari ini 17:29
 

Our Partner

Top