Microsoft Dikabarkan Harap Akuisisi Discord

Microsoft dilaporkan tengah dalam pembicaraan untuk mengakuisisi Discord, aplikasi dengan komunitas video game chatting yg populer di kalangan gamer.​


IDGS, Selasa 23 Maret 2021 Meski begitu pembicaraan tersebut masih jauh dari mengatakan sepakat, menurut orang-orang yg terkait langsung akan potensi akuisisi itu namun enggan disebutkan identitasnya, menurut laporan Bloomberg pada Selasa (23/3/2021). Salah seorang di antara mereka mengaku Discord sepertinya lebih condong untuk jadi perusahaan publik lewat IPO daripada dijual.

Perwakilan dari Microsoft & Discord disebut menolak untuk berkomentar. VentureBeat juga melaporkan pada Senin (22/3/2021) mengenai pembicaraan akuisisi antara Discord dengan Microsoft.

Aplikasi Discord yg berbasis di San Fransisco, Amerika Serikat, diketahui akan layanan gratisnya yg memungkinkan para gamer berkomunikasi secara daring via video, suara, maupun teks. Dengan banyaknya orang menghabiskan waktu lebih banyak di rumah karena pandemi COVID-19, kepopuleran Discord luber ke demografi pengguna lainnya seperti misalnya dipakai untuk belajar kelompok, kelas Tari, atau sekedar berkumpul bareng secara virtual.

BacaJuga​

20 Gim Bethesda Meluncur ke Xbox Game Pass​

Microsoft: Beberapa Gim Baru Bethesda Akan Jadi Eksklusif Untuk PC & Xbox​

Presiden AS Perintahkan Investigasi Untuk Selidiki Krisis Semikonduktor yg Pengaruhi Produksi PS5 & Xbox Series X/S​





Microsoft dilaporkan tengah membicarakan kemungkinan mengakuisisi Discord. (Gambar: Microsoft/Discord)​

Discord disebut memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif tiap bulannya hingga disebut-sebut sudah bukan sekedar platform komunikasi bagi gamer, namun juga bagi orang-orang non-gamer untuk berkomunikasi.

Sejak tahun lalu, Microsoft memang diketahui tengah gencar-gencarnya memburu aset-aset yg mengandalkan aktivitas komunitas penggunanya, menurut sumber dari Bloomberg. Bisnis Xbox, konsol gaming Microsoft, juga melebar dengan perubahan dari segi subskripsi dengan menawarkan banyak hal dari biasanya sebagai bagian dari penawaran Game Pass.

Langkah Microsoft ini dinilai wajar mengingat performa industri gaming yg cukup kuat di tengah pandemi COVID-19, di saat industri-industri konvensional lainnya babak belur karenanya. Sehingga Microsoft melihat industri gaming sebagai investasi menjanjikan sebagai “senjata” menghadapi situasi-situasi sulit tak terduga seperti pandemi.

Sebelumnya, Microsoft sudah mengakuisisi ZeniMax senilai USD 7,5 miliar atau sekitar Rp 108 triliun. ZeniMax merupakan pemilik sah dari serial video gim populer The Elder Scrolls & juga Bethesda, publisher dari serial Doom. Pembicaraan akuisisi dengan Discord ini semakin menguatkan komitmen Microsoft untuk terjun lebih dalam lagi ke industri video game.

Discord sendiri dilaporkan oleh Pitchbook, memiliki valuasi mencapai USD 7 miliar atau setara Rp 100 triliun setelah berhasil mendapatkan pendanaan sebesar USD 100 juta pada tahun lalu.

Selain dengan Microsoft, Bloomberg juga melaporkan Discord pernah membicarakan kemungkinan diakuisisi dengan Epic Games & Amazon.com sebelumnya.


(Stefanus/Online)

Sumber: Bloomberg
 

Our Partner

Top