Mengapa Pesawat Komersil Tak Menyediakan Parasut Bagi Penumpangnya? Ini Alasannya!

gamebocor

Administrator
Staff member
Mengapa Pesawat Komersil Tak Menyediakan Parasut Bagi Penumpangnya? Ini Alasannya!

sumber
Bepergian mengpakai fasilitas transportasi udara yakni pesawat terbang sepertinya jadi opsi bagi mereka yg dikejar oleh waktu. Alasan mempersingkat waktu perjalanan menjadikan pesawat terbang semakin banyak dilirik orang-orang dalam bepergian.

Banyaknya angka kasus kecelakaan pesawat, tetap tidak menyurutkan minat para calon penumpang untuk terus mengpakai fasilitas transportasi udara yg satu ini. Awal tahun kemaren, lagi-lagi kita harus mendengar kabar duka atas jatuhnya sebuah pesawat yg menewaskan semua penumpang di dalamnya.
Mengapa Pesawat Komersil Tak Menyediakan Parasut Bagi Penumpangnya? Ini Alasannya!

sumber
Mungkin banyak Agan & Sista berpikiran seperti ane, kenapa sih pesawat komersil tidak menyediakan parasut untuk para penumpangnya? Kan seandainya terjadi kecelakaan, para penumpang dapat melompat langsung dengan parasut yg tersedia.

Ternyata ada alasan mengapa pesawat komersil tidak memungkinkan menyediakan parasut untuk para penumpangnya, loh, GanSist. Meskipun pada awalnya perusahaan penerbangan pernah menyediakan parasut bagi penumpang pesawat berkecepatan 90 knot atau 166 kilometer per jam, salah satunya adalah pesawat Boeing Model 40 yg cuma memuat dua orang kala itu. Pada tahun 1920-an parasut ini tak pernah lagi disediakan pada pesawat komersil hingga saat ini.
Mengapa Pesawat Komersil Tak Menyediakan Parasut Bagi Penumpangnya? Ini Alasannya!

sumber
DilansirConde Nast Traveler, alasan kenapa pesawat komersil tidak menyediakan parasut adalah dikarenakan kondisi para penumpang yg tidak memiliki skill mengpakai parasut pada saat kondisi darurat. Jangan ngebayangin film action luar negeri, ya, GanSist, di mana para aktor atau aktris dengan entengnya melompat dari pesawat yg sedang terjatuh, nggak semudah itu.

Penggunaan parasut ini bukan cuma membutuhkan nyali atau keberanian yg besar, tetapi juga jam latihan yg tinggi, bukan sekedar belajar sejam dua jam kelar. Selain cara mengpakai parasut saat di udara, para pengguna parasut juga harus melatih diri supaya dapat mendarat dengan benar & aman. Agar dapat mendapatkan skill pendaratan mulus juga membutuhkan latihan keras berjam-jam.

Untuk ukuran seorang penerjun profesional-pun pasti akan berlatih beberapa jam terlebih dahulu sebelum mengerjakan aksinya. Alasan lainnya adalah hal yg tidak dibenarkan kalau mengerjakan penerjunan pada ketinggiaan 35.000 kaki. Di mana ketinggian tersebut biasanya dilintasi oleh pesawat komersil. Penerjun profesional biasanya mengerjakan aksinya di ketinggian 15.000 kaki.

Ukuran parasut juga harus disesuaikan ukuran tubuh pemakainya, GanSist, nggak seperti pelampung air yg dapat dipakai oleh siapa saja. Belum lagi parasut akan menambah beban pesawat, dikarenakan berat & juga berukuran besar. Harga parasut juga mahal, GanSist, sepertinya ini jadi pertimbangan lain perusahaan penerbangan enggan menyediakan parasut untuk penumpangnya.

Bagaimana dengan pendapat GanSist? Apakah ada kemungkinan kalau pesawat komersil merancang parasut instant untuk menjaga keselamatan penumpangnya?

Ane pamit undur diri, jumpa lagi di thread ane selanjutnya. Tetap sehat & bahagia selalu.

Referensi
Mengapa Pesawat Komersil Tak Menyediakan Parasut Bagi Penumpangnya? Ini Alasannya!
Hari ini 06:20
 

Our Partner

Top