LUAR BIASA, Inilah Album Paling Lama Bertahan Di Chart Billboard, Selama 15 Tahun!

gamebocor

Administrator
Staff member

Halo agan & sista penghuni kaskus yg ane sayangi
emoticon-Peace


Selamat datang di thread ane!

Semoga AganSist semuanya dalam keadaan sehat yaa, Amiin...

Pada kesempatan kali ini ane akan membawakan salah satu informasi yg menarik & unik pastinya

Biar gak makin penasaran, yuk langsung kita simak beritanya
emoticon-Ngacir



emoticon-Rate 5 Star
emoticon-Rate 5 Star
emoticon-Rate 5 Star



Album bagi seorang musisi merupakan suatu pencapaian karir yg membanggakan. Karena, dengan rilisnya suatu album itu menandakan eksistensi mereka dalam sebuah industri sekaligus juga jadi sebuah tabiat atau ciri khas yg membedakan dengan musisi lainnya. Di dalam album biasanya musisi menuangkan ide-ide kreatifnya jadi sebuah lagu yg memiliki pesan atau makna spesifik yg harap dihinggakan. Lewat album juga musisi memiliki kebebasan untuk mengeksplor kemampuan bermusiknya baik secara perseorangan maupun secara grup.


Kesuksesan sebuah album dapat dinilai dari beberapa faktor diantaranya, banyaknya copy yg terjual, berhasil menembus chart musik populer, mendapat review bagus dari beberapa kritikus musik, atau di era digital sekarang ditandai dengan banyaknya streaming atau unduh di platform musik. Berbagai cara pun dilakukan oleh musisi supaya albumnya dapat diterima & laku di pasaran. Seperti misalnya, menulis lirik yg indah & puitis, memasukan notasi atau melodi yg catchy, mengajak kolaborasi dengan musisi yg sudah populer, atau bahkan mengerjakan promo di radio2 & media lainnya.


LUAR BIASA, Inilah Album Paling Lama Bertahan Di Chart Billboard, Selama 15 Tahun!


GAMBAR

Di era modern saat ini, sudah banyak lahir album2 fenomenal & populer yg meramaikan kancah industri musik. Musisi jadi lebih praktis & mudah dalam menciptakan album karena kemajuan teknologi yg pesat. Tapi, di masa lampau pun ternyata banyak juga loh musisi yg berhasil mencetak album dengan prestasi gemilang bahkan hingga terjual puluhan juta copy. Padahal di zaman itu teknologi belum secanggih sekarang, bahkan rekaman pun masih pake analog.


Pada tanggal 1 Maret 1973, sebuah grup band asal Inggris yaitu Pink Floyd merilis album bertajuk The Dark Side of the Moon. Album itu dirilis dibawah naungan Harvest Records, & direkam di studio legendaris Abbey Road, London. Ini adalah album studio kedelapan mereka, yg mengusung genre progressif rock & berisi total 10 lagu. Album ini mengeksplor tema-tema seperti konflik, keserakahan, perjalanan waktu, kesehatan mental & kematian. Proses rekaman dimulai pada Mei 1972 di Abbey Road dengan menggandeng produser Alan Parsons.


LUAR BIASA, Inilah Album Paling Lama Bertahan Di Chart Billboard, Selama 15 Tahun!


GAMBAR


Beberapa pekan setelah rilis, tepatnya tanggal 17 Maret 1973, album ini debut nomor 95 di chart Billboard 200. Dengan single andalan dari album ini yaitu 'Money' & 'Time'. Single 'Money' sendiri jadi hits perdana dari Pink Floyd untuk pasar Amerika, berhasil mencapai peringkat 13 di tangga lagu Billboard Hot 100. Sementara untuk single 'Time' jadi single favorit yg banyak diputar di radio-radio Amerika. Dan juga sudah mendapat sertifikat silver di UK.


Ternyata kesuksesan album The Dark Side of the Moon pun masih berlanjut. Pada tanggal 28 April 1973, album tersebut berhasil menduduki posisi puncak chart Billboard 200 selama seminggu, menjadikannya album No.1 Pink Floyd di pasar Amerika untuk perdana kali. Prestasi ini juga sekaligus mematahkan anggapan bahwa genre progresif rock sulit untuk dapat sukses di pasar Amerika. Setelahnya album ini pun masih berhasil bertahan di chart tersebut selama 736 pekan berturut-turut, hingga pada pertengahan Juli 1988 akhirnya album ini terlempar keluar dari chart Billboard 200. Namun di tahun 2009, setelah adanya perubahan regulasi chart yg memungkinkan album lama untuk diperhitungkan kembali, album The Dark Side of the Moon kembali masuk chart Billboard 200. Secara akumulatif, hingga tulisan ini dibuat, sudah menghabiskan 958 pekan berada di chart Billboard 200.


LUAR BIASA, Inilah Album Paling Lama Bertahan Di Chart Billboard, Selama 15 Tahun!


GAMBAR


Secara komersil dapat dibilang The Dark Side of the Moon adalah salah satu album tersukses sepanjang sejarah, selain kesuksesan dari chart, album ini juga menuai rekor dari penjualan fisik. Total penjualan album tersebut di seluruh dunia mencapai 45 juta kopi, sekaligus memasukannya dalam daftar album terlaris sepanjang masa di urutan ke 4 dunia. Album ini juga sudah mendapat 14x sertifikat platinum di UK, & 15x sertifikat platinum di US. Pada tahun 2003, majalah Rolling Stones bahkan memasukan album ini dalam daftar 500 Greatest Albums of All Time. Dan album ini pun sudah banyak menginspirasi generasi musisi setelahnya. Bahkan merchandise dengan logo The Dark Side of the Moon pun laris manis & jadi incaran banyak kolektor.


LUAR BIASA, Inilah Album Paling Lama Bertahan Di Chart Billboard, Selama 15 Tahun!


GAMBAR


So, itulah tadi sekilas informasi mengenai album yg paling lama bertahan di chart Billboard selama 15 tahun!

Semoga informasi di thread ini bermanfaat & dapat menambah pengetahuan kita semua

Terimakasih buat gansis yg sudah menyempatkan untuk mampir di thread sederhana ini

Ane pamit undur diri, hingga jumpa di thread ane selanjutnya


emoticon-Ngacir2




REFERENSI


1

2

3

4​
Hari ini 13:56
 

Our Partner

Top