LGBTQ & Perjuangannya di Indonesia

gamebocor

Administrator
Staff member
Di zaman 21 ini kita sudah tidak asing lagi dengan persoalan bukti diri atau ketertarikan secara seksual yg sering diperdebatkan karena dianggap isu yg masih sensitif di Indonesia. Ya, apalagi kalau bukan LGBTQ. Lahirnya sebutan ini dimulai pada tahun 1990 dengan tujuan untuk mengganti sebutan untuk komunitas yg menyukai sesama jenis.Sebenarnya apa sih LGBTQ itu? LGBTQ adalah kepanjangan dari Lesbian, Gay, Bisexual, Transgender, & Queer. Apakah agan & sista sudah familiar dengan sebutan-sebutan di atas? Ini dia penjelasan lengkapnya.

1. Lesbian. Kata ini ditujukan untuk seorang perempuan yg tertarik dengan perempuan lainnya.

2. Gay. Kata ini ditujukan untuk seorang pria yg tertarik dengan pria lain. Sebutan ini juga sering dipakai untuk menggambarkan homoseksual.

3. Bisexual.Ditujukan untuk seseorang yg tertarik kepada keduanya, yaitu pria & wanita.

4 Transgender. Ditujukan kepada orang yg bukti diri gendernya berbeda dengan yg tertulis di akte kelahiran atau saat mereka dilahirkan, bukan laki-laki maupun perempuan.

5. Queer.Kata ini untuk menunjukkan seseorang yg tidak harap diidentifikasi sebagai gender yg dapat dipasangkan dengan lawan tipe atau sesama jenisnya. Contohnya laki-laki dengan perempuan, homoseksual & heteroseksual, atau mereka yg tidak mau diberi label berdasarkan orientasi seksual mereka.

Tidak cuma itu, terdapat sebutan lainnya Questioning, Intersex, Allies, Asexual, & Pansexual sehingga jadi LGBTQQIAAP.Questioning adalah seseorang yg masih mempertanyakan atau mengeksplorasi bukti diri gender & orientasi seksual mereka.Intersex adalah orang yg tubuhnya jelas bukan laki atau perempuan Hal ini dikarenakan alat reproduksi mereka tidak dikategorikan sebagai "standar" atau kromosomnya bukan XX atau XY.Alliesadalah orang yg mengklaim dirinya sebagai heteroseksual akan tetapi mendukung komunitas ini..Asexual adalah orang yg tidak tertarik secara seksual kepada gender apa pun.Pansexual adalah orang yg ketertarikan seksualnya bukan berdasarkan gender & mengkategorikan dirinya dengan bukti diri seksual apa pun.

Banyak sekali sebutan dalam komunitas yg terbilang kontroversial ini. Namun, di beberapa negara luar sendiri sudah memperjuangkan kemunitas ini & sudah diakui masyarakat hingga berlakunya undang-undang untuk perkawinan sesama jenis. Lantas bagaimana kah perjuangan LGBTQ di Indonesia? Apakah mereka sudah mulai diterima di masyarakat? Simak langsung pembahasannya di Podcast Hydrant!


LGBTQ & Perjuangannya di Indonesia


Hari ini 10:08
 

Our Partner

Top