Langka! Penguin Kuning Jatuh di Tangan Kamera Fotografer Satwa Liar, Yves Adams

gamebocor

Administrator
Staff member
Langka! Penguin Kuning Jatuh di Tangan Kamera Fotografer Satwa Liar, Yves Adams



Cara berjalan yg unik, lucu, & menggemaskan. Itulah hewan penguin.

Apakah GanSis pernah melihat penguin secara langsung?

Hewan endemik Antartika atau kutub selatan ini beberapa akbar hidup di wilayah kutub. Akan sangat mudah bagi GanSis untuk menemukan mereka di Kutub Selatan.

Apalagi penguin termasuk hewan yg tidak takut dengan manusia. Sebab predator penguin kebanyakan di laut, seperti; anjing laut, singa laut, hiu, & paus.




Spesies penguin terkecil adalah Little Blue Penguin atau penguin biru kecil, dengan tinggi rata-rata 40 cm.

Sementara spesies penguin terbesar adalah Penguin Kaisar dengan tinggi mencapai 122 cm & berat antara 22-45 kg. Penguin Kaisar biasanya saling bergerombol untuk menghangatkan diri di suhu minus derajat Celcius. Ketika beberapa penguin yg ada di tengah gerombolan merasa 'kepanasan', mereka akan keluar & bergantian dengan yg ada di luar. So sweet banget, dah.

Penguin juga diketahui sebagai hewan dengan interaksi sosial yg cukup tinggi kepada sesamanya. Saat terlibat konflik, penguin lain biasanya akan melerai. Yah, mirip-mirip sama homan, lah.

Sementara pola warna hitam putih pada bulu penguin adalah sangat ikonik.

Akan tetapi rupanya, pola warna tersebut memiliki kegunaan untuk berkamuflase.

Warna hitam menciptakan penguin tampak menyatu dengan gelapnya air laut bila dilihat dari udara, sementara warna putih sesuai dengan permukaan laut yg terlihat terang dari area kedalaman. Pola warna tersebut menciptakan penguin terhindar dari serangan predator, juga memudahkan mereka menangkap mangsa seperti ikan, cumi-cumi, kepiting, udang, & lain-lain.

(Mari kita cek saat mereka berenang di lautan)


Sebenarnya ada, lho, penguin yg mengalami kelainan warna. Bukan hitam, terdapat sekitar 50.000 ekor penguin dari berbagai spesies terlahir dengan bulu cokelat terang atau krem pada pola bulu yg semestinya hitam. Kondisi itu disebutisabellinism.

Karena tidak dapat berkamuflase dengan baik & kerap kesulitan memdapat pasangan, hidup PenguinIsabellinebiasanya cenderung lebih singkat dari penguin normal.


Nah, baru-baru ini, yg unik & langka, seorang fotografer satwa liar asal Belgia bernama Yves Adams berhasil membidik seekor penguin kuning.

Langka! Penguin Kuning Jatuh di Tangan Kamera Fotografer Satwa Liar, Yves Adams


Yah, tentu saja ini sangat langka. Ane yakin, GanSis pun baru sekali ini melihat ada penguin warnanya kuning. Uwuuow.

Pada desember 2019, Yves memimpin pameran foto selama dua bulan di Atlantik Selatan.

Langka! Penguin Kuning Jatuh di Tangan Kamera Fotografer Satwa Liar, Yves Adams


Saat Yves bersama rombongan berhenti di sebuah pulau di Georgia Selatan untuk memotret koloni lebih dari 120.000 penguin raja, ia menemukan pemandangan tak biasa yg belum pernah dilihat sebelumnya, yakni seekor penguin dengan bulu kuning cerah tanpa titik hitam sedikitpun berdiri di samping penguin raja hitam "normal".

Yves merasa beruntung sebab penguin itu ada di dekatnya, tanpa penghalang sehingga dengan mudah ia lekas membidik & mengabadikannya.


Langka! Penguin Kuning Jatuh di Tangan Kamera Fotografer Satwa Liar, Yves Adams


Yang jadi pertanyaan, bagaimana bulu penguin itu kuning? Bagaimana cara penguin tersebut berkamuflase? Apa termasuk PenguinIsabelline?

Aneh, tetapi unik. Dan tentu saja langka. Bahkan barangkali orang di seluruh dunia belum pernah melihat penguin langka ini sebelumnya.

Rupanya, warna aneh itu disebabkan oleh kondisi yg disebut leucisme, yg mengakibatkan hilangnya pigmentasi. Selnya tidak lagi menghasilkan melanin sehingga bulu hitamnya jadi warna kuning & krem.

Namun peneliti Daniel Thomas mengatakan, warna kuning itu dapat jadi penemuan kelas baru pigmen bulu.


Entah bagaimana cara Penguin langka tersebut berkamuflase dengan warna bulunya yg kuning. Atau sebenarnya, ia justru semakin terlihat menarik?

Entah, tetapi yg jelas, penguin kuning ini sangat menggemaskan.

Apakah GanSis setuju?


___o0o___

Gambar: ig @yves_adams
Referensi: 68b​
Hari ini 21:10
 

Our Partner

Top