Kota Atlantis yg hilang ada di bawah laut Jepang!? Benarkah?

gamebocor

Administrator
Staff member

Kota Atlantis yg hilang ada di bawah laut Jepang!? Benarkah?


Selamat pagi/siang/sore & malam untuk GanSis! Tentunya GanSis sudah seringkali mendengar kota utopia Atlantis yg disebut-sebut oleh Plato dalam dialog Critias & Timaeus. Dan letak kota Atlantis itu sendiri, tidak disebutkan secara pasti oleh Plato.

Banyak orang mengira-ngira & berusaha mencari letak kota Atlantis, yg dikatakan tenggelam ke dalam laut. Namun hingga saat ini tidak pernah ditemukan bukti nyata keberadaan kota Atlantis tersebut.

Di kedalaman dua puluh lima meter di bawah air, di selatan lepas pantai dari pulau Yonaguni Jepang, yg merupakan bagian dari kepulauan Yaeyama. Ada formasi batuan monolit akbar yg menyerupai piramid, formasi batuan ini sudah menarik perhatian para pakar geologi maupun penyelam sejak ditemukan perdana kali tahun 1987 oleh penyelam lokal.

Kota Atlantis yg hilang ada di bawah laut Jepang!? Benarkah?


Dikenal dengan nama monumen Yonaguni, batuan ini memiliki ukuran panjang 50 m & lebar 20 m, terkadang disebut-sebut sebagai Atlantis dari Jepang.

Beberapa orang menyebutkan itu adalah sisa-sisa dari peradaban Pasifik Mu yg sudah lama hilang. Kemungkinan dibangun oleh penghuni Jepang di masa pra-sejarah Jomon, yg diperkirakan sudah menghuni Jepang sekitar 12.000 tahun yg lalu.

Seorang pakar geologi kelautan asal Jepang Prof. Masaaki Kimura, berpendapat formasi batuan ini merupakan buatan manusia. Dan batuan berukuran raksasa itu diyakini merupakan sisa-sisa dari runtuhan kota yg berusia lebih dari 5.000 tahun. Toru Ouchi seorang profesor bidang seismologi di Universitas Kobe, yg merupakan rekan dari Prof. Kimura mendukung pendapat tersebut.

Kota Atlantis yg hilang ada di bawah laut Jepang!? Benarkah?


Prof. Ouchi mengatakan dia belum pernah melihat aktivitas tektonik menimbulkan efek yg mengubah lanskap baik di atas permukaan tanah maupun di bawah laut. Saya pernah menyelam & menyentuh piramid tersebut, & apa yg dikatakan Prof. Kimura bukan suatu hal yg berlebihan. Dan dengan mudah dapat diketahui bahwa itu terbentuk bukan diakibatkan oleh gempa bumi

Walau begitu lembaga kebudayaan pemerintah Jepang & pemerintah prefektur Okinawa hingga saat ini tidak mengakui monumen Yonaguni merupakan bagian dari warisan sejarah. Dan tidak ada satupun dari lembaga pemerintah Jepang yg berencana untuk meneliti lebih jauh monumen Yonaguni ini.

Kota Atlantis yg hilang ada di bawah laut Jepang!? Benarkah?


Sedangkan para pakar lain seperti Prof. Robert Schoch seorang pakar di bidang geologi di Universitas Boston berpendapat, formasi batuan unik ini terbentuk secara natural karena monumen Yonaguni ini terletak di area rawan gempa. Selain itu dia juga melihat formasi batuan yg serupa di sebelah timur laut pantai pulau Yonaguni.

Buat GanSis yg penasaran seperti apa monumen Yonaguni ini, dapat diihat rekaman video dari para penyelam yg mengerjakan penyelaman di monumen Yonaguni.






Bagaimana menurut GanSis setelah melihat video tersebut? Apakah monumen Yonaguni ini buatan manusia atau tercipta secara natural?

Cukup sekian thread saya yg kali ini membahas monumen Yonaguni. Dan terimakasih banyak untuk GanSis yg sudah membaca thread saya, semoga bermanfaat buat GanSis.

Sampai jumpa di thread saya selanjutnya.

Sumber : BBC, National Geographic



Hari ini 10:05
 

Our Partner

Top