Kog Dapat Syukur Bikin Bahagia? Berbicara Tentang Syukur Dalam Sudut Pandang Logika

gamebocor

Administrator
Staff member
Halo Gan Ganwati yg berbahagia, sehat sering dalam damai Indonesia ya. Semoga corona buruan selesai.
emoticon-Nyepi

Balik lagi di Thread -ku, Machin. Selamat membaca & diharapkan memberikan respon yg membangun.
emoticon-Malu (S)
Kog Bisa Syukur Bikin Bahagia? Berbicara Tentang Syukur Dalam Sudut Pandang Logika

Banyak sekali orang yg bilang, "Kita harus mensyukuri apa yg sudah dianugerahkan kepada kita, sehingga kita akan jadi pribadi yg lebih bahagia", "Bersyukurlah, maka kenikmatanmu akan ditambah", & beberapa kalimat lainnya yg hampir mirip & serupa dari segi esensinya.

Kali ini Aku mau menulis tentang syukur dari sudut pandangku ya Gan Ganwati. Jika sudut pandangku ini dapat dijadikan referensi positif, silahkan dipakai, kalau ada kesalahan logika berfikir, silahkan direspon di komentar ya. Aku sangat terbuka untuk menerima kritik & saran.
emoticon-Shakehand2


ARTI SYUKUR


Kog Bisa Syukur Bikin Bahagia? Berbicara Tentang Syukur Dalam Sudut Pandang Logika

sumber​


Syukur, mari kita bedah mengatakan ini secara bahasa menurut KBBI dulu ya. Menurut KBBI syukur adalah sebagai berikut.


Quote:
syukur/syukur/1nrasa terima kasih kepada Allah:ia mengucapkan -- kepada Allah karena terlepas dari marabahaya;2puntunglah (pernyataan lega, senang, & sebagainya): --suamiku tidak mengalami cedera dalam kecelakaanitu;


bersyukur/bersyukur/vberterima kasih; mengucapkan syukur:saya - karena dia terhindar dari bahaya;

mensyukuri/mensyukuri/vmengucapkan terima kasih kepada Allah; berterima kasih karena suatu hal;

syukuran/syukuran/1nucapan syukur;2vmengadakan selamatan untuk bersyukur kepada Tuhan (karena terhindar dari maut, sembuh dari penyakit, & sebagainya):ibu membagikan tumpeng untuk - putrinya yg baru sembuh


Secara bahasa syukur berarti seperti -- yg tertulis di atas -- Artinya dapat berubah ketika ada awalan ber- dan me-, sehingga jadi mengatakan kerja. Merupakan tindakan bersyukur.

Sedangkan arti syukur ketika masih berupa mengatakan benda atau nomina adalah bentuk tindakan pasif, berupa ucapan, perasaan, & apapun itu yg di dalamnya tidak ada tindakan nyata.

Lalu, dalam bahasa inggris, syukur dituliskan dengan kosa mengatakan yg berbeda sesuai penggunaan. Kalau waktu mengucapkan syukur saja, saat terhindar dari musibah, mengpakai Thankfully, Thank God. Kalau bersyukur mendapatkan sesuatu yg diharapkan, mengpakai Grateful. Ada lagi Gratitude. Karena Aku lemah dalam bahasa inggris, jadi ga Aku lanjutkan ya Gan Ganwati untuk membahas bahasa Inggrisnya. Haha. Bagi yg pro silahkan dibantu kasih penjelasan secara bahasa di dalam bahasa Inggrisnya.
emoticon-Mewek


SYUKUR DARI SEGI LOGIKA

Kog Bisa Syukur Bikin Bahagia? Berbicara Tentang Syukur Dalam Sudut Pandang Logika

sumber​


Sekarang Aku mau membahas syukur dari sudut pandang logikaku. Aku dalam mengartikan syukur memiliki proses perubahan arti jadi tiga kali. Saat baru tahu & dapat memahami mengatakan syukur, Aku mengartikan bahwa
Quote:
"Syukur adalah sikap menerima dengan lapang dada atas segala apa yg kita miliki, baik susah maupun senang, kita menerimanya dengan sabar & tabah.. Meskipun kadang mengeluh."


Contoh kongkritnya adalah ketika Aku membeli buah durian dengan uang Rp.100.000 & Aku mendapatkan 10 buah durian. Namun waktu Aku makan, Aku mendapatkan yg enak & Aku menikmati banget, tetapi waktu Aku mendapatkan yg rasanya aneh, Aku mengeluh & ada rasa kecewa, namun tetap menikmatinya, sambil berucap,"Lumayanlah, ada yg enak 6 buah tadi."

Arti syukur berikutnya berubah menjadi,
Quote:
"Syukur adalah ketika Aku mendapatkan sesuatu & Aku tidak sedikitpun merasa mengeluh dari apa yg sudah Aku dapatkan."


Contoh kongkritnya adalah ketika Aku membeli buah durian dengan uang Rp.100.000, namun cuma mendapatkan satu buah durian yg dipilihkan dengan teliti & dijamin enaknya. Lalu waktu Aku memakannya, Aku menikmatinya dengan lahap tanpa sedikitpun Aku mengeluh dalam menikmatinya, itulah syukur.

Arti syukur yg terakhir menurutku & itu merubah caraku menjalani hidupku lebih bahagia, jauh lebih bahagia sekali adalah
Quote:
"Syukur adalah ketika Aku mengpakai semua yg Aku miliki untuk memberikan nilai manfaat bagi Aku pribadi & lingkungan."


Sebelum Aku memberikan contoh arti syukur yg terakhir, Aku mau menyampaikan dulu bahwa mengatakan "manfaat" disini perlu diperjelas. Maksud dari manfaat disitu memberikan nilai positif bagi diri sendiri & lingkungan. Artinya, ketika cuma memberi manfaat bagi diri sendiri namun merugikan lingkungan, itu tidak termasuk kategori "manfaat" yg Aku maksudkan.

Contoh manfaat yg Aku maksudkan adalah ketika Aku makan, maka tubuhku sehat, namun Aku tidak mengeksploitasi lingkungan, Aku mengambil sumber makananku dengan cukup & terkontrol.

Sedangkan hal yg tidak termasuk manfaat menurutku adalah ketika Aku mencuri yg bukan hakku, karena Aku merugikan orang lain.

Ketika sudah jelas, Aku mau menjelaskan arti syukur yg merubah caraku menjalani hidup lebih bahagia & santai namun penuh semangat menjalani hidup & mengejar cita-cita. Aneh kan? Iya, tetapi benar adanya.
emoticon-Malu (S)


Syukur yang terakhir ini merupakan bentuk tindakan sekaligus ucapan terimakasih kepada apa yg sudah dimiliki. Dengan pencerahan penuh, Aku akan sangat minim sekali, bahkan mulai sangat jarang mengeluh dari apa yg Aku miliki atau saya alami.

Saat Aku sakit, Aku akan mengatakan pada diriku sendiri, tanpa menyangkut pautkan dengan Tuhan, bahwa Aku teledor dalam menjaga kesehatan. Aku akan intropeksi diri.

Saat Aku sedang pailit, Aku akan dengan sadar mengatakan bahwa Aku kurang bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan hidupku. Aku kurang mengpakai otakku, kakiku, tanganku, & apapun yg Aku miliki saat itu.

Logikanya,
Quote:
Aku mulai menghilangkan Tuhan dalam setiap apa yg Aku lakukan. Eits, bukan menghilangkan dari keyakinanku ya, Aku menghilangkan sangkut paut Tuhan atas apa yg Aku peroleh & Aku alami. Karena Tuhan sudah memberikan segala sesuatunya, tinggal Aku yg memanfaatkannya dengan baik. Ketika Aku gagal memanfaatkannya, saat itu Aku gagal bersyukur, saat itu pula Aku mengingkari sedap Tuhan.


Jadi, dari pengertian syukur yg terakhir, Aku yakin bahwa tidak akan ada orang yg kekurangan (minimal tercukupi tanpa menggantungkan hidup pada orang lain atau jadi benalu) kalau setiap orang mau berusaha memanfaatkan setiap apa yg ia miliki.


Quote:
Tanpa mengurangi rasa hormat bagi mereka yg kebetulan berada dalam kondisi sangat tidak memungkinkan, misal peperangan, bencana, & hal lainnya. Bentuk rasa syukur mereka adalah mengpakai kemampuan mereka untuk minta bantuan ke orang lain & kemudian, setelah sanggup berdiri sendiri, perlahan, berdiri sendiri. Bukan secara terus menerus menggantungkan diri kepada orang lain.



Bahkan akan lebih baik, setelah bangkit, memberikan bantuan kepada yg membutuhkan sebagai bentuk syukur mereka akan apa yg ia sanggup lakukan.

Dengan mengpakai definisi syukur yg terakhir ini, Aku sekarang lebih sadar diri akan setiap hal yg Aku lakukan. Tidak mudah menyalahkan orang lain & lebih condong mencari solusi dalam menanggapi suatu masalah. Bahkan, Aku sudah mulai belajar tahu apa yg Aku butuhkan & apa yg tidak Aku butuhkan. Apa yg menciptakanku sakit & apa yg menciptakanku bahagia,meskipun belum sepenuhnya tahu layaknya Tuhan yg tahu segalanya. Jadi, Aku dapat dengan perlahan jadi lebih bahagia.

Kog Bisa Syukur Bikin Bahagia? Berbicara Tentang Syukur Dalam Sudut Pandang Logika


Sekian Thread -ku. Semoga memberi manfaat bagi kita semua.
Silahkan dibagi komentarnya ya.
emoticon-Shakehand2

Sumber : opini pribadi 1​


Hari ini 12:41
 

Our Partner

Top