Klopp tegaskan lagi dirinya tak tertarik gantikan Loew

Klopp tegaskan lagi dirinya tak tertarik gantikan Loew


Manajer Liverpool Juergen Klopp saat mendampingi timnya menghadapi Fulham dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Minggu (7/3/2021). ANTARA/REUTERS/POOL/Clive Brunskill.

Jakarta (ANTARA) - Manajer Liverpool Juergen Klopp menegaskan kembali dirinya tidak tertarik untuk menggantikan Joachim Loew sebagai pelatih kepala regu nasional Jerman.

Federasi Sepak Bola Jerman, DFB, pada Selasa mengkonfirmasi Loew akan meninggalkan jabatan pelatih kepala selepas mendampingi Der Panzer dalam putaran final EURO 2020 yg dijadwalkan berlangsung musim panas ini & nama Klopp disebut-sebut berbagai media sebagai salah satu kandidat pengganti.

"Apakah saya akan tersedia untuk ditawari pekerjaan timnas Jerman pada musim panas nanti? Tidak. Setelah musim panas, tidak," mengatakan Klopp dikutip dari laman resmi Liverpool, Selasa malam.

Klopp memuji pencapaian Loew yg sudah menangani Jerman sejak 2006 & menjuarai Piala Dunia 2014 setelah jadi runner-up EURO 2008, tetapi memahami kalau pelatih berusia 61 tahun itu harap menanggalkan jabatannya selepas EURO 2020.

Baca juga: Joachim Low akan mundur dari timnas Jerman setelah Piala Eropa 2020

Seturut pernyataan DFB, Loew secara pribadi mengajukan pengunduran diri selepas EURO 2020, kendati kontraknya masih berlaku hingga setidaknya 2022.

"Joachim Loew bertahun-tahun mengerjakan pekerjaan luar biasa, saya rasa dia salah satu pelatih Jerman terlama & salah satu yg tersukses," ujar Klopp.

"Ia sudah mengerjakan pekerjaan hebat & saya paham kalau dia harap mendapat sorotan terakhir, di EURO dengan berusaha mengerahkan segalanya di turnamen ini lantas orang lain meneruskan pekerjaannya."

"Saya cukup yakin dengan banyaknya jumlah pelatih Jerman yg bagus, DFB akan menemukan solusi bagus," katanya melengkapi.

Medio November 2020, Klopp juga sempat menyatakan dirinya tidak tertarik untuk menggantikan Loew di timnas Jerman.

Baca juga: Jurgen Klopp tidak tertarik gantikan Joachim Low di timnas Jerman
Baca juga: Direktur timnas Jerman tetap dukung Joachim Low usai dibantai Spanyol

Klopp mengaku sudah dikontak & ditawari pekerjaan menangani timnas Jerman tetapi mengaku tidak pernah tertarik dengan kesempatan itu.

"Ya saya sudah ditawari. Saya tidak mengatakan ini karena Joachim Loew menyatakan akan mundur. Saya tidak mengatakan ini secara proaktif, saya cuma bilang apa yg akan saya katakan ketika mereka menyebut nama saya," ujarnya.

"Saya sudah mengatakan tidak, sekarang, setelah musim panas, atau kapan pun itu, saya tidak tersedia untuk pekerjaan di timnas Jerman," mengatakan Klopp.

Lagipula, Klopp mengingatkan dirinya masih punya kontrak setidaknya hingga 2024 di Liverpool & sebagaimana yg sudah ia lakukan ketika menangani Mainz, dirinya akan menghormati kontrak itu tanpa peduli tawaran disertai iming-iming dana besar.

"Setelah musim panas nanti, saya masih memiliki kontrak tiga tahun di Liverpool. Ini pernyataan sederhana untuk keadaan yg sederhana: Anda menandatangani kontrak & sewajarnya Anda menaatinya, bukan?" mengatakan Klopp.

"Di Mainz saya juga menaati kontrak, kendati ada tawaran dari klub-klub Bundesliga lain yg punya dana lebih besar. Saya rasa semuanya soal momen & uang, kalau tidak berjalan Anda tak perlu menyesalinya, & bagi saya tidak ada masalah soal itu," pungkasnya.

Baca juga: Wonderkid Bayern, Jamal Musiala pilih timnas Jerman ketimbang Inggris
Baca juga: Leipzig diminta tak ulangi kesalahan di leg kedua lawan Liverpool
Baca juga: Klopp akui mentalitas Liverpool tidak sama lagi

Continue reading...
 

Our Partner

Top