Kisah Nostalgia Ane & Karet Gelang. Yang Satu Server, Merapat Gan!

gamebocor

Administrator
Staff member
Quote:
Kisah Nostalgia Ane & Karet Gelang. Yang Satu Server, Merapat Gan!

sumber


Karet gelang, benda kecil yg elastis yg waktu jaman ane imut-imut banyak kegunaan & manfaatnya. dari mulai yg remeh temeh sampe yg dapat menyelamatkan harga diri di depan temen-temen seperjuangan.

Benda yg biasa ane jumpain di dapur emak, bekas bumbu atau sambeleun yg dibungkus kertas terus dikaretin. Eh, kadang nemu di jalan juga atau untuk yg harap sengaja beli, di warung juga banyak kok yg jual.

Punya kenangan apa kalian sama karet gelang gansis? Yang jaman SD nya udah puluhan tahun silam, silakan merapat
emoticon-Leh Uga



1. Buat Ngikat Kaos Kaki Yang Longgar​


Quote:
Kisah Nostalgia Ane & Karet Gelang. Yang Satu Server, Merapat Gan!

sumber


Udah ketentuan alam, kalo kaos kaki yg kita pake suatu saat pasti akan longgar. Melorot setiap dipake jalan, agak ngejengkelin & bikin ngga pede kan? Nah karet gelang ini datang sebagai penyelamat. Dikaretin, & kaos kaki auto kek baru lagi, meski setelahnya meninggalkan bekas dibetis yg kadang bikin pedih & gatal.
emoticon-Wakaka


2. Penghapus Darurat​


Quote:
Kisah Nostalgia Ane & Karet Gelang. Yang Satu Server, Merapat Gan!

sumber


Biasa trik ini manfaat disetiap saat pas ane masih SD gan. Pas lupa bawa penghapus, atau emang penghapusnya udah abis, karet gelang yg dililit ke pensil jadi penyelamat. Apalagi kalo pas lagi ulangan yg gurunya agak galak, ngga boleh pinjem alat-alat tulis, walaupun sama temen sebangku.

Walau ngga begitu bersih & rawan bikin buku robek, penghapus ini pernah jadi tren yg turun temurun.
emoticon-Wkwkwk



3. Trik Sulap Ala-ala​


Quote:
Kisah Nostalgia Ane & Karet Gelang. Yang Satu Server, Merapat Gan!

sumber


Bermodalkan satu atau dua karet yg dibentuk hingga jadi bentuk bintang, balon udara, laba-laba hingga bentuk-bentuk huruf yg dapat diperagakan pake karet, kayak huruf X, Y, L, I & O. Ada kebanggaan tersendiri kalo pas udah dapat bikin bentukan yg diajarin sama temen. Padahal mah retjeh banget itu tuh
emoticon-Leh Uga
Tapi emang dasar bocah ya gan, baru dapat segitu aja songongnya dah sundul langit.

Eh, anak-anak Jepang kayak Nobita itu main kayak gini juga lho. Cuma kayaknya mereka pake tali. Nama permainannya "Ayatori"


4. Gelang Dari Karet​


Quote:
Kisah Nostalgia Ane & Karet Gelang. Yang Satu Server, Merapat Gan!

sumber


Kalo ini udah agak modern dikit gan. Biasa dipake sama cewe-cewe, & karet yg dipake juga agak khusus, kecil-kecil dengan warna-warni yg cerah.

Cara bikinnya dijalin kayak untuk maen lompat tali, dikreasiin selang-seling atau sewarna juga kayaknya bagus, terus dipake dipergelangan. Cakep sih, tetapi hati-hati jangan sampe terlalu ketat, nanti dapat bikin darah ngga ngalir.
emoticon-Wow



5. Menekuk Ujung topi

Ujung topi yg cenderung datar dianggap ngga keren, jadi dibuatlah tren dengan menekuk ujung padnya jadi agak lengkung. & kalau dibentuk dengan tangan, prosesnya bikin pegel, jadi cara yg praktis dengan mengikat ujung topinya dengan karet --sesuai kebutuhan-- hingga membentuk lekukan yg diharapkan. Canggih juga kan idenya
emoticon-Cool


6. Pistol Karet​


Quote:
Kisah Nostalgia Ane & Karet Gelang. Yang Satu Server, Merapat Gan!

sumber


Karet dibentuk supaya menyerupai pistol. Dan dengan jepretan model kayak gini, biasa dipakai untuk jepret cicak atau gangguin anak perempuan yg lewat


7. Ikat Rambut

Untuk anak perempuan biasa dipakai untuk mengikat rambutnya yg memang panjang. Kalo untuk anak laki-laki? Mereka biasa mengikat kepalanya.

Entah kenapa & apa maksudnya, tetapi mereka biasa berbuat seperti itu sehingga pas dilepas, bagian poni jadi jigral ke atas, & jidat jadi ada besak karetnya.
Ane juga ngga habis pikir sampe sekarang apa yg melatar belakangi mereka berbuat seperti itu
emoticon-Ngakak



Selain dipakai sebagai alat bantu, karet gelang ini juga biasa dipakai untuk alat permainan.


8. Permainan Kutik / Cutik​


Quote:
Kisah Nostalgia Ane & Karet Gelang. Yang Satu Server, Merapat Gan!

sumber


Nah ane mau jelasin soal permainan karet gelang yg samar-samar ane inget. Udah puluhan tahun soalnya kan. Pertama-tama karet dilempar pelan ke udara, lalu pas jatuh dicungkil pake ujung jari, biasanya sih jempol.

Lalu kalau karet menindih karet yg lain, lalu agan sista harus memberi titik diantara --apa ya namanya-- area gabungan antara dua karet yg saling tindih tadi dengan jari, biasanya pake ujung kelingking karena kacil. & kalo berhasil ngga menyentuh karetnya, maka jadi milik si pemain.
emoticon-Toast


9. Permainan Lompat Tali

Ini legend banget ya gansis, hingga sekarang pun masih ada, walau ngga seheboh jaman dulu. Eh, selain permainan seru, lompat tali ini banyak manfaatnya lho buat kesehatan, khususnya anak-anak. Yuk disimak Gansis!​


Quote:

1. Melatih Keseimbangan
Gerakan melompat yg konsisten & terus menerus dapat melatih keseimbangan tubuh & juga memperlancar gerak motorik untuk anak

2. Menguatkan Otot
Pada saat melompat seluruh tubuh bergerak, dengan kekuatan kaki yg mengangkat tubuh hingga melambung ke atas diperlukan otot kaki yg kuat. Ta cuma itu, otot tangan & perut juga bergerak bersamaan sehingga terbentuk kekuatan yg bagus untuk tumbuh kembang anak. Sehingga dapat melatih anak untuk bergerak lebih aktif & lincah.

3. Menurunkan Berat Badan
Kelebihan berat badan, atau over weight tidak cuma buruk untuk kesehatan, tetapi dapat menciptakan orang jadi malas mengerjakan aktifitas yg membutuhkan pergerakan yg banyak. Lompat tali kalau dilakukan dengan benar & diiringi dengan pola makan yg baik, maka dapat juga menurunkan berat badan.

4. Menyehatkan Jantung
Detak jantung saat kita bermain lompat tali jadi meningkat. Hal itu bagus untuk kesehatan jantung. Yaitu melatih ototnya supaya dapat memompa darah ke seluruh tubuh dengan maksimal.

5. Suasana Hati Menjadi Baik
Saat bermain tali tubuh menghasilkan hormon endorfin yg menciptakan tubuh jadi rileks & mood jadi lebih baik. Agan sista ngga pernah liat kan anak-anak yg main lompat tali tetapi mukanya cemberut? Pasti ceria kan? Naaah, itu!

6. Mengembangkan kemampuan otak
Lompat tali menjadikan otak jadi "sedikit" bekerja, mengatur suapaya tubuh dapat melompati tali dn mnejaga keseimbangan & juga kewaspadaan supaya tidak sangkut pada saat melompat.

7. Meningkatkan Keterampilan & Kesehatan Mental
Tidak cuma fisik saja yg sehat. Tapi lompat tali juga melatih kesehatan mental anak. Dilatih supaya timbul keberanian & belajar untuk dapat bersosialisasi dengan teman-temannya.

Quote:
Kisah Nostalgia Ane & Karet Gelang. Yang Satu Server, Merapat Gan!

sumber



Sampai di sini dulu cuap-cuap ane ya gansis, semoga dapat nambah semangat buat hari ini. Tetap sehat & jangan lupa bahagia, jumpa lagi di thread selanjutnya
Kisah Nostalgia Ane & Karet Gelang. Yang Satu Server, Merapat Gan!


sumber

Sumber: Pengalaman Pribadi & Referensi​



Hari ini 06:23
 

Our Partner

Top