Ketika Korean Wave sukses menembus negara Bollywood

gamebocor

Administrator
Staff member

Ketika Korean Wave sukses menembus negara Bollywood

sumber gambar channel-korea.com

Selamat pagi/siang/sore & malam untuk GanSis! Tentunya tidak sedikit diantara GanSis yg nge-fans dengan seniman K-Drama, & penyanyi K-Pop bahkan hingga ada yg belajar bahasa Korea & menggemari masakan Korea.

Fenomena ini bukan cuma terjadi di sini tetapi juga di negara lain, & yg ga disangka-sangka dapat menembus negara asal Bollywood, yg sejak lama menghasilkan banyak seniman & penyanyi ternama & diketahui dibanyak negara. Kali ini saya akan membahas mengenai sepak terjang Hallyu a.k.a Korean Wave di India.

Tidak pernah terbayangkan sebelumnya bagi Soumyata Narula (39 tahun), yg merupakan pekerja media suatu saat jadi bagian dari ARMY (fans k-pop). Narula bahkan bukan penggemar musik, & cuma menyukai beberapa lagu lama yg dinyanyikan pelantun India.

Namun semua ini berubah ketika pada tanggal 7 Agustus lalu, untuk perdana kali-nya Narula mendengar lagu Jump yg dibawakan BTS, Saat itu juga saya langsung jatuh sayang kepada BTS dengan 7 orang personil-nya.

Dan lagu-lagu dari BTS sudah menghibur Narula selama masa lockdown, yg tinggal seorang diri di apartemen di kota Mumbai. Dilansir dari Spotify, selain BTS - K-Pop lain yg juga populer di India & sering di streaming seperti BLACKPINK, Twice, EXO, GOT7, Mamamoo & Red Velvet.

Ketika Korean Wave sukses menembus negara Bollywood

sumber gambar Deutsche Welle

Sama hal-nya dangan K-Pop, K-Drama juga sudah jadi bagian penting dari Generasi Z & Millennial India. Serial K-Drama mengalami kesuksesan luar biasa melalui layanan streaming di India. Fenomena ini juga ikut mendorong banyak warga India untuk belajar bahasa Korea.

Ketertarikan untuk mempelajari bahasa Korea sudah meningkat tajam di India, seiring dengan meningkatnya popularitas budaya pop Korea. Beberapa orang mengambil langkah ekstra untuk mempelajari bahasa Korea dengan mendaftar program profesional atau mengpakai aplikasi belajar online.

Seperti aplikasi belajar bahasa Duolingo, mengalami peningkatan 11% warga India yg belajar bahasa Korea antara bulan Oktober 2019 & bulan Februari 2020. Pada bulan Maret 2020 naik jadi 98%, & pada bulan Oktober 2020 sudah mencapai peningkatan 256% warga India yg belajar bahasa Korea.

Ketika Korean Wave sukses menembus negara Bollywood

sumber gambar indiatimes.com

Selain K-Pop, K-Drama juga jadi hal yg sangat populer di India, populer-nya K-Drama ini didorong oleh lockdown dan penggiat sosial media yg punya banyak pengikut.

Sejak setahun lalu Scherezade Shroff, Youtuber kecantikan & life style asal India, menghabiskan waktu selama masa lockdown dengan menyaksikan berbagai film, tontonan favorit tidak terkecuali K-Drama seperti Crash Landing on You (CLoY) secara online.

Ketika Korean Wave sukses menembus negara Bollywood

sumber gambar thecinemaholic.com

Shroff menyebutkan ketika dia kehadapatn acara untuk ditonton, salah seorang sahabatnya menyodorkan CLoY untuk dia tonton. Sebelumnya saya cuma menonton acara lokal, setelah saya menonton K-Drama, saya tidak berhenti disitu saja. Ada banyak hal lain seperti gaya hidup, budaya & kesamaan dengan nilai-nilai di India. mengatakan Shroff

Dan begitu Shroff menyadari banyak follower di instagram-nya juga menggemari K-Drama, Shroff menciptakan group Facebook Sherrys K-Drama Club untuk para penggemar drama Korea, dengan jumlah anggota saat ini lebih dari 6000 orang.

Ketika Korean Wave sukses menembus negara Bollywood

sumber gambar indiatimes.com

K-Drama Crash Landing on You dirilis pada Desember 2019, merupakan sebuah drama Korea yg mengisahkan hubungan asmara antara seorang wanita taipan Korea Selatan dengan seorang perwira Angkatan Darat Korea Utara.
Dan pada Maret 2020 K-Drama ini jadi sangat populer di India, ini adalah suatu hal yg tidak pernah diduga. Dan selama diberlakukan lockdown, CLoY ini mengalahkan beberapa serial domestik & masuk dalam Top Ten Netflix di India.

Ketika Korean Wave sukses menembus negara Bollywood

sumber gambar indiatimes.com

Dan menurut Shroff, K-Drama bukan sekedar hiburan semata, disaat penonton menyaksikan K-Drama mereka juga harap mencoba masakan Korea yg di lahap oleh pemeran.

"Daya tariknya kuat, karena ada elemen berulang kali ditayangkan di seluruh drama - ramyun (mie pedas Korea), tteokbokki (kue beras pedas), mandu (pangsit), & soju (alkohol)," menurut Shroff.

"Kami melihat peningkatan tajam jumlah pembeli India selama setahun terakhir," mengatakan Subhash Kukreja, pemilik toko spesifik ang menjual makanan Asia Timur di kota Gurgaon di India utara.

Berdiri di depan dinding yg dipenuhi dengan berbagai merek & rasa ramyun yg berbeda, dia mengatakan: "Mie pedas Korea adalah favorit pembeli lokal."

Nah GanSis sendiri suka dengan K-Pop, K-Drama atau masakan korea yg mana?

Ketika Korean Wave sukses menembus negara Bollywood

Mie instan khas Korea laris manis terjual di toko makanan Asia Timur yg terletak di Gurgaon, India utara
Sumber gambar Deutsche Welle

Seiring penetrasi K-Pop & K-Drama yg merasuki ratusan & ribuan rumah tangga di seluruh India - negara dengan populasi lebih dari 1 miliar orang Korean Wave mungkin baru saja mencapai salah satu pasar potensial terbesar di dunia.

Cukup sekian thread saya yg kali ini membahas Hallyu di India. Dan terimakasih banyak untuk GanSis yg sudah membaca thread ini, semoga bermanfaat buat GanSis.

Sampai jumpa di thread saya selanjutnya.

Sumber Deutsche Welle, RollingStones India, indiatimes.com​

Hari ini 19:19
 

Our Partner

Top