Kenalan Yuk Sama Maskot PON Papua 2021!

gamebocor

Administrator
Staff member
Helloo Agan & Sista!
emoticon-Selamat


Kenalan Yuk Sama Maskot PON Papua 2021!


Tahu dong kalau PON XX akan diselenggarakan tahun ini? Nah, menjelang diselenggarakannya PON XX di Papua pada bulan Oktober nanti, banyak hal yg menarik perhatian khalayak. Salah satunya adalah pemilihan maskot PON XX itu sendiri. Dua hewan khas Papua, yaitu Kangpho & Drawa resmi dipilih jadi maskot dari pesta olahraga terbesar di Indonesia ini.



1.Kangpho

Kangpho merupakan singkatan dari Kanguru pohon. Kalau selama ini yg kita tahu kanguru cuma ada di Australia, ternyata di Papua juga ada lho tipe kanguru pohon. Satu diantaranya yg sangat terkenal adalah kanguru pohon mantel emas atau Dendrolagus Pulcherrimus. Hewan ini merupakan satwa marupial atau mamalia yg memiliki kantung di perutnya. Kangpho memakan buah & biji-bijian. Bagian pipi, leher & kakinya dihiasi warna kuning keemasan, sehingga hewan ini memiliki julukan mantel emas.


Makna dari Kangpho sebagai maskot PON XX Papua:


lPuncak salju di kepala Kangpho: mewakili ciri khas pegunungan Papua

lRumbe-rumbe pada kepala & pinggang: Busana lambang kebesaran untuk kaum laki-laki & perempuan Papua, yg memberi arti sambutan hangat & penuh keakraban tanah Papua.

lObor: Menunjukkan semangat kuat & menyala bagai api untuk bertanding merebut prestasi dengan menjunjung tinggi sportifitas.

lUkiran pada ikat pinggang: Ukiran khas Papua diketahui dunia, sebagai bentuk tradisi kehidupan & spiritual hidup serta penghormatan kepada nenek moyang.


2.Drawa

Selain Kangpho, Drawa juga dipilih jadi maskot PON XX di Papua. Drawa diambil dari nama Burung Cenderawasih. Dalam bahasa ilmiah burung ini disebut juga Paradisaea Raggiana, yaitu tipe burung pengicau berukuran sedang dengan panjang 34 cm.


Drawa adalah burung jantang dewasa yg memiliki hiasan yg didominasi warna merah, jingga & warna campuran antara merah & jingga pada perutnya. Bulu dibagian dadanya berwarna cokelat tua. Uniknya, pada ekor Drawa terdapat dua buah tali panjang berwarna hitam.


Makna dari Drawa sebagai maskot PON XX Papua:


l3 lingkaran: medali emas, perak & perunggu

lWarna asli cenderawasih: semangat, kehangatan & kegembiaraan

lWarna kulit: Kehangatan, persahabatan & sayang kasih

lSayap, ekor & jari: Simbol penyelenggara PON XX​


Gimana, gansis? Keren kan maskotnya? Jadi ngga sabar ya harap segera menyaksikan ajang olahraga terbesar ini. Sambil nunggu, kalian dapat intipin nih update informasinya disini https://www.ponxx2020papua.com/[/u]
Hari ini 13:37
 

Our Partner

Top