Kaulinan Barudak, Upaya Kikis Ketergantungan Gadget

gamebocor

Administrator
Staff member
Kaulinan Barudak, Upaya Kikis Ketergantungan Gadget


PORTALJABAR, -Pada era seperti sekarang ini, ketergantungan manusia kepada gadget sungguh luar biasa. Segala aktivitas kehidupan hampir takkan lepas dari barang yg satu ini. Kemajuan teknologi menciptakan manusia menjadikan gadget sebagai hal penting dalam hidupnya; & tak sedetik pun mereka rela lepas dari handphone yg dimilikinya.

Ini jadi bukti bahwa orang zaman sekarang bukan saja tak mau ketinggalan teknologi, bahkan dapat jadi sudah jadi budak dari teknologi itu sendiri, karena salah di dalam memahami & mengaplikasikannyapada kehidupan sehari-hari.

Kebutuhan akan gadget memang vital pada kehidupan kita sehari-hari, apalagi saat pandemi seperti sekarang ini. Apalagi anak-anak harus mengerjakan sekolah daring & gadget adalah barang yg sangat dibutuhkan mereka. Persoalannya, selain kebutuhan tersebut, anak-anak malah lekat untuk bermain game. Ketergantungan kepada hal inilah yg kemudian mulai meresahkan, karena anak-anak lupa akan lingkungan sekitarnya. Belum lagi akibat negatif lainnya yg dihadirkan oleh persoalan gadget.


Setianingsih, dkk., dalam Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Prasekolah Dapat Meningkatan Resiko Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas (2018), menyatakan kecanduan gadget dapat memengaruhi perkembangan otak anak. Kondisi ini terjadi karena produksi hormon dopamine yang berlebihan menganggu kematangan fungsi prefrontal korteks dalam mengontrol emosi, tanggung jawab, pengambilan keputusan, & nilai-nilai moral lainnya.


Hal ini kalau dibiarkan terus menerus akan berdampak buruk kepada anak & menciptakan anak selamanya sering ketergantungan kepada gadget. Dengan melihat kenyataan itu, maka para orang tua tentu saja perlu memikirkan satu langkah yg paling tidak dapat meminimalisasi ketergantungan. Untuk menghilangkan ketergantungan itu sepenuhnya tentu saja bukan hal yg mudah, tetapi setahap demi setahap dengan adanya aktivitas lain maka tentu saja ketergangtungan pada gadget itu dapat dikurangi.


Alternatif yg dapat kita kedepankan adalah dengan mengambil khazanah di tatar Pasundan, seperti kaulinan barudak. Ini adalah bagian yg sangat penting untuk edukasi anak, supaya tidak sering tergantung kepada gadget.


Selama ini kita melihat kecenderungan anak itu lebih menyukai game. Semua itu sebetulnya terjadi karena peran orangtua tidak mengarahkan anak untuk mengetahui tentang adanya permainan anak tradisional, yg sesungguhnya menarik bagi usia mereka. Benar tidak semudah itu mereka akan menyukainya, tetapi bila disosialisasikan secara baik maka lambat laun dapat saja mereka tertarik dengan permainan tersebut.


Sesungguhnya banyak sekali permainan anak atau kaulinan barudak yg dapat dikenalkan kepada anak-anak di lingkungan kehidupan kita sehari-hari. Ada anjang-anjangan, gatrik, cingciripit, oray-orayan, boy-boyan, galah asin, & sebagainya. Nama-nama ini tentu saja sangat asing di telinga anak-anak zaman sekarang. Maka kalau tak dikenalkan sejak dini tentu saja mereka akan semakin tak mengetahuinya serta menciptakan mereka takkan pernah mau mengenal permainan tersebut.


Sumber : Portal Jabar
Hari ini 10:53
 

Our Partner

Top