Kasus Korupsi Terbesar Dan Terparah Di Sejarah Modern Dunia

gamebocor

Administrator
Staff member
9 Desember diperingati sebagai hari anti korupsi sedunia & ditetapkan oleh perserikatan bangsa-bangsa (PBB). Keputusan ini diambil untuk meningkatkan pencerahan betapa bahayanya korupsi bagi sebuah bangsa atau negara.

Mirisnya dalam beberapa waktu lalu masyarakat Indonesia justru dikejutkan oleh tindakan tidak terpuji pejabat publik, dua menteri dari kabinet Indonesia maju ditahan KPK karena tersandung kasus korupsi.

Pada 25 November menteri kelautan & perikanan (Edhy Prabowo) diamankan KPK terkait kasus suap perizinan ekspor benih lobster. Berselang beberapa hari KPK kembali mengumumkan kasus korupsi yg dilakukan oleh seorang menteri, kali ini giliran menteri sosial (Juliari Batubara) yg terjerat kasus suap bantuan sosial Covid-19.

Aksi Korupsi Yang Tidak Lazim Di Indonesia

Nah, selain kasus yg ramai sekarang di Indonesia pernah ada kasus korupsi yg mungkin terdengar tidak lazim. Pokoknya sereceh apa pun jumlahnya para pejabat publik sering mencari celah untuk menggarong uang negara.

1. Korupsi Pemeriksaan Kebuntingan Sapi

Kasus Korupsi Terbesar Dan Terparah Di Sejarah Modern Dunia


Pada 2017 silam kejaksaan tinggi Jawa Timur menahan tersangka kasus dugaan korupsi dana APBN & APBD dalam pelaksanaan kegiatan pemeriksaan kebuntingan & teknik reproduksi ternak sapi di dinas peternakan Jawa Timur.

Setelah memanipulasi sejumlah data & dokumen tersangka berhasil meraup uang senilai 159 juta rupiah dari aksi akal-akalan bikin kegiatan pura-pura memeriksa sapi bunting, hukamannya yaa pasti masuk bui + denda ratusan juta rupiah.

2. Korupsi Perizinan Tanah Kuburan

Kasus Korupsi Terbesar Dan Terparah Di Sejarah Modern Dunia


Satu lagi nih salah satu kasus korupsi yg dianggap gila adalah korupsi pengadaan izin lahan kuburan yg terjadi di Bogor pada 2013. Kasus ini menjerat banyak pihak termasuk mantan ketua DPRD kabupaten Bogor (Iyus Djuher).

Dugaan tindak pidana ini berkaitan dengan perizinan letak tanah seluas 1 juta meter persegi yg akan dibangun sebagai pemakaman khusus. Dalam kasus ini ditemukan bukti serah terima uang senilai 800 juta rupiah untuk memuluskan pengurusan izin letak tersebut.

Kasus Korupsi Terbesar Dan Terparah Di Sejarah Modern Dunia

Tak cuma di Indonesia, kasus korupsi menggemparkan juga pernah terjadi dibanyak negara. Bahkan salah satunya dianggap sebagai terbesar & terparah di dunia.

1. Skandal Korupsi Dan HAM

Kasus Korupsi Terbesar Dan Terparah Di Sejarah Modern Dunia


Presiden ke-45 Peru (Alberto Fujimori) adalah seorang pemimpin yg sangat otoriter, sayang kepemimpinannya dikotori oleh tindakan korup. Selama satu dekade berkuasa, Fujimori diduga mengumpulkan lebih dari 600 juta dollar atau sekitar 8,4 triliun rupiah dari dana publik secara ilegal.

Pada 2001 Fujimori melarikan diri ke Jepang karena skandal korupsi senilai 1 miliar dollar atau setara 14 triliun rupiah & melibatkan kepala Intelijen Nasional Peru. Fujimori menyuap kepala Intelijennya untuk menutupi kasus korupsi selama ia berkuasa.

2. Dari Rumah Gedongan Hingga Pembantaian

Kasus Korupsi Terbesar Dan Terparah Di Sejarah Modern Dunia


Pada 2010 presiden Ukraina (Viktor Yanukovych) mengakhiri masa jabatannya dengan hinaan & pelarian. Viktor kabur ke Rusia pada februari 2014 saat meletus revolusi Ukraina yg menewaskan lebih dari 100 orang.

Viktor meninggalkan rumah seluas 140 hektar di Mezhyhirya lengkap dengan lapangan golf, kebun binatang pribadi, & replika kapal perang Spanyol. Selama berkuasa Viktor menyelewengkan uang rakyat demi keuntungan pribadi yg totalnya mencapai 40 miliar dollar Amerika atau setara dengan 565 triliun rupiah.

Balasan Untuk Para Koruptor

Ngeri ya angka-angka korupsi ini, demi membiayai gaya hidup mewah dengan cara mudah korupsi terus mewabah. Lalu apa balasan sanksi yg kira-kira paling pantas diterima oleh para koruptor.

1. Hukuman Mati

Kasus Korupsi Terbesar Dan Terparah Di Sejarah Modern Dunia


Selama ribuan tahun sanksi mati jadi tontonan publik, mulai dari ditenggelamkan, dipancung, diumpankan ke binatang, kursi listrik, & suntik mati pun dilakukan untuk menciptakan efek jera bagi mereka yg melihatnya.

Setidaknya ini yg dipikirkan beberapa negara untuk melenyapkan pelaku korupsi & mematikan niatan lainnya, ada beberapa ragam eksekusi sanksi mati untuk para koruptor.

Di negara Tiongkok memberlakukan sanksi mati untuk para koruptornya. Menurut data amnesty internasional ada 4.000 orang yg dijatuhi sanksi mati setiap tahun karena korupsi.

Seseorang yg terbukti merugikan negara lebih dari 215 juta pasti dihukum mati tanpa terkecuali. Mantan menteri perkeretaapian & walikota (Liu Zhijun) sebagai contohnya. Sebelum digantung atau ditembak mati pelaku korupsi harus diarak terlebih dahulu & dipertontonkan dihadapan banyak orang untuk menciptakan efek jera bagi masyarakat.

China mulai tegas kepada koruptor sejak pemerintahan presiden Xi Jinping, karena tidak mungkin selamat dari jerat sanksi mati. Beberapa pejabat yg tertangkap memilih bunuh diri sebelum diadili.

2. Eksekusi Mati Di Indonesia

Kasus Korupsi Terbesar Dan Terparah Di Sejarah Modern Dunia


Indonesia juga memberlakukan sanksi tembak mati kepada para pelaku koruptor selama memenuhi dua syarat berikut, yaitu koruptor mengerjakan korupsinya secara berulang atau mengerjakan korupsi dalam kondisi darurat akibat bencana alam.

Namun selama otoritas pemberantas korupsi berdiri belum ada terdakwa korupsi yg dituntut sanksi mati, sanksi maksimal yg pernah dituntut KPK adalah penjara seumur hidup kepada mantan ketua MK Akil Mochtar.

3. Bunuh Diri

Kasus Korupsi Terbesar Dan Terparah Di Sejarah Modern Dunia


Bagi bangsa Jepang & Korea Selatan tindakan korupsi itu adalah hal yg paling hina, sebenarnya sanksi yg diatur untuk pelaku korupsi di negara ini tidak lah berat. Namun sanksi sosial yg menciptakan mereka akhirnya memilih mengakhiri hidupnya sendiri.

Mantan presiden Korea Selatan (Roh Moo-Hyun) bunuh diri dengan cara melompat dari bukit. Sebelumnya Roh Moo-Hyun jadi incaran penyidik karena kasus korupsi yg melibatkan dia & isterinya, lalu mantan pertanian Korea Selatan (Im Sang-Gyu) ditemukan tewas di dalam mobil serta pesan bunuh diri.

Dalam surat tersebut dia mengaku sengsara & letih dikejar-kejar. Mantan menteri pertanian Jepang (Toshikatsu Matsuoka) gantung diri ketika dirinya ditangkap karena dugaan korupsi, ia dituduh menerima suap dari perusahaan kontraktor.

Pada 2018 seorang pejabat kementerian keuangan ditemukan tewas dirumahnya di Kobe, bukti diri pejabat ini tidak diumbar ke publik ia diduga terlibat dalam skandal penjualan tanah negara.

4. Dibuang Ke Tempat Sampah

Kasus Korupsi Terbesar Dan Terparah Di Sejarah Modern Dunia


Perlakuan koruptor yg sangat hina menjadikan koruptor dianggap sampah masyarakat, inilah yg terjadi pada pelaku koruptor yg terjadi beberapa tahun lalu. Ternyata orang yg dibuang ke tempat sampah adalah Vitaly Zhuravsky mantan menteri pada kabinet presiden Ukraina Viktor Yanukovych.

Dia juga menjabat sebagai anggota parlemen dengan kebijakan kontroversial yg menciptakan publik geram, dia mengeluarkan kebijakan yg memberi pengampunan kepada kaum separatis.

Wajar saja masyarakat jadi gemas & akhirnya keluar ke tengah publik, masa melempar dirinya ke tong sampah.

5. Bebaskan Warga Menembak Koruptor

Kasus Korupsi Terbesar Dan Terparah Di Sejarah Modern Dunia


Presiden Filipina Rodrigo Duterte merupakan salah satu pemimpin negara yg kerap menyuarakan anti korupsi di negaranya, dia sempat mengancam pejabat yg berani mengerjakan korupsi akan dilemparkan dari helikopternya.

Sekali waktu Duterte juga mengancam akan menghukum mati pelaku korupsi. Beberapa waktu lalu Duterte mengeluarkan pernyataan bahwa rakyat boleh menembak terduga koruptor asal tidak membunuhnya.

Pernyataan-pernyataan Duterte yg kontroversial ini menciptakan perserikatan bangsa-bangsa (PBB) mengawasinya supaya tidak mengerjakan pelanggaran HAM. Di Filipina sendiri sanksi korupsi hanyalah membayar denda & sanksi penjara, seperti yg diterima oleh mantan ibu negara (Imelda Marcos).

Itulah beberapa balasan bagi koruptor di dunia. Menurut anda bagaimana ya koruptor jera dengan perbuatannya tersebut.



Sumber 1

Sumber 2

Sumber 3

Sumber 4

Sumber 5

Sumber 6

Sumber 7

Sumber 8

Sumber 9​


Hari ini 12:05
 

Our Partner

Top