Kabar Duka Cita, Raja Zulu Afrika Selatan Yang Kontroversial Tutup Usia

gamebocor

Administrator
Staff member
Kabar Duka Cita, Raja Zulu Afrika Selatan Yang Kontroversial Tutup Usia

Foto: timelives.co.za​

Hai para Agan & Sista semuanya yg ada dimanapun berada, tetap patuhi protokol kesehatan ya GanSis. Kali ini saya akan membagikan informasi dari Afrika Selatan, dimana hari ini mereka kehilangan Raja mereka untuk selamanya. Semoga keluarga yg ditinggalkannya diberikan ketabahan & kekuatan, Amin.

Kematian "Godwil Zwelithini", yg merupakan raja orang Zulu di Afrika Selatan (Afsel) menciptakan sedih keluarga & rakyatnya. Banyak ucapan belasungkawa berdatangan dari para rakyatnya bahkan dari pejabat pemerintah Afsel.

Godwil Zwilletthini merupakan raja yg sangat dihormati oleh orang-orang Zulu, meskipun Godwil seorang tokoh masyarakat yg cukup kontroversial di Afrika Selatan karena aturan adat istiadatnya. Godwil tutup usia hari ini tepatnya Jumat, 12 Maret 2021, & tutup usia pada umur 72 tahun. menurut laporan dari bawahan raja Zulu, Godwil sebenarnya sudah sakit selama berminggu-minggu di rumah sakit karena penyakit komplikasi yg ia derita, penyakit awalnya adalah diabetes.

Kabar Duka Cita, Raja Zulu Afrika Selatan Yang Kontroversial Tutup Usia

Foto: bbc.com​

Laporan dari kantornya mengatakan dalam sebuah pernyataan: "Dengan sangat sedih saya berduka atas bangsa ini atas kematian Yang Mulia Raja," dimana Kesehatan Yang Mulia semakin memburuk selama dia tinggal di rumah sakit, & diapun meninggal dunia pada Jumat dini hari.

Secara aturan negara sebenarnya Godwil tidak memiliki kekuatan nyata apa pun di Afrika Selatan sekarang. Akan tetapi ia memiliki pengaruh kuat kepada sekitar 11 juta orang penduduk etnis Zulu, kelompok etnis Zulu merupakan yg terbesar di negara Afrika Selatan & perannya raja ini cuma difokuskan pada sisi spiritual. Jika di Indonesia dapat dikatakan pimpinan adat suku masing-masing, meskipun tidak berperan di pemerintahan namun berpengaruh penting di suku.

Selama masa pemerintahannya Godwil sudah menjabat hampir setengah abad, selama ia jadi raja ia kerap menimbulkan banyak kontroversi diantaranya dengan mengadakan acara festival untuk gadis perawan, & paling kontroversial adalah ketika ia mengatakan kalau imigran Afrika merupakan "semut" & "kutu", yg mana pendatang dianggap sebagai pemicu serangan xenofobia seperti rasisme, teori konspirasi & antisemitisme.

Kabar Duka Cita, Raja Zulu Afrika Selatan Yang Kontroversial Tutup Usia

Foto: sowetanlives.co.za​

Akhirnya, dia menciptakan pernyataan yg mendukung bentuk sanksi fisik dengan dalih menolong mahasiswa meningkatkan prestasi akademiknya, ia juga mengatakan bahwa homoseksualitas tidak dapat diterima di Afrika khususnya di wilayahnya.

Godwil juga seorang pemilik tanah yg luas, ia naik tahta pada usia dua puluh tiga tahun selama "rezim apartheid" pada tahun 1971, setelah kematian ayahnya. Di Afrika Selatan, raja suku diakui secara konstitusional & sering memainkan peran simbolis yg kuat di negara.


Referensi: Dw.com - South Africa: Zulu King Goodwill Zwelithini dies aged 72 Hari ini 21:22
 

Our Partner

Top