Jangan jualan sebelum lo paham cara kelola persediaan barang bro!

gamebocor

Administrator
Staff member
Jangan jualan sebelum lo paham cara kelola persediaan barang bro!


Apakah persediaan barang itu penting dalam sebuah bisnis? Jika jawabannya untuk tipe usaha yg memerlukan produk, maka iya. Mengelola barang itu membutuhkan waktu, tenaga & juga tempat.

Semakin banyak barang yg di stok, maka semakin akbar pula tempat yg dimiliki. Hal itu juga berkaitan dengan gudang tempat penyimpanan.

Kenapa barang harus disimpan dengan baik? Karena hal itu akan mempengaruhi proses jual beli. Sebagai pebisnis, anda tentunya tidak mau kalo barang malah rusak & tidak terjual kan? Tentu saja iya, karena itu menimbulkan kerugian.

Yuk, kenalan dengan apa sebenarnya pengertian dari persediaan barang.
Setelah itu, baru kita akan mempelajari cara mengelola barang di gudang dengan baik. Dan, mari pelajari kesalahan-kesalahan apa yg tidak boleh dilakukan dalam mengelola stok di gudang.


Apa yg dimaksud dengan persediaan barang? Kalo menurut Dictio.id, ada dua jawaban yaitu berdasarkan tipe perusahaan.

Kalo perusahaan manufaktur, persediaan adalah simpanan bahan baku atau barang setengah jadi untuk diproses supaya memiliki nilai lebih. Setelah itu, baru dapat dijual ke konsumen dengan harga yg lebih besar.

Kalo perusahaan dagang, persediaan adalah barang yg disimpan supaya dapat dijual kepada pelanggan. Tujuannya sama yaitu mendapatkan profit.

Jika melihat sekilas dari fungsinya, ada disparitas sedikit antara manufaktur dengan dagang yaitu proses pengolahannya. Manufaktur mengubah sebuah barang sedangkan dagang menjual barang yg sudah jadi.

Lebih lanjut, berbicara mengenai barang persediaan pasti berkaitan dengan nilai tambah. Hal itu juga dijelaskan dari kedua definisi yg sudah disebutkan di atas.


Masih lebih banyak lagi yg dapat lo ketahui tentang persediaan barang ini, lo dapat cek di sumber artikel di bawah ini ya.


Sumber Artikel Disini​



Hari ini 11:16
 

Our Partner

Top