Ini Cerita Saya tentang Komodo di Mata Dunia

gamebocor

Administrator
Staff member
Ini Cerita Saya tentang Komodo di Mata Dunia

komodonationalpark.org



Keindahan alam sekitar pulau Komodo memang sudah memikat mata dunia, bahkan daya tarik hewan purba Komodo jadi gambar populer di media internasional.
Hari ini tidak sengaja, ketika saya menyalakan komputer & mengklik www.bing.com pada layar depan terlihat satu gambar pemandangan yg begitu indah disertai dengan tulisan dibawahnya,"Welcher "Draher" leben hier? (bing.com pada 7 Maret 2021).
Tulisan bahasa Jerman itu sejenak menghipnotis saya, hingga diam membisu beberapa saat. Aktivitas saya terhenti sesaat, lalu pikiran saya dialihkan begitu cepat oleh rasa harap tahu tentang apa sih yg ditulis di dalamnya.




Rasa harap tahu tentang Komodo membara dalam pikiran & hati saya. Itulah kenyataan hari ini yg dapat saya bagikan kepada pembaca. Ada beberapa alasan mengapa saya akhirnya seperti terhipnotis & begitu tergerak untuk ikut terlibat dalam mempromosikan wisata Komodo:



1. Komodo itu sejenis hewan langka yg cuma ada di Indonesia.
Sebagai orang Indonesia, rasa bangga saya pada hari ini sungguh meluap-luap, apalagi saya adalah orang Flores yg mana dari segi jarak begitu dekat dengan pulau Komodo itu sendiri. Komodo memang sudah jadi suatu kebanggaan tersendiri.

Saya masih ingat pada suatu kesempatan presentasi saya beberapa tahun lalu tentang Komodo di hadapan teman-teman orang India, Iran, Irak, Italia, Polandia & Paraguay. Ada yg begitu menyukai Komodo itu hingga berusaha menggambar Komodo.

Tidak cuma itu seorang guru kami yg sebenarnya sudah mengalokasikan waktu untuk setiap peserta presentasi 10 menit, lalu tiba-tiba saja berubah pada presentasi jadi begitu lama. Gara-gara Komodo, diskusi & pertanyaan lanjut jadi 30 menit.

Saya membayangkan betapa akbar rasa harap tahu mereka ketika itu, ya pada waktu saya menjelaskan beberapa hal yg saya tahu tentang Komodo. Cerita tentang Komodo mula-mula jadi terkesan begitu mengerikan bagi peserta karena seakan binatang purba seperti Dinosaurus itu masih hidup. Pertanyaan aneh pun berdatangan.
Ada 7 pertanyaan yg diajukan teman-teman saya pada waktu itu:


1. Apakah Komodo dapat memakan manusia?
Pada pertanyaan ini saya mengatakan tentu saja, Komodo dapat memakan manusia. Bagaimanapun, Komodo itu adalah sejenis reptil pemakan daging. Tidak heran kalau para pengunjung di sana diperingatkan supaya hati-hati kalau ada darah. Karena Komodo memiliki kemampuan mencium objek atau bangkai atau darah sejauh 4-7 km keberadaannya. Tentu, sudah beberapa kali kejadian bahwa para pengunjung digigit Komodo. artinya, hewan purba itu di satu menarik, tetapi disisi lain berbahaya.

2. Apakah Komodo itu berdapat?
Berdasarkan cerita masyarakat sekitar & para petugas di sana, jelas-jelas Komodo itu berdapat, bahkan dapat Komodo sangat mematikan. Ada sejenis bakteri yg mematikan. Tidak heran dalam beberapa kasus setelah digigit Komodo, seluruh badan jadi biru seperti keracunan.



3. Bagaimana Komodo itu berkembang biak di sana?
Dari pengamatan langsung karena pernah kesana dua kali, & berdasarkan informasi dari petugas di sana, jelas-jelas bahwa populasi Komodo masih cukup banyak sekurang-kurangnya dari versi masyarakat. Cuma yg dapat terlihat dari dekat cuma sekitar lebih dari 10 ekor atau kadang-kadang dapat lebih.
Sejauh yg saya tahu, Komodo memiliki musim kimpoi, yakni bulan Juli hingga Agustus. Pada waktu ada banyak Komodo yg menggali lubang untuk proses kimpoi & juga untuk bertelur & menetaskan telurnya. Orang cuma dapat memperkirakan berapa jumlah telurnya kurang lebih sekitar belasan telur.

4. Berapa jumlah Komodo itu sendiri?
Sedangkan jumlah Komodo sesuai informasi yg saya dapatkan pada waktu itu sekitar 2.500 san ekor pada tahun 2017., sedangkan hingga dengan saat ini kurang lebih sekitar 3000 ekor lebih. Semuanya mendiami dua Pulau yaitu Pulau Komodo & Pulau Rinca.

5. Berapa beratnya, ukuran & berapa laju berlarinya?
Teman-teman saya waktu itu sungguh penasaran tentang hewan langka, Komodo. Sedang ibu Guru yg mengajar bahasa Jerman, menyebut tidak cuma Komodo, tetapi Komodo Varanus. Panjang Komodo dewasa sekitar 3 meter, sedangkan beratnya dapat mencapai 75 kilogram atau bahkan dapat lebih. Spontan seorang teman dari Iran; "wow, das ist sehr gro atau wow itu akbar sekali.


6. Apakah Komodo dapat hidup di laut juga?
Komodo Varanus umumnya hidup di darat, kadang di dalam gua yg digalinya sendiri. Akan tetapi, Komodo dapat berenang & menyelam di lautan. Apalagi kalau ada mangsa yg memang diincarnya. Seorang teman dari Paraguay spontan histeris, " oh mama mia gefhrlich." atau mama berbahaya. Kami semua akhirnya tertawa meledak satu ruangan.

7. Apalagi keunikan lainnya?

Satu keunikan lainnya adalah Komo memiliki lidah yg bercabang dua (verzweigte Zunge). Tampaknya Komo varanus mengpakai lidahnya sebagai alat untuk mendeteksi objek atau mangsa. Rasanya ngeri juga sih kalau berdiri beberapa meter dari Komodo & melihat bagaimana Komodo mengeluarkan lidahnya.

Kebetulan sekali waktu, saya membawa suatu ukiran Komodo yg berwarna hitam, yg pernah saya beli di Pulau Komodo sewaktu kunjungan di sana. Komodo ukiran itu, dilihat satu per satu oleh semua peserta spesifik sebanyak 17 orang dari berbeda negara. Setelah itu, teman-teman sering saja spontan menyebut mengatakan Komodo varan.
Ada satu hal yg bagi saya kurang tepat dalam tulisan www.bing.com itu adalah kalimata ini: Die Riesenechsen .....manchmal auch als Komododrachen bezeichnet"Kadal raksasa itu...terkadang disebut sebagai komodo." sebagai orang Indonesia, saya tidak terlalu setuju dengan mengatakan "terkadang" karena hewan raksasa itu memang benar Komodo.

Diksi mengatakan "terkadang" bagi saya membiaskan informasi seakan belum ada kepastian tentang nama & tipe hewan raksasa itu. Sedangkan informasi lainnya, bagi saya sangat bagus sebagai informasi data dalam konteks memperkenalkan Komodo & secara spesifik Taman Nasional Komodo. Jadi, bukan terkadang (manchmal), tetapi pasti (sicher).

Demikian beberapa cerita & catatan yg bagi saya sangat penting bagi kebutuhan promosi wisata ini. Saya punya niat supaya tulisan ini nanti akan saya alih bahasakan ke bahasa Jerman dengan maksud sedikit meluruskan diksi yg tidak m


Hari ini 19:51
 

Our Partner

Top