Ini Alasan Kenapa Garuk Luka Kering Itu Enak! Tapi Hati-hati Lho!

gamebocor

Administrator
Staff member
Ini Alasan Kenapa Garuk Luka Kering Itu Enak! Tapi Hati-hati Lho!

Source Image

Ini alasan kenapa garuk luka kering itu enak! Tapi hati-hati lho!

Ini Alasan Kenapa Garuk Luka Kering Itu Enak! Tapi Hati-hati Lho!

Gansis pernah jatuh? Terjatuh & tak dapat bangkit lagi hehe. Kayak lagu aja. Tapi beneran jatuh nih. Misalnya jatuh karena salah injak. Terus sampe kegores kakinya, hingga kena lapisan kulit kedua & keluar darah.

Aduh pasti rasanya perih ya. Seperih hatiku ditinggal nikah mantan huhuhuu. Enggak dong. Lebih perih luka gores ini. Apalagi kalau kena air. Hadeh rasanya perih-perih mantap. Pengen nangis tetapi gak suka gelay haha.

Ini Alasan Kenapa Garuk Luka Kering Itu Enak! Tapi Hati-hati Lho!

Source Image

Ane pernah tuh naik motor, terus kepeleset roda motornya & jatuh ke aspal kerikil. Hmm udah pasti lecet semua kaki ane. Hari perdana perihnya bukan main. Sampai minum pereda sakit tuh ane. Hari berikutnya udah lumayan gak perih.

Sudah gak perih tetapi malah meninggalkan kenangan eh, maksudnya meninggalkan gatal hehe. Salah mulu ane. Pokoknya habis luka itu perih, beberapa hari kemudian kok malah gatel-gatel area lukanya. GanSis pernah gak?

Gatal pada saat proses penyembuhan luka merupakan suatu hal yg normal & biasa terjadi ya gansis. Pada umumnya, gatal pada kasus kayak ane ini akan mereda dengan sendirinya. Kalau gak hilang, ya garuk terus hehe. Tapi hati-hati malah bikin lecet baru lho.

Ini Alasan Kenapa Garuk Luka Kering Itu Enak! Tapi Hati-hati Lho!

Source Image

Secara medis, gatal diluka ini tuh karena luka itu sendiri mengering, & mau sembuh. Tapi karena sangat gatal & bikin ane geregetan, akhirnya ane garuk juga tuh. Eh tetapi gak langsung di lukanya ya, tetapi disekitaran luka.

Pas garuk daerah yg gatal menimbulkan kenikmatan tersendiri & tiada tara. Tau gak kenapa? Karena saat kita mengerjakannya, tubuh mengirimkan sinyal rasa sakit tingkat rendah ke otak. Sehingga kita akan reflek untuk menggaruknya.

Tapi ada juga rasa gatal pada bekas luka terjadi akibat rangsangan fisik, rangsangan kimia, & juga regenerasi atau proses perbaikan syaraf. Beberapa contoh rangsangan fisik dapat berbentuk rangsangan mekanik, listrik, atau panas.

Ini Alasan Kenapa Garuk Luka Kering Itu Enak! Tapi Hati-hati Lho!

Source Image

Contohnya, pernah kan gansis berada didalam ruangan agak lama, terus keluar ruangan itu & kebetulan lagi panas terik matahari. Pasti otomatis deh kepala ente gatal. Nah itulah rangsangan oleh panas kepada kulit kita.

Lalu ada rangsangan kimia yg menyebabkan gatal pada luka mungkin disebabkan oleh histamin. Histamin banyak terdapat pada luka keloid & luka hipertrofik & hal ini terjadi beriringan dengan pembentukan jaringan kolagen baru.

GanSis yg punya luka keloid pasti sering mengalami yg kayak gini. Ane dulu juga sering tuh karena minum obat buat nyembuhin keloid, eh malah gatal-gatal dibagian luka keloid itu.

Dan sekali lagi, gak boleh digaruk ya sebenarnya gansis. Kalau gatal dibagian luka, gak boleh digaruk. Karena selain nanti malah menimbulkan lecet baru, juga akan menghambat proses penyembuhan.

Ini Alasan Kenapa Garuk Luka Kering Itu Enak! Tapi Hati-hati Lho!

Source Image

Kalau dulu emak ane pernah menciptakan cara supaya gatal ane hilang tanpa digaruk. Apa itu? Yaitu dikompres dengan yg hangat-hangat. Pernah emak ane kompres luka ane yg gatal dengan air hangat dalam gelas. Pernah juga abu habis perapian yg masih hangat dibungkus kain & dikompreskan.

Cara ini cukup ampuh ya gansis. Dan gak cuma berlaku untuk luka yg gatal, tetapi juga ke gatal-gatal yg lain, seperti alergi, biduran, atau gatal karenakena ulat bulu. Yang gak dapat cuma gatal karena kegatelan/ganjen haha.

Segitu aja dulu dari ane dalam thread gatal kali ini, semoga bermanfaat. Jumpa next thread.

Ini Alasan Kenapa Garuk Luka Kering Itu Enak! Tapi Hati-hati Lho!

Sumber: Opini pribadi
Referensi: Klik
@abdulqadirz2021​
Hari ini 04:39
 

Our Partner

Top