Hotel Terbesar di Dunia "Prora" yg Dibangun Oleh Perintah Adolf Hitler

gamebocor

Administrator
Staff member
Hotel Terbesar di Dunia Prora yg Dibangun Oleh Perintah Adolf Hitler

Foto: tripadvisor.com​

Pulau Rugen merupakan salah satu pulau terbesar di Jerman, di lahan yg luas ini terdapat deretan bangunan bertingkat sepanjang 4,5 kilometer. Bangunan ini dirancang pada masa Hitler yg disebut proyek Prora atau Hotel Prora.

Tujuan pembangunan hotel mega proyek ini adalah untuk liburan para pekerja militer Nazi & warga sipil, peletakan batu perdana fondasinya pada tahun 1936 & berlanjut hingga selesai. Bagi para pekerja yg liburan disini, Hitler akan mempengaruhi mereka dengan wajib menonton berbagai film propaganda yg dibuat, tujuannya supaya mereka sering tetap loyal bersama rezim Hitler & tidak ada yg memberontak.

Hotel Prora terdiri dari 10 ribu kamar dengan kapasitas lebih kurang 20 ribu orang, Hotel Prora dibangun dengan panjang 4,5 kilometer, & dibangun oleh Nazi Jerman. Dimasanya Hotel ini sangat ramai pengunjung dimana banyak para pekerja pabrik datang untuk berlibur ke sini, pemandangan dari atas hotel juga sangat menawan karena tepat dibelakang hotel ada laut & pepohonan asri.

Hotel Terbesar di Dunia Prora yg Dibangun Oleh Perintah Adolf Hitler

Foto depan pintu masuk Prora | amuse.vice.com​

Uniknya, bentuk & desain bangunan hotel ini semua sama, & keunikan lainnya adalah semua yg menginap di sini wajib bangun pada waktu yg sama di pagi hari, sarapan di waktu yg sama, menonton film, & menghabiskan waktu di tempat yg sama, ini hotel apa asrama ya? Namun, itulah disiplin yg diterapkan Hitler.

Kamar dengan tata ruang yg sederhana memiliki 2 tempat tidur, lemari pakaian & wastafel. Toilet & kamar mandi terletak di area umum. Sebuah aula dibangun untuk mengumpulkan semua pengunjung, aula ini sanggup menampung 20 ribu orang. Disinilah kecerdikan Hitler untuk menciptakan propaganda kepada semua tamu pada saat yg bersamaan. Selain itu, proyek ini sebenarnya adalah bagian dari metode Kraft Durch Freude (kekuatan yg datang dengan kesenangan) yg jadi salah satu moto Nazi Jerman. The Power That Comes With Entertainment adalah program yg diterapkan di Era Nazi untuk memotivasi pekerja & tetap loyal kepada Nazi.

Dalam pembangunan Hotel Prora ini mengpakai 9000 tenaga pekerja, lama pengerjaan proyek Prora ini sekitar 3 tahun. Ketika Nazi Jerman yg menginvasi Polandia pada tahun 1919, yg memicu Perang Dunia II menciptakan pengerjaan Hotel ini terhenti sementara. Pada bangunan yg belum selesai dibangun, diubah jadi zona militer yg dipakai untuk pembangunan rudal untuk perang.

Hotel Terbesar di Dunia Prora yg Dibangun Oleh Perintah Adolf Hitler

Foto lobby Prora | amuse.vice.com​

Bangunan ini juga dijadikan sebagai tempat tinggal pengungsi warga Jerman & orang Jerman yg melarikan diri dari Jerman Timur juga ditampung di sini, (FYI: sebelum hotel ini dibangun Jerman sudah terbagi dua, yaitu Jerman timur & barat).

Hotel Prora yg membentang sepanjang 4,5 kilometer di sepanjang pantai di Laut Baltik, dirancang oleh Albert Speer & Clemens Klotz, menjadikan Hotel Prora yg terbesar di dunia.

Atas instruksi Hitler, karena keadaan perang dunia berlangsung hotel ini dialihfungsikan & diubah jadi rumah sakit militer. Ide aula berkapasitas 20.000 juga merupakan permintaan Adolf Hitler, yg juga diketahui sebagai pengagas arsitektur.

Dijaman sekarang, Hotel Prora jadi idaman para wisatawan lokal & mancanegara, Prora juga berevolusi jadi salah satu hotel mewah di dunia, tidak usah takut di hotel ini tidak ada aturan di jaman Nazi lagi jadi pengunjung bebas kapan makan, tidur & bangun.


Referensi: 1. dw.com - The Colossus of Prora: from Nazi ruin to holiday resort

2. Wikipedia.org - Prora Hotel Hari ini 11:43
 

Our Partner

Top