Hindari 9 Makanan Ini untuk Menjaga Kesehatan Jantung

gamebocor

Administrator
Staff member
Memprioritaskan makanan utuh, buah-buahan segar, & sayuran adalah cara yg mudah dalam menjaga kesehatan jantung.

Makan dengan baik untuk jantung sama pentingnya dengan menghindari makanan yg buruk bagi jantung.​

Hindari 9 Makanan Ini untuk Menjaga Kesehatan Jantung


Memprioritaskan makanan utuh, buah-buahan segar, & sayuran adalah cara yg mudah dalam menjaga kesehatan jantung.

Di samping itu, sebaiknya jauhi makanan yg memiliki bahan-bahan seperti lemak trans, biji-bijian olahan, & gula yg dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, serta masalah jantung lainnya.

Berikut ini terdapat beberapa makanan yg perlu kita hindari untuk menjaga kesehatan jantung, seperti yg diberitakan dari laman The Healthy.​


1. Daging olahan & yg diawetkan

Hindari 9 Makanan Ini untuk Menjaga Kesehatan Jantung


Daging yg sudah diproses & diawetkan, termasuk daging dharap, bacon, & hot dog merupakan beberapa makanan terburuk untuk jantung karena jumlah lemak jenuhnya yg tinggi.

Menurut direktur Pusat Pengobatan Kesehatan Kardiovaskular di Rumah Sakit NYU Winthrop di Long Island, Barbara George, MD, penumpukan plak, pengerasan arteri, & lemak jenuh semuanya berkaitan dengan penyakit jantung.

"Lemak jenuh meningkatkan kolesterol jahat atau LDL, dibandingkan dengan kolesterol baik atau HDL," katanya.

Sebuah studi tahun 2020 di JAMA Internal Medicine menemukan hubungan antara daging merah & daging olahan dengan risiko penyakit jantung, serta tingkat kematian yg lebih tinggi.

Kemudian, tinjauan penelitian dari tahun 2012 dalam Current Atherosclerosis Reports oleh para peneliti di Harvard University menemukan, bahwa makan daging olahan meningkatkan risiko penyakit jantung sebesar 42 persen.

Oleh sebab itu, bagi yg berencana untuk tetap makan daging hewani, beralihlah ke opsi yg le bih baik seperti daging merah tanpa lemak, ayam tanpa kulit, atau ikan (salmon, cod, & tuna).​


2. Makanan olahan

Hindari 9 Makanan Ini untuk Menjaga Kesehatan Jantung


Menurut direktur medis Program Jantung Wanita NYU di New York, Nieca Goldberg, MD, beberapa makanan terburuk untuk jantung adalah makanan olahan.

"Makanan olahan menyebabkan peningkatan tajam dalam kadar gula & insulin," terangnya.

"Kemudian kadarnya menurun tajam, sehingga menciptakan kita lebih lapar & makan lebih banyak," sambung dia.

Makanan olahan sering kali mengandung biji-bijian olahan, termasuk tepung putih atau nasi putih.

Sebuah studi tahun 2017 dalam International Journal of Clinical and Experimental Medicine menemukan, bahwa asupan biji-bijian olahan dikaitkan dengan risiko penyakit jantung 9,4 persen lebih tinggi.​


3. Makanan yg digoreng

Hindari 9 Makanan Ini untuk Menjaga Kesehatan Jantung


Makanan yg digoreng adalah salah satu daftar makanan teratas yg buruk bagi kesehatan jantung.

Mengonsumsi makanan yg digoreng berkontribusi kepada faktor risiko penyakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi & obesitas.

Dalam tinjauan tahun 2015 di Nutrients ditemukan, bahwa mengonsumsi makanan yg digoreng cuma empat kali per pekan dapat meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2, obesitas, & tekanan darah tinggi.

Menurut American Journal of Clinical Nutrition, dua studi observasi pada pria & wanita dari AS yg sering makan gorengan juga terbukti ada peningkatan risiko penyakit jantung.

Dokter Goldberg merekomendasikan supaya memanggang makanansebagai alternatif yg lebih sehat dibandingkan menggoreng.​


4. Soft drink & minuman manis

Hindari 9 Makanan Ini untuk Menjaga Kesehatan Jantung


Banyak orang mengasosiasikan trigliserida tinggi sejenis lemak yg bersirkulasi di dalam darah dengan makanan berlemak tinggi.

Padahal, soft drink biasa & minuman manis sebenarnya dapat dengan cepat meningkatkan kadar trigliserida darah.

Menurut National Heart, Lung, and Blood Institute, kadar trigliserida tinggi yg tidak diobati dapat meningkatkan risiko serangan jantung & stroke.

Satu studi selama 15 tahun di JAMA Internal Medicine juga meneliti tentang kaitan antara tambahan gula & penyakit jantung.

Hasilnya, orang yg mengonsumsi 25 persen kalori hariannya dari gula, dua kali lebih mungkin meninggal akibat penyakit jantung dibandingkan yg kurang dari 10 persen mengonsumsi gula tambahan.​


5. Permen

Hindari 9 Makanan Ini untuk Menjaga Kesehatan Jantung


Sama seperti minuman manis, permen juga jadi makanan yg dapat memperburuk kondisi jantung.

"Gula padat berkontribusi pada obesitas, diabetes, & hipertensi yg jadi faktor risiko penyakit jantung & stroke," jelas dokter Goldberg.

Sebagai gantinya, kita dapat menambahkan konsumsi gula secara alami dengan irisan buah & selai kacang yg belum diolah.

Melalui asupan gula alami kita dapat mendapatkan rasa kenyang sambil dengan lebih banyak protein & serat.​


6. Alkohol

Hindari 9 Makanan Ini untuk Menjaga Kesehatan Jantung


Beberapa penelitian seperti yg diterbitkan dalam Alcohol Research & Health menunjukkan, peminum alkohol sedang memiliki risiko penyakit jantung yg lebih rendah dibandingkan dengan peminum berat & bukan peminum.

Kendati demikian, menurut dokter George, salah satu hal terburuk untuk jantung adalah alkohol karena kalori & gula di dalamnya.

The American Heart Association (AHA) merekomendasikan satu minuman beralkohol sehari untuk wanita & dua untuk pria.

"Perbedaannya adalah wanita memetabolisme alkohol secara berbeda. Ada juga hubungan antara konsumsi alkohol yg lebih tinggi & kondisi lain seperti kanker payudara & kecanduan," ungkapnya.​


7. Sup & sayuran kalengan

Hindari 9 Makanan Ini untuk Menjaga Kesehatan Jantung


Beberapa sup & sayuran kalengan mengandung natrium & lemak dalam jumlah tinggi, sehingga menjadikannya opsi yg buruk untuk kesehatan jantung.

"Sodium adalah pengawet yg sering ditambahkan ke makanan selama proses pengalengan untuk meningkatkan umur simpan & palatabilitas," terang pakar diet di New York, Malina Malkani.

The American Heart Association (AHA) merekomendasikan untuk membatasi asupan natrium harian jadi 2.300 mg per hari.

Batas harian yg ideal adalah 1.500 mg untuk kebanyakan orang dewasa, khususnya yg memiliki tekanan darah tinggi.

Tetapi makanan kaleng menawarkan cara yg nyaman & terjangkau untuk memenuhi rekomendasi harian sayuran, kacang-kacangan, & buah-buahan.

"Orang dapat memasukkan makanan kaleng ke dalam makanan & tetap berada dalam batas natrium yg direkomendasikan untuk kesehatan jantung yg optimal," mengatakan dia lagi.

Maka dari itu, kita perlu memilih produk kaleng yg diberi label rendah natrium, rendah garam, atau tanpa garam tambahan.

Selain itu, kita dapat membilas makanan kaleng seperti kacang-kacangan & sayuran dengan air sebelum dipakai.​


8. Makanan yg mengandung lemak trans

Hindari 9 Makanan Ini untuk Menjaga Kesehatan Jantung


Makanan yg mengandung lemak trans buatan adalah makanan yg paling merugikan kesehatan jantung.

"Lemak trans buatan terbukti menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) & meningkatkan kadar kolesterol (LDL), serta meningkatkan risiko penyakit jantung & stroke," terang Malkani.

Sebuah studi selama 14 tahun kepada 80.000 wanita yg diterbitkan dalam New England Journal of Medicine menemukan hubungan positif antara penyakit jantung & makanan yg mengandung lemak trans.

Pada tahun 2015, Badan Pengawas Obat & Makanan AS (FDA) memutuskan bahwa lemak trans tidak kondusif karena penelitian menghubungkannya dengan kesehatan jantung yg buruk.

Produsen diberi waktu tiga tahun untuk menghapusnya dari makanan.

Tetapi FDA mencatat, makanan yg mengandung kurang dari 0,5 gram lemak trans kadang-kadang tercantum pada label bahan sebagai minyak terhidrogenasi parsial sehingga diklaim tidak memiliki lemak trans.

Dan kemungkinan akbar masih ada beberapa produk di pasar yg dibuat oleh produsen sebelum pelarangan.

Makanan itu dapat mengandung lemak trans buatan seperti krim kopi non-susu, popcorn, adonan beku, kue kering, pizza, makanan yg digoreng, & mentega putih.​


9. Bumbu mengandung garam

Hindari 9 Makanan Ini untuk Menjaga Kesehatan Jantung


Bumbu & saus mengandung garam dapat meningkatkan tekanan darah atau memperburuk gejala gagal jantung.

Oleh sebab itu, usahakan untuk meminimalisir mengonsumsi bumbu-bumbu yg tidak sehat.

Atau, kita dapat mengonsumsi dengan secukupnya saja. Jika makan di luar rumah, kita dapat minta untuk mengurangi pemakaian bumbu tersebut.​



Bila berkenan mohon rating 5
emoticon-Rate 5 Star
dan cendolnya
emoticon-Blue Guy Cendol (L)


Semoga kaskuser semua panjang umur, sehat selalu, berkah berlimpah rezekinya, aaamiiin
emoticon-Cool


Hindari 9 Makanan Ini untuk Menjaga Kesehatan Jantung


sumur​


Hari ini 15:02
 

Our Partner

Top