Gan/Sis Suka Mendengkur? Yuk, Cari Tahu Penyebab & Cara Mengatasinya!

gamebocor

Administrator
Staff member
Gan/Sis Suka Mendengkur? Yuk, Cari Tahu Penyebab & Cara Mengatasinya!
Gan/Sis pernah mendengkur? Hemmm, rasanya, beberapa dari kita tidak tahu pasti, ya, kalau kita itu suka mendengkur atau tidak. Yaa, karena, mendengkur itu terjadi di alam bawah sadar kita alias kita gak nyadar. Betul gak? Namun, seringkali, seseorang yg kerap tidur bersama kita (kakak, adik, orangtua, suami, atau istri) yg memasalahkan suara bising dari dengkuran kita. Memalukan, bukan? Apalagi, kalau kasusnya kita sedang ada acara bersama teman-teman & mengharuskan kita tidur bareng-bareng, terus semua teman kita merasa terganggu akibat suara dengkuran kita, wah... itu lebih memalukan lagi, ya, Gan/Sis.

Ok, kembali ke topik. Sebenarnya, apa sih penyebab dengkuran yg kerap kali menyerang saat tidur? Lalu, apakah ada tipsyang dapat dilakukan untuk meminimalisir terjadinya dengkuran? Baiklah, mari kita mulai!

Pertama-tama, kita harus mengetahui terlebih dahulu definisi mendengkur itu sendiri. Mendengkur alias mengatakan bendanya adalah dengkuran, yaitu suara yg dihasilkan seseorang ketika tidur akibat adanya udara yg melewati sebuah jaringan yg ada di tenggorokan, menyebabkan jaringan tersebut bergetar seiring dengan kita bernapas.

Mungkin beberapa akbar dari kita pasti pernah mendengkur & itu jadi hal yg dianggap biasa. Namun, bagi beberapa orang, mendengkur dapat jadi salah satu indikasi adanya sesuatu yg tidak beres pada tubuh kita. Wah, kasus mendengkur saja dapat jadi seserius itu ya. Jadi, apa sih hal-hal yg dapat menyebabkan kita mendengkur? Yuk, simak penjelasan berikut!

1. Anatomi Mulut

Gan/Sis Suka Mendengkur? Yuk, Cari Tahu Penyebab & Cara Mengatasinya!


Jika Gan/Sis memiliki langit-langit mulut yg rendah & tebal, hal tersebut dapat jadi salah satu faktor kuat penyebab mendengkur. Orang yg memiliki kelebihan berat badan atau bahasa kerennya overweight, memungkinkan memiliki jaringan ekstra di bagian belakang tenggorokan yg dapat mempersempit saluran udara. Selain itu, kalau uvula (bagian yg menggantung di bagian belakang langit-langit mulut) ukurannya lebih panjang, aliran udara dapat terhalang & menyebabkan getaran meningkat.

2. Konsumsi Alkohol

Gan/Sis Suka Mendengkur? Yuk, Cari Tahu Penyebab & Cara Mengatasinya!


Mengonsumsi alokohol dengan jumlah yg tinggi sebelum tidur dapat jadi salah satu penyebab mendengkur. Selain itu, mengonsumsi alkohol dapat melemaskan otot-otot tenggorokan, hal tersebut dapat menurunkan pertahanan alami tubuh dalam mencegah penyumbatan napas.

3. Masalah Hidung

Gan/Sis Suka Mendengkur? Yuk, Cari Tahu Penyebab & Cara Mengatasinya!


Adanya penyumbatan hidung kronis atau kelainan lain seperti septum hidung (dinding tipis yg berada di antara lubang hidung kanan & kiri) tidak berada tepat di tengah. Hal itu juga dapat jadi salah satu penyebab Gan/Sis mendengkur.

4. Kurang Tidur

Gan/Sis Suka Mendengkur? Yuk, Cari Tahu Penyebab & Cara Mengatasinya!


Kurangnya waktu tidur dapat menyebabkan Gan/Sis suka mendengkur. Nah, bagi Gan/Sis yg suka begadang cuma untuk main game contohnya, atau nonton drakor. Hemm, mulai sekarang, kurang-kurangin, deh.

5. Posisi Tidur

Gan/Sis Suka Mendengkur? Yuk, Cari Tahu Penyebab & Cara Mengatasinya!


Tidur dengan posisi telentang dapat jadi potensi untuk mendengkur. Hal ini disebabkan karena efek gravitasi pada tenggorokan dapat mempersempit jalan napas.

Nah, mendengkur sering dikaitkan juga dengan gangguan tidur yg disebut Obstructive Sleep Apnea (OSA) atau apnea tidur obstruktif. Meski tidak semua pendengkur menderita OSA, namun kalau penderita mengalami salah satu gejala berikut, sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan informasi yg akurat.

Napas terhenti sementara ketika tidur

Rasa kantuk yg parah saat siang hari

Sulit berkonsentrasi

Rasa sakit kepala ketika pagi

Sakit tenggorokan ketika bangun tidur

Tiba-tiba tersedak saat tidur

Tekanan darah tinggi

Nyeri dada di malam hari

Suara dengkuran sangat keras sehingga mengganggu orang yg sedang tidur bersama kita

Mendengkur itu sering kali dianggap hal biasa atau sepele, betul gak, Gan/Sis? Padahal, kalau ditelusuri lebih lanjut, mendengkur dalam kategori tidak wajar, dapat jadi tanda-tanda dari gangguan tidur atau apnea tidur obstruktif. Jadi, bagaimana, dong, cara mencegah atau mengurangi mendengkur? Yuk, langsung aja simak uraian terakhir berikut.

1. Kurangi berat badan kalau Gan/Sis termasuk kategori overwight atau kelebihan berat badan.

2. Hindari tidur telentang.

3. Batasi atau lebih baik hindari mengonsumsi alkohol sebelum tidur.

4. Hindari minum obat penenang sebelum tidur. Dengan berhenti minum obat penenang sebelum tidur, tindakan tersebut dapat mengurangi dengkuran.

5. Berhenti merokok. Menghisap rokok adalah kebiasaan yg tidak sehat yg dapat memperparah dengkuran Gan/Sis.

6. Tidur lah yg cukup. Pastikan Gan/Sis mendapatkan jam tidur yg teratur, yaitu 7 hingga 8 jam setiap malam.

Itulah informasi seputar mendengkur yg dapat dihinggakan di thread ini. Mulai sekarang, belajar untuk tidak menganggap remeh apa pun yg terjadi pada tubuh kita. Seperti mengatakan pepatah, lebih baik mecegah daripada mengobat. Betul?​

Sekian threadkali ini, semoga bermanfaat.

Jangan lupa tinggalkan jejak sambil lempar cendol!!

emoticon-Cendol Gan
emoticon-Cendol Gan
emoticon-Cendol Gan


Sumber:

Snoring​

Remedies that will stop snoring

Sumber Gambar:

Google Images​




Kemarin 23:49
 

Our Partner

Top