Cerita Penjual WARTEG Tentang Berjualan di Era Pandemi Covid-19

gamebocor

Administrator
Staff member
LA - Lenteng Agung (20/3) - Sudah kurang lebih satu (1) tahun lamanya kita hidup berdampingan dengan Covid-19. Kehadiran virus ini pun sudah memberi akibat begitu akbar dalam kehidupan kita. Mulai dari pembatasan aktivitas di luar rumah, mengharuskan tiap manusia beradaptasi dengan kebiasaan baru, hingga dengan dunia kerja & usaha yg juga tak ketinggalan jadi sektor terdampak akibat kemunculan virus corona.

Beberapa waktu lalu kita membaca atau mendengar kabar akan sederet perusahaan yg mau tak mau lakukan pengurangan karyawan. Beberapa lapak usaha pun terpaksa harus stop sementara waktu sembari menunggu keadaan membaik. Banyak pula dari para penjual produk & jasa yg beralih dari bisnis offline kemudian menjajakannya secara online.

Cerita Penjual WARTEG Tentang Berjualan di Era Pandemi Covid-19

Dokumentasi Pribadi, Momen Istirahat Bersepeda di Akhir Pekan​

Sabtu (20/3) mengisi akhir pekan dengan sepedahan sekadar untuk mencari keringat supaya sehat, sehingga imun menguat guna jadi modal untuk melawan Covid-19. Lengkap mengenakan masker & baju lengan panjang, gowes muterin Depok & sekitarnya. Di tengah perjalanan, solo gowes ini pun berhenti di sebuah WARTEG untuk sarapan, dengan maksud untuk recharge energi supaya genjot sepeda tetap kuat.

Menu Telur Dadar, Cah Kangkung, & tahu goreng, dalam hati ini berkata bahwa itulah menu terbaik sebagai penawar lapar yg memang berangkat dari rumah cuma menjadikan segelas air putih jadi bekal. Mengobrol dengan penjual WARTEG jadi aktifitas berikutnya, seraya menunggu makanan di perut turun yg baru disantap. Ngobrol mengpakai bahasa campuran, kadang bahasa Indonesia & seklumit kalimat pakai bahasa Jawa lengkap dengan aksen medok khas Kota Bahari.

Dari dialog beberapa menit inilah sayasendiri mengetahui secara langsung efek Pandemi bagi para pelaku usaha, utamanya para penjual atau pengusaha WARTEG. Obrolan santai dengan penjual WARTEG, sebut saja namanya Mba Nur (nama & paras disamarkan). Berdasarkan penuturannya, ia mengakui bahwa berjualan selama Pandemi ini ia mengalami disparitas ketimbang sebelumnya.


Cerita Penjual WARTEG Tentang Berjualan di Era Pandemi Covid-19

Dokumentasi Pribadi, Penjual WARTEG sedang melayani pelanggan​


Selama Corona ada bedanya. Orang yg datang untuk beli atau makan lebih sedikit, pokoknya ada bedanya, jelasnya sembari melayani konsumen.

Ia pun membeberkan akan jam buka (operasionalnya) yg berbeda dibanding dengan era sebelum ada Covid-19.

Beda. Kalau dulu saya tutup itu jam 9 malam, sekarang tutup lebih awal karena memang sudah sepi pembeli, pungkas Ibu Nur seraya memberikan piring berisi menu pesanan salah satu pelanggan.

Untuk diketahui, bahwa WARTEG yg sayahampiri adalah Warung Tegal yg berlokasi di samping Gang Inpres, Jl. Raya RTM, Depok, Jawa Barat, yg satu deretan dengan mini market & klinik. WARTEG tersebut mirip dengan Warung Tegal lainnyayang menjajakan nasi, lauk pauk, & juga mi instan. Tapi, kalau ke WARTEG & memesan Mieghetti, tentu belumlah tersedia karena varian rasa baru ini terbilang masih baru.

Cerita Penjual WARTEG Tentang Berjualan di Era Pandemi Covid-19

Dokumentasi Pribadi, Warteg Tersedia Menu Mi Instan​

Menurut ekonomis saya, WARTEG tersebut memiliki nilai plus, salah satunya adalah di letak terbilang ramai & strategis yg di dekatnya ada berbagai tempat usaha, seperti kedak kopi, Toko Kue, Klinik, Mini Market, Stuio Senam, & pemukiman warga.

Obrolan pun terus berlanjut, & dari pembicaraan santai tersebut pun diketahui bahwa WARTEG ini menerapkan sistem shifting per tiga (3) bulan. Ia menuturkan bahwa yg jadi shif, bergantian dengannya (penjual WARTEG) terbilang masih dalam lingkaran keluarga, & tak lain adalah sepupunyasendiri.

Itulah seklumit cerita pagi ini tat kala mampir di sebuah WARTEG di tengah perjalanan gowes akhir pekan. Kalau Kaskuser dimari, adakahyang usaha WARTEG? Giamna cerita versi kalian dengan usahayang dijalani semasa era pandemi seperti sekarang ini?. Ayo bagikan cerita mu gan, siapa tau bermanfaat bagi orang lainyang membaca thread ini.



Hari ini 15:39
 

Our Partner

Top