Cara Mematikan Fitur "New Tab in Group" di Browser Chrome Android Terbaru

gamebocor

Administrator
Staff member

Selamat datang di thread ane
Cara Mematikan Fitur New Tab in Group di Browser Chrome Android Terbaru


Browser atau peramban bagi kita sudah sangat familiar. Hampir setiap hari kita membuka browser di komputer, laptop, tablet, smart tv, & yg paling sering di smartphone. Browser berguna sekali untuk berselancar di dunia maya, karena cuma lewat browserlah jadi jalan untuk menikmati dunia maya. Untuk meningkatkan kenyamanan pengguna, browser Chrome di android mendapat update terbaru, beberapa fitur di tambahkan ke browser Chrome.

Cara Mematikan Fitur New Tab in Group di Browser Chrome Android Terbaru
Kiri: Tampilan Baru Kanan: Tampilan Lama​

Perubahan yg terasa ada pada tampilan tabnya, kalau sebelumnya tampilan tab yg ada di browser chrome android berupa tiles list seperti kartu yg tersusun. Setelah mendapat update, tampilan tab di browser chrome android berubah jadi grid. Kalau menurut saya tampilan tab terbarunya ini memang fresh, tetapi kadang rasanya kurang nyaman, masih suka dengan tampilan sebelumnya.

Cara Mematikan Fitur New Tab in Group di Browser Chrome Android Terbaru

Fitur selanjutnya yg terasa perubahannya ketika mengpakai browser chrome android versi terbaru, adanya fitur bernama "New Tab in Group". Seperti namanya fitur ini berfungsi membuka tab atau jendela baru pada browser chrome, bedanya dengan new tab biasa, ketika kita membuka tab atau jendela baru di kelompokkan ke dalam satu tab. Jadi di sebuah tab atau jendela, di dalamnya ada tab lagi. Misal kita membuka dua tab satu Google & satunya Kaskus, ketika kita berada di tab Kaskus, kemudian mau menciptakan tab baru dari link di Kaskus, maka si tab barunya ini masuk di dalam tab Kaskus, nanti tabnya ini akan muncul di bagian bawah denga ikon bulat.

Cara Mematikan Fitur New Tab in Group di Browser Chrome Android Terbaru

Sayangnya keberadaan fitur "New Tab in Group" ini menciptakan kurang nyaman, karena untuk perpindahan tab di "New Tab in Group" jadi membingungkan, letaknya toolbar tabnya beda & berpindah di bawah. Kemudian tab ini cuma di tandai dengan ikon bulat kecil tanpa ada keterangan seperti tab yg semestinya, membingungkan saat harus berpindah tab. Terakhir keberadaan fitur "New Tab in Group" ini menghilangkan opsi new tab biasa, jadi ketika membuka tab baru, mau tidak mau ya harus "New Tab in Group" tidak ada lagi Open in New Tab.

Untungnya saja bagi yg merasa terganggu dengan fitur "New Tab in Group", fitur ini dapat di matikan dengan cara mudah. Pertama tinggal tuliskan chrome://flags pada kolom url, setelah itu akan masuk ke dalam halaman Experiments. Setelah masuk ke dalam halaman Experiments, carilah kolom pencarian yg berada di bagian atas, & tuliskan Grid.

Cara Mematikan Fitur New Tab in Group di Browser Chrome Android Terbaru

Setelah mencari Grid, nanti akan muncul dua opsi sub pengaturan, Tab Grid Layout & Enable Tab-to-GTS Animation. Untuk mematikan fitur "New Tab in Group", pengaturan yg harus di ubah ada di bagian Tab Grid Layout, tinggal di ubah jadi Disable. Jika sudah merubah jadi disable nanti di bagian bawah akan muncul pop-up Relaunch klik saja & browser chrome akan relaunch. Silahkan di coba apakah fitur "New Tab in Group" sudah mati. Jika masih belum ada perubahan setelah relaunch, yg harus dilakukan adalah dengan menutup aplikasi browser chrome secara menyeluruh, keluar & end task dari recent app. Harusnya setelah mengerjakan itu berhasil.

Mematikan fitur "New Tab in Group" dengan cara ini ada efeknya, yaitu tampilan tab bukan lagi grid, melainkan kembali ke tampilan awal berupa tiles list. Padahal dengan tampilan grid di browser chrome update terbaru ini memberikan kesan berbeda, sayangnya harus ikut berubah kalau kita mau mematikan fitur "New Tab in Group".

Jika agan sista merasa terganggu dengan fitur "New Tab in Group" di browser chrome android versi terbaru, dapat mengpakai cara di atas untuk mematikannya.​

Spoiler for Sumber:
Dapat informasi dari Sosmed, tetapi lupa mau copas linknya


Terima kasih sudah berkunjung di thread ane
Jika berkenan dapat bantu untuk UpVote (Panah ke atas), Share, & Rate
Dukung ane supaya semangat bikin thread, dengan mengunjungi thread ane lainnya. Jangan lupa tinggalkan jejak​
Hari ini 15:44
 

Our Partner

Top