Bercermin Pada Kisah Aprilio Manganang, Seberapa Tegar Lo Hadapi Masalah Hidup?

gamebocor

Administrator
Staff member
Bercermin Pada Kisah Aprilio Manganang, Seberapa Tegar Lo Hadapi Masalah Hidup?

Sumber


Hai Agan Sist
emoticon-Hai


Quote:
"Setiap anak manusia terlahir sebagai pemenang. Dan seorang pemenang sering menegakkan kepala saat menghadapi kesulitan hidup; memandangnya sebagai tantangan yg harus ditaklukkan."[email protected]


WELCOME TO MY THREAD​


Quote:
Aprilio Perkasa Manganang hingga detik ini masih jadi topik pembicaraan yg hangat di berbagai media, khususnya media online. Pasalnya, anggota TNI Angkatan Darat berpangkat sersan dua ini sebelumnya merupakan icon bola voli putri Indonesia, yg memperkuat timnas voli putri Indonesia di ajang Asean Games & Sea Games kemarin. Lantas tiba-tiba Kepala Staf TNI-AD, Jendral TNI Andika Perkasa mengumumkan status Aprilia Manganang adalah pria tulen-- yg mengalami kelainan hipospdia. Padahal sebelumnya Aprilio ini adalah anggota Korps Wanita Angkatan Darat. Dari sinilah media berlomba-lomba mengulik lebih dalam kisah hidup sang atlet.

Ane sendiri termasuk yg mengikuti perkembangan berita tentang Aprilio Manganang ini, Gansis. Selain karena emang sudah kagum sejak awal dengan prestasinya, smas-smashnya yg mematikan, ada pelajaran berharga yg dapat dipetik dari kisah perjalanan hidupnya.

Bercermin Pada Kisah Aprilio Manganang, Seberapa Tegar Lo Hadapi Masalah Hidup?

sumber​


Quote:
Mungkin Gansis juga mengikuti kisahnya dari media, bagaimana masa kecilnya dihabiskan untuk menolong orangtuanya bekerja di ladang, jualan pisang goreng. Keluarga Aprilio memang keluarga sederhana dari segi ekonomi. Harus bekerja keras untuk mencukupi kebutuhan hidup. Kondisi yg begitu membentuk tekad Aprilio untuk mencurahkan segala potensinya demi mengubah nasib keluarganya.

Aprilio sadar, secara akademik prestasinya biasa saja. Yang ia dapat hanyalah olah raga, maka Aprilio mulai mencari cabang olah raga yg dapat menghasilkan uang. Ia pun berganti-ganti menekuni cabang olah raga, mulai dari lari, bola basket & terakhir adalah bola voli. Dari bola voli inilah mimpinya untuk mengubah nasib keluarga, membahagiakan kedua orangtuanya terwujud.

Bercermin Pada Kisah Aprilio Manganang, Seberapa Tegar Lo Hadapi Masalah Hidup?

sumber​


Dalam prosesnya, Aprilio banyak menghadapi rintangan. Terutama karena kondisinya yg berbeda dengan wanita pada umumnya. Ia sering mengalami perlakuan tidak menyenangkan, bullyan, bahkan ia sempat ditolak oleh banyak club-club bola voli karena kondisi fisiknya yg mirip seorang pria.


Spoiler for Kisah Perjalanan Hidup Aprilia Manganang:



Quote:
Setiap manusia memang mengalami cobaan hidup yg berbeda-beda ya, Gansis. Kita melihatnya sebagai sebuah kewajaran. Namanya juga hidup. Bukan cuma kita yg menghadapi masalah rumit, orang lain pun punya masalah hidupnya sendiri. Ada permasalahan yg mirip, tetapi cara menyikapinya berbeda.

Seperti permasalahan tentang kesulitan ekonomi. Banyak kok yg mengalaminya. Apalagi di keadaan pandemi sekarang ini. Jangankan kita yg penghasilannya minim, mereka yg sudah tergolong mapan ekominya aja sambat.

Bercermin Pada Kisah Aprilio Manganang, Seberapa Tegar Lo Hadapi Masalah Hidup?

sumber​


Demikian dengan bullying. Ada banyak kasus yg sudah diekspos oleh media. Para korbannya kebanyakan adalah para pelajar, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Kerugian yg diderita para korbannya bukan cuma fisik, tetapi yg parah adalah kondisi psikisnya.


Quote:
Nah, Aprilia ini menghadapi masalah tersebut bertahun-tahun. Banyak yg kagum dengan prestasinya, tetapi banyak juga yg tidak menyukainya karena memandang fisik. Menganggap identitasnya tidak jelas. Secara dokumen kewarganegaraan ia diakui sebagai perempuan. Orang-orang di kampung halaman, juga orangtua kandungnya sendiri menganggap Aprilio adalah perempuan. Sedangkan Aprilio sendiri bingung dengan kondisinya, identitasnya. Iya, memang ia menerima sebagai perempuan, tetapi jauh di lubuk hati ia merasa bukan bagian dari kaum perempuan.

Bisa Gansis bayangin nggak, sih, berada pada posisi Aprilio? Bertanya-tanya tentang kondisi diri sediri selama bertahun-tahun. Tidak berani curhat kepada siapa pun, karena takut itu akan membahayakan dirinya.
emoticon-Turut Berduka



Quote:
Bercermin Pada Kisah Aprilio Manganang, Seberapa Tegar Lo Hadapi Masalah Hidup?

sumber​


Dari kisah tersebut, ane kagum dengan cara Aprilio menghadapi masalahnya. Meskipun dalam keadaan psikis yg tidak baik-baik saja, merasa sedih. Namun ia tidak putus asa. Ia tetap menjalani hidup dengan baik. Aprilio tetap memberikan yg terbaik di setiap turnamen/pertandingan yg dihadapi.

Akhirnya kini Aprilio sudah mendapat kejelasan identitasnya. Ia pun bersyukur, pertanyaan & keresahan yg dipendam sendiri selama 28 tahun terjawab sudah.

Lagi-lagi ane dibuat terharu, Gansis. Dari ketabahan & ketegaran Aprilio tersebut, ane semakin yakin, bahwa tidak selamanya kok, kita berada dalam kesulitan. Semua masalah, cepat atau lambat, pasti ada jalan keluarnya. Kita cuma perlu bersabar & berusaha. Meskipun yg namanya usaha belum tentu langsung membuahkan hasil. Tapi jangan hingga menyerah, putus asa, apalagi hingga mencelakakan diri sendiri. Karena kita cuma perlu menunggu, "Sang Takdir/Sang Nasib Baik" itu ditugaskan Tuhan untuk menciptakan kita tersenyum penuh syukur.

Beranilah! Tegarlah!

emoticon-Tepuk Tangan
emoticon-Merdeka


Malang, 23 Maret 2021


Penulis @InaSendry
Tulisan merupakan opini pribadi setelah menyaksikan & membaca berita di berbagai media.​
Hari ini 16:41
 

Our Partner

Top