Benarkah CIA Terlibat dalam Supersemar? Lihat di Sini Gan!

gamebocor

Administrator
Staff member
Benarkah CIA Terlibat dalam Supersemar? Lihat di Sini Gan!


Benarkah CIA Terlibat dalam Supersemar? Lihat di Sini Gan!


TELENEWS.ID Surat Perintah Sebelas Maret atau Supersemar adalah salah satu dokumen yg masih jadi rahasia hingga saat ini. Banyak yg menilai bahwa Central Intelligence Agency atau CIA ikut menunggangi dokumen ini.


Hal itu wajar, mengingat saat itu Amerika Serikat sedang dalam masa Perang Dharap & tidak harap Indonesia jatuh ke tangan Komunis.Peristiwa G30S/PKI jadi salah satu kejadian yg dipantau oleh CIA, yg melihat bagaimana pergerakan yg terjadi, serta kebijakan pemerintah Soekarno pada saat itu.

CIA juga pernah mengungkapkan nasib dari Dipa Nusantara Aidit yg disebutnya tewas di tangan militer. Pergolakan pun terjadi & mahasiswa mendesak Soekarno supaya PKI dibubarkan.

Dalam informasi yg dikutip dari situs CIA, di situ disebutkan bahwa ada pertemuan antara Soekarno & Angkatan Darat pada tanggal 11 Maret tahun 1966.Keesokan harinya, dalam laporan CIA yg diberikan kepada Lyndon B Johnson mengatakan bahwa Angkatan Darat dapat mengatasi Soekarno. Soekarno sudah memiliki rencana mencopot Soeharto dari jabatannya.

CIA mengatakan bahwa Soekarno berencana untuk mengganti posisi Soeharto dengan salah satu sosok yg pro Komunis, sekaligus mencopot Komandan di Jawa Barat & Jakarta.Merasa posisinya terancam, maka mereka memiliki sebuah nyali yg akbar untuk melengserkan Soekarno. Presiden Soekarno marah dengan sikap dari Soeharto tersebut & mengatakan Soeharto bertindak melebihi wewenang yg diberikannya.

Dalam laporannya tersebut, CIA juga mengatakan bahwa Soekarno menandatangani kekuasaannya kepada Jenderal Soeharto.Saat itu juga Soeharto langsung membubarkan Partai Komunis. Soekarno kemudian berusaha mengambil alih kembali kekuasaannya & berusaha menjelaskan bahwa perintah kepada Soeharto tersebut adalah sebuah kesalahpahaman.

Adapun isi perintah tersebut adalah mengambil semua tindakan yg dianggap perlu untuk menjamin keamanan & juga kestabilan jalannya pemerintahan, serta menjamin keselamatan & kewibawaan Presiden.Berikutnya adalah menjalankan koordinasi perintah dengan panglima Angkatan Bersenjata dengan baik & yg terakhir melaporkan semua hal tersebut.

Dengan keluarnya Supersemar tersebut, secara tidak langsung menciptakan kekuasaan Soekarno semakin meredup.Namun, banyak anggapan bahwa isi Supersemar yg selama ini beredar adalah palsu. Naskah yg asli diyakini masih disimpan oleh Mantan Presiden Soeharto. Tentu saja Soeharto tidak harap kalau isi naskah yg asli tersebut dipegang oleh orang lain.

Keluarnya Supersemar juga sekaligus sebagai garis start dimulainya pemerintahan Orde Baru di masa kepemimpinan Soeharto.Campur tangan CIA dalam hal ini juga diyakini ada dalam proses transisi kepemimpinan dari The Smiling General tersebut. Mengingat saat itu Indonesia adalah salah satu negara yg diperebutkan oleh Blok Timur & Barat yg sedang bersitegang.

Dalam hal ini, sepertinya CIA selangkah lebih maju dibandingkan pesaing abadinya, Soviet, dalam hal politik.Peristiwa lengsernya Soeharto pada 1998 lalu juga hampir sama dengan lengsernya Soekarno dimana saat itu ada pergerakan massa.Apakah ini juga ada peran CIA di balik peristiwa tersebut? Mengingat di akhir masa kepemimpinannya Presiden Soeharto lebih condong ke blok Timur. Terlihat dari rencananya untuk mendatangkan pesawat Sukhoi yg ternyata harus tertunda karena adanya krisis moneter.​


Sumur:

Klik Di Sini Gan

Sumur Gambar: Common Dreams
Hari ini 18:15
 

Our Partner

Top