Benarkah 7 Perbuatan ini Tidak Disukai? Mengapa Anda Lakukan?

gamebocor

Administrator
Staff member
Resiko Hidup Bersosial

Benarkah 7 Perbuatan ini Tidak Disukai? Mengapa Anda Lakukan?


Bismillahirrahmanirrahiim

Tidak sering perjalanan hidup itu mulus & menyenangkan. Adakalanya menciptakan bahagia tidak jarang pula penyebab kedukaan.

Karena dunia cuma persinggahan & tempat ujian. Jika harap sering bahagia tentu tidak sekarang, yg pasti kelak kita dapat senantiasa berbahagia, yaitu di surga tempat yg abadi.

Kejengkelan & ketidak sukaan kerap kali hadir dalam kehidupan kita tentunya, berikut ini diantaranya:

1. Dibohongi

Benarkah 7 Perbuatan ini Tidak Disukai? Mengapa Anda Lakukan?
sumber gbr

Mana ada orang dapat dengan mudah & menerima begitu saja saat dibohongi. Tentu itu menjengkelkan, kalau kita jadi korbannya.

Pasti, efeknya suatu hari nanti kita tidak akan percaya lagi kepadanya. Apapun yg dikatakannya pasti kita tidak dengan mudah mempercayainya.

Orang dengan kebiasaan ngomong tanpa dipikir karena isi pembicaraannya cuma kebohongan & bualannya saja, cepat atau lambat ia pun akan memakan ludah kebohongannya. Sadar maupun tidak, kebohongan adalah upaya menggali kuburnya sendiri.

Quote:
Sesungguhnya diam dari perkataan yg buruk merupakan keselamatan, & keselamatan itu tidak ada bandingannya. Tahukah anda jaminan bagi orang yg menjaga lidahnya dengan baik? Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: Siapa yg menjamin untukku apa yg ada di antara dua rahangnya & apa yg ada di antara dua kakinya, niscaya saya menjamin surga baginya (HR. Bukhori)

Beliau juga menjelaskan bahwa menjaga lidah merupakan keselamatan. Dari Uqbah bin Aamir, dia berkata: Aku bertanya, wahai Raslullh, apakah sebab keselamatan? Beliau menjawab: Kuasailah lidahmu, hendaklah rumahmu luas bagimu, & tangisilah kesalahanmu. (HR. Tirmizi)
Link


2. Dicuekin

Benarkah 7 Perbuatan ini Tidak Disukai? Mengapa Anda Lakukan?
sumber gbr

Menjengkelkan, ketika berinteraksi dengan seseorang yg suka pilih-pilih sesuai levelnya.

Ada beberapa orang yg dia akan berbicara cuma dengan kalangannya saja atau ada juga yg menanggapi pembicaraan orang yg cuma sehobi dengannya, bahkan juga ada orang yg mau berbicara cuma dengan orang yg sepemikiran dengannya, kalau ada yg berseberangan dengannya, maka ia akan tidak peduli atau cuek.

Quote:

Surat Abasa ayat 1-10
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10)

Artinya, "Dia (Muhammad) bermuka masam & berpaling, karena sudah datang seorang buta kepadanya. Tahukah anda barangkali ia harap membersihkan dirinya (dari dosa) atau dia (harap) mendapatkan pengajaran, lalu pengajaran itu memberi manfaat kepadanya? Adapun orang yg merasa dirinya serba cukup, maka anda melayaninya. Padahal tidak ada (alasan) atasmu kalau dia tidak membersihkan diri (beriman). Dan adapun orang yg datang kepadamu dengan bersegera (untuk mendapatkan pengajaran). sedangkan ia takut kepada (Allah), maka anda mengabaikannya."
Jangan hingga kita ditegur Allah saat cuek & tidak peduli kepada orang yg berada di bawah kita. Karena di hadapan yg maha kuasa, kemuliaan itu diukur dari keimanan & ketaqwa'an, bukan, harta, tahta maupun jabatan.



3. Dijadikan Kambing Hitam

Benarkah 7 Perbuatan ini Tidak Disukai? Mengapa Anda Lakukan?
sumber gbr

Hanya orang yg tidak bertanggung jawab saja yg hobi & terbiasa mencari kambing hitam. Orang yg suka menyalahkan orang lain & tidak mau instropeksi diri, perlu sekali diberi peringatan juga pelajaran.

Jika gansis pernah mengalami, pernah dijadikan kambing hitam, maka bersabar & berdo'alah. Karena do'a orang yg terzalimi itu maqbul. Jangan khawatir, orang yg menanam keburukan suatu hari nanti ia akan menuai keburukannya.

Quote:
Banyak ayat Alquran yg menegaskan tentang ganjaran amalan setimpal itu. Di antaranya adalah surat Al-Zalzalah ayat 7 & 8.

#

fa may ya'mal miqla arratin khairay yarah. wa may ya'mal miqla arratin syarray yarah.

Artinya : Maka barang siapa yg mengerjakan kebaikan seberat dzarrah niscaya dia akan melihatnya. Dan barang siapa yg mengerjakan kejahatan seberatdzarrahsekalipun, niscaya dia akan melihatnya pula.


4. Disindir

Benarkah 7 Perbuatan ini Tidak Disukai? Mengapa Anda Lakukan?
sumber gbr

Berbeda, perbedaan, berseberangan atau tidak cocok adalah sebuah keniscayaan.

Lalu, ketika gansis melihat ada ketidak cocokkan, kemudian mengungkapkan ketidak sesuaian itu, ternyata ada satu atau beberapa orang tidak sepakat.

Karena ketidak sepakatan itu, akhirnya ia menyindir kita di depan umum, dengan tujuan mempermalukan kita. Hal semacam itu sungguh perbuatan yg picik.


5. Dibully

Benarkah 7 Perbuatan ini Tidak Disukai? Mengapa Anda Lakukan?
sumber gbr

Orang yg tidak menyukai itu pasti ada dalam kehidupan. Bahkan yg paling ekstrim terang-terangan membenci dengan cara menghasut orang lain supaya ikut membenci.

Hingga pada tempat biasa ada beberapa orang yg suka menjatuhkan, menjelek-jelekkan & menghina terang-terangan, & perbuatan itu ia lakukan dengan cara mengajak orang lain. Menggiring orang lain supaya ikut menjatuhkan orang yg tidak disukainya.

Andai membalas itu dibolehkan, mungkin harap rasanya membalas, tetapi kalau ingat bahwa Tuhan yg maha kuasa pasti akan membalas setiap kejahatan, maka bertawakkallah kepada-Nya semata.


6. Dijulid-ti

Benarkah 7 Perbuatan ini Tidak Disukai? Mengapa Anda Lakukan?
sumber gbr

Orang yg tidak pernah bersyukur pada apa yg dimiliki, tentu ia akan berusaha supaya orang lain tidak tampak melebihi apa yg dimiliki.

Benar-benar menjengkelkan, kalau ada orang yg sering berusaha tidak terima dengan apa yg kita miliki(kebahagiaan) dalam bentuk apapun.

Setiap yg kita miliki sering menciptakannya berbuat sesuatu supaya apa yg ada musnah atau beralih kepadanya.


7. Dinyinyir-ri

Benarkah 7 Perbuatan ini Tidak Disukai? Mengapa Anda Lakukan?
sumber gbr

Orang yg sering nyinyir ini tentu berawal dari seseorang yg hobi julid. Jadi antara julid & nyinyir adalah seperti setali tiga uang, tidak terpisahkan.

Terkadang harap rasanya menyumpal lisannya yg tidak henti berkomentar dengan apa yg dimiliki orang lain.

Itulah beberapa hal yg tidak mengenakkan. Untuk itu semoga kita tidak bersikap seperti itu & penyebab kejengkelan orang lain.

Maka benarlah dalam ajaran islam untuk sering Berkata baik & benar, kalau tidak maka Diamlah! Semoga bermanfaat.


Wassalamu'alaykum

Penulis : nibrasulhaq
Narasi : Oppri
Sumber gbr: google, pinterest, shutterstock, dokpri​
Hari ini 17:32
 

Our Partner

Top