Aturan Cerai PNS, Separuh Gaji Suami Menjadi Hak Mantan Istri!

gamebocor

Administrator
Staff member
Aturan Cerai PNS, Separuh Gaji Suami Menjadi Hak Mantan Istri!

sumber
Salah satu jabatan atau pekerjaan yg banyak diincar oleh warga Indonesia adalah PNS alias Pegawai Negeri Sipil. Bahkan banyak orang yg rela mengerjakan beragam cara supaya dapat mendapat predikat PNS. Jaminan gaji seumur hidup, siapa yg tidak tergiur. Bukan cuma pegawainya saja yg bangga akan jabatannya, tetapi pendamping hidup yg akan mengarungi bahtera rumah tangga bersamanya pun pasti merasakan hal yg sama.

Setiap pasangan pastinya harap rumah tangganya baik-baik saja hingga akhir hayat, tetapi rencana tak semulus realita, ada saja cobaan & godaan yg menerpa biduk rumah tangga. Hal ini juga sudah diatur oleh pemerintah, loh, GanSist. Pemerintah sudah menetapkan regulasi bahwa mantan istri dapat menuntut setengah dari gaji suaminya.
Quote:
Aturan tuntutan hak setengah gaji suami berstatus PNS itu diatur dalam PP Nomor 10 Tahun 1983 tentang Izin Perkimpoian & Perceraian Bagi Pegawai Negeri Sipil. Regulasi ini kemudian mengalami perbaruan setelah keluarnya PP Nomor 45 Tahun 1990. Dalam pasal 8 ayat (1) PP 10/1983 menyatakan "Apabila perceraian terjadi atas kehendak Pegawai Negeri Sipil pria maka ia wajib menyerahkan beberapa gajinya untuk penghidupan bekas isteri & anak-anaknya.

Lebih lanjut, pasal tersebut mengatur prosedur cerai suami istri PNS. Dalam pasal 8 ayat 5 berbunyi, Apabila perceraian terjadi atas kehendak isteri, maka ia tidak berhak atas bagian penghasilan dari bekas suaminya

Meskipun mantan istri juga berstatus PNS, tuntutan setengah gaji suami dapat dilakukan, ya, GanSist. Semua ada prosedurnya, ketentuan ini tidak berlaku kalau yg istri yg mengerjakan zina, mengerjakan KDRT kepada suami, & istri meninggalkan suami selama dua tahun berturut-turut.

Hak mendapatkan setengah gaji ini berlaku kalau pasangan yg bercerai belum mendapatkan keturunan, ya, GanSist. Jika memiliki anak, maka gaji dibagi tiga, sepertiga buat anak, sepertiga buat istri, & sepertiga buat suami. Ini berlaku kalau yg mengajukan cerai dari pihak suami. Hak ini juga akan hilang kalau di kemudian hari, sang istri menikah lagi.
Aturan Cerai PNS, Separuh Gaji Suami Menjadi Hak Mantan Istri!

sumber
Terkadang seorang wanita harus bertahan di tengah kerapuhan & rasa sakit pernikahannya dengan alasan ekonomi. Klasik memang, apalagi juga sudah memiliki keturunan, kebahagiaan sang wanita mau gak mau digadai untuk masa depan anak-anak, tanpa memikirkan diri sendiri.

Entah kenapa kebanyakan cobaan perkawinan kalau karir sang suami mapan & dompet tebal adalah kehadiran orang ketiga, keempat, kelima, & seterusnya. Alih-alih cuma fokus membahagiakan anak istri, malah semakin sulit untuk menahan nafsu syahwat. Teruntuk para wanita di luaran sana yg sedang berjuang untuk lepas dari toxic marriage, semangat, ane cuma dapat mendoakan yg terbaik buat kalian.

Referensi

Aturan Cerai PNS, Separuh Gaji Suami Menjadi Hak Mantan Istri!
Hari ini 08:17
 

Our Partner

Top