Apakah Kebaikan Dibalas Kebaikan, Keburukan Dibalas Keburukan?

gamebocor

Administrator
Staff member
Apakah Kebaikan Dibalas Kebaikan, Keburukan Dibalas Keburukan?

Sumber Gambar
Quote:
"Kebaikan akan dibalas dengan kebaikan. Keburukan akan dibalas keburukan."

Jika kata-kata di atas itu benar, bagaimana sebenarnya prosedur & teknisnya?

Pernahkah GanSis sekalian berbuat baik, lalu kemudian kehidupan jadi mudah & indah. Atau malah GanSis menemukan, setelah kebaikan yg dilakukan kehidupan yg dijalani malah jadi sulit & rumit.
"Kejahatan apa yg saya lakukan dulu, hingga hidup saya jadi sesulit ini" ini biasanya pertanyaan dalam hati ketika seseorang mendapati kesulitan yg ekstrim dalam hidup.

Menyapa dulu.
Apakah Kebaikan Dibalas Kebaikan, Keburukan Dibalas Keburukan?


Apakah kalau seseorang dipukul oleh orang lain, kemudian orang yg memukul itu akan dibalas dengan pukulan juga pada tempat yg sama, lalu kemudian siapa yg memukulnya?

Apakah suatu perbuatan baik atau jahat akan mendapatkan balasan sama tipe & kadar kebaikan atau kejahatan yg dilakukan? Siapa yg berhak jadi pelaku pembalasan kebaikan atau kejahatan kita?

Berapa lama pembalasan untuk kebaikan & kejahatan yg kita lakukan? Langsung? Beberapa jam kemudian? Besok atau lusa? Atau tahun depan? Atau kelak beberapa saat sebelum kita mati? Atau bahkan nanti dikehidupan yg lain?

Apakah lama nya pembalasan berbading lurus dengan tingkat kebaikan atau kejahatan yg kita perbuat? Apakah semakin tinggi kebaikan atau kejahatan yg kita lakukan balasannya akan semakin cepat? Ataukah semakin lambat?

Apakah cepat atau lambat nya balasan perbuatan berbeda antara perbuatan perorangan & kelompok? Mana yg lebih cepat balasannya?

Quote:
Apakah orang yg berbuat baik tidak akan memperoleh balasan lain selain kebaikan juga?​

Apakah mereka yg berbuat baik & bermanfaat serta mensejahterakan lingkungan nya tidak akan memperoleh keburukan apapun selain dari pada kemudahan hidup saja? Rumah tangga rukun, usaha lancar, kehidupan jauh dari segala yg membahayakannya.
Bagaimana kalau dalam kehidupan sosial kita justru melihat, orang yg berbuat baik malah berjumpa dengan balasan keburukan yg berlipat-lipat bahkan hingga saat datang kematian.

Quote:
Apakah orang yg berbuat buruk tidak akan mendapatkan balasan lain selain dari pada keburukan pula?​

Apakah mereka yg berbuat buruk, suka menipu suka menjajah tidak akan mendapatkan balasan lain selain hidup sengsara, jauh dari yg membahagiakan, hingga akhir hayatnya cuma menemukan kehancuran?
Bagaimana kalau ternyata dalam kehidupan sosial kita malah menyaksikan kehidupan mereka yg berbuat jahat itu nampak bahagia, makmur & sentosa.

Bagaimana menurut GanSis sekalian?

Quote:
Setiap perbuatan pasti ada balasannya, namun merumuskan pernyataan tersebut tidak semudah yg ane kira. Sangat banyak faktor yg merubah akibat dari setiap sebab yg kita buat, apalagi hal yg berhubungan dengan kehidupan sosial manusia. Sehingga balasan perbuatan kita akan bias. Dan tidak terdefinisi, balasan saat ini, dari perbuatan kita yg mana. Yang kemarin, yg tahun lalu atau kapan​

Jawaban pertanyaan-pertanyaan di atas ane tidak tahu, semoga ane dapat menjalani hidup sebaik yg ane dapat.
Jika ganSis tahu jawaban akan pertanyaan di atas maka beri informasi di kolom komentar yaa.

Sedikit opini pribadi, kebanyakan dari sini

TINGGALKAN JEJAK

emoticon-Rate 5 Star
emoticon-Cendol Gan
emoticon-Lempar Bata
Hari ini 14:38
 

Our Partner

Top