Apa yg Dimaksud Physical Fitness?

gamebocor

Administrator
Staff member
Apa yg Dimaksud Physical Fitness?


Arti dari physical Fitness sering diterjemahkan dengan kebugaran jasmani.

Dan didefinisikan sebagai berikut adalah:

Kemampuan seseorang untuk mengerjakan kerja sehari-hari secara efisien tanpa menimbulkan kelelahan yg berarti sehingga masih dapat menikmati waktu luangnya.

Maksud dari physical fitness atau kebugaran jasmani adalah:

Suatu kemampuan seseorang dalam mengerjakan berbagai ativitasnya dalam kehidupan sehari-hari tanpa mengalami rasa letih yg berarti.

Kelompok
Apa yg Dimaksud Physical Fitness?

Kebugaran jasmani dikelompokkan ke dalam tiga kelompok yakni:
1.) Kebugaran statis dalam arti mengatakan keadaan seseorang yg bebas dari penyakit,
2.) Kebugaran dinamis dalam arti kemampuan untuk bekerja efisien yg tidak memerlukan keterampilan, misalnya berjalan, mengangkat, dll, dan
3.) Kebugaran motoris dalam arti kemampuan untuk mengerjakan kerja dengan keterampilan tinggi dengan efisien.

Baca juga: Istilah Physical Fitness Sama Artinya Dengan?

Simpulan
Dari definisi tersebut,

Dapat ditarik kesimpulan bahwa, orang sehat belum tentu bugar, sedangkan orang bugar semestinya sehat.

Komponen
Status kebugaran dapat dinilai dari komponen kebugaran yg dikelompokkan jadi dua golongan
yaitu:

1.) komponen kebugaran yg berhubungan dengan kesehatan, meliputi:
Daya tahan paru-jantung,
Kekuatan & daya tahan otot,
Kelentukan,
Komposisi tubuh, dan

2.) Komponen kebugaran yg berhubungan dengan keterampilan, meliputi:
Kecepatan,
Koordinasi,
Power,
Kelincahan, dan
Perasaan gerak.


Karyawan perusahaan dituntut untuk minimal memiliki komponen kebugaran yg berhubungan dengan kesehatan.

Referensi (Resource): Universitas Negeri Yogyakarta

Manfaat
Olahraga akan memberi manfaat pada tubuh menurut jenis, lama, & intensitas latihan yg dilakukan.

Secara biasa olahraga yg dilakukan secara teratur dengan takaran cukup & waktu yg cukup akan memberi
manfaat sebagai berikut:

1. Kesehatan Jantung
Apa yg Dimaksud Physical Fitness?

Manfaat yg perdana apabila menjalani program kebugaran jasmani adalah detak jantung jadi lebih sehat.

Jantung akan bertambah akbar & kuat

sehingga daya tampung akbar & denyutan kuat.

Kedua hal ini akan meningkatkan efisiensi kerja jantung.

Dengan efisiensi kerja yg tinggi, jantung tak perlu berdenyut terlalu sering.

Pada orang yg tidak mengerjakan olahraga:
Denyut jantung rata-rata 80 kali per menit,

Sedangkan pada orang yg mengerjakan olahraga teratur:
Denyut jantung rata-rata 60 kali per menit.


Sehingga dalam satu menit menghemat 20 denyutan

dalam satu jam, menghemat 1200 denyutan & dalam satu hari 28.800 denyutan.

Dengan begitu jantung jadi awet & kita boleh berharap hidup lebih lama & produktif (Strauss, 1979).

2. Melancarkan Peredaran Darah
Manfaat yg kedua ialah berkhasiat untuk pembuluh darah.

Elastisitas pembuluh darah bertambah karena berkurangnya timbunan lemak & penambahan kontraktilitas otot
di dinding pembuluh darah.

Elastisitas pembuluh darah yg tinggi akan memperlancar jalannya darah & mencegah timbulnya hipertensi.

Disamping elastisitas pembuluh darah meningkat, pembuluh-pembuluh darah kapiler pun akan bertambah.

Penyakit jantung koroner dapat dicegah atau diatasi dengan prosedur ini.

Kelancaran aliran darah juga akan mempercepat pembuangan zat-zat letih sebagai sisa pembakaran

sehingga dapat diharapkan pemulihan yg cepat (Soekarman, 1987).

3. Pernafasan Jadi Lebih Panjang
Manfaat yg ketiga adalah kesehatan untuk rongga paru-paru.

Elastisitas paru akan bertambah.

Sehingga kemampuan berkembang-kempis juga bertambah.

Selain itu, jumlah alveoli yg aktif (terbuka) akan bertambah dengan olahraga teratur.

Kedua hal diatas menyebabkan kapasitas penampungan & penyaluran oksigen ke darah bertambah.

Pernafasan bertambah dalam dengan frekuansi yg rendah.

Bersama-sama dengan manfaat pada jantung & pembuluh darah,

Ketiganya bertanggung jawab untuk penundaan kelelahan (McArdle, 1986).

4. Daya Tahan & Kekuataan Otot
Manfaat yg keempat adalah otot.

Kekuatan, kelentukan, & daya tahan otot akan bertambah.

Hal ini disebabkan oleh bertambah besarnya serabut otot & meningkatnya system penyediaan energi di otot.

Lebih dari itu perubahan otot ini akan mendukung kelincahan gerak, laju reaksi & lain-lain.

Sehingga dalam banyak hal kecelakaan kerja dapat terhindari (Brooks, 1984).

5. Kepadatan Tulang
Manfaat yg kelima adalah kesehatan tulang.

Penambahan aktivitas enzim pada tulang akan meningkatkan kekuatan, kepadatan, & besarnya tulang, selain mencegah pengeroposan tulang.

Permukaan tulang juga akan bertambah kuat dengan adanya tarikan otot yg terus menerus (Fox, 1988).

6. Mencegah Risiko Persendian
Manfaat yg keenam adalah pada persendian & tulang rawan.

Latihan teratur dapat menyebabkan bertambah tebalnya tulang rawan di persendian.

Sehingga dapat jadi peredam (shock absorber) & melindungi tulang serta sendi dari bahaya cedera (Wilmore, 1981).

Referensi:
OB Fitness Health
Akizaku Olahraga


Hari ini 14:20
 

Our Partner

Top